Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Membuat Aplikasi/Program/Software Berjalan Otomatis saat Laptop Dihidupkan/Startup

Tips dan trik langkah langkah membuat aplikasi running otomatis ketika komputer atau pc dinyalakan - Tidak semua aplikasi, ketika pertama kali aplikasi tersebut di install bisa membuat startup sendiri yaitu menyala atau terbuka otomatis ketika perangkat anda diaktifkan. Misalkan saya mendownload aplikasi Dev C++ (memiliki nama program devcpp.exe), yaitu aplikasi yang kita gunakan untuk membuat, mengedit dan meng-compile bahasa pemprograman C++. Ketika Dev C++ tersebut kita install di perangkat laptop kita, maka aplikasi tersebut tidak diset agar running ketika startup.

Namun demikian, terlepas dari hal tersebut, kita bisa mengaturnya menjadi running ketika starup. Adapun cara yang akan anda temui ini adalah sangatlah mudah dipraktekan, dan terjamin berhasil. Perlu anda ketahui, bahwasanya untuk menjadikan aplikasi berjalan secara otomatis ini hanya dapat dilakukan pada sistem operasi Windows semata, misalkan Windows 10, 8/8.1 atau Windows 7. Untuk sistem operasi selain dari itu, misalkan Mac atau Linux, belum bisa saya lampirkan di artikel ini karena admin belum menguasai dan familiar terhadap Operation System tersebut.

Ada juga hal yang perlu anda catat, misalkan dampak baik dan dampak buruk yang anda alami ketika menjadikan sebuah program auto running. Misalkan dari sisi positifnya yaitu anda tidak perlu lagi repot repot membuka manual program atau aplikasi yang sangat penting yang otomatis dijalankan saat itu juga (aplikasi yang anda butuhkan ketika pertama kali laptop hidup). Namun disisi negatif, dibeberapa laptop akan mengalami loading proses ketika telah selesai booting. Ini karena laptop akan memaksakan diri membuka aplikasi yang anda set tersebut sehingga menunggu aplikasi tersebut terbuka baru laptop akan berjalan normal. Jika anda sudah penasaran ingin mengetahui bagaimana sih langkah langkahnya yang mudah tersebut, silahkan ikuti secara bertahap agar hal yang anda inginkan tidak akan mengalami kegagalan. Silahkan simak secara teliti.

Pertama yaitu, carilah file program inti dari aplikasi tersebut di folder yang anda letakkan instalasinya. Misalkan DevC++ file intinya adalah devcpp.exe, Notepad++ dengan file intinya notepad++.exe, Prolog dengan swipl-win.exe atau bahkan yang familiar adalah Internet Download Manager dengan file program idm.exe. Untuk kasus ini saya menggunakan devcpp.exe. Langkah selanjutnya adalah klik kanan di file tersebut lalu pilih Create shortcut. Akan dibuat file baru yang bernama devcpp.exe - Shortcut yang terletak tepat dibawah file inti. File shortcut tersebut dapat anda ubah namanya terserah dengan apa yang anda inginkan. Namun saran saya, tidak usah saja biar mencegah hal hal yang tidak diinginkan.


Langkah selanjutnya adalah masuk ke run dialog dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan sehingga akan ada kotak Run disudut bawah sebelah kiri layar. Ketik saja perintah shell:startup dikotak tersebut lalu Enter sehingga folder C:\Users\WIN 8\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup akan terbuka yang berisi program shortcut autorun lainnya. Pindahkan saja file shortcut aplikasi tadi ke folder Startup yang terbuka tadi. Jika telah selesai, silahkan restart laptop atau komputer anda agar program tersebut dapat berjalan. Tunggu hingga proses booting selesai dan ketika selesai, tunggu beberapa detik lagi hingga aplikasi yang anda inginkan tersebut berhasil autorunning. Jika telah berhasil, selamat! Jika anda masih mengalami kebingungan dalam mencari file program inti dari aplikasi yang anda inginkan, silahkan bertanya langsung di kolom komentar blog ini. Sekian...
Tag :

Tips

0 Komentar untuk "Cara Membuat Aplikasi/Program/Software Berjalan Otomatis saat Laptop Dihidupkan/Startup"

Back To Top