Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Memperbesar (Zoom In) atau Memperkecil (Zoom Out) Halaman Web di Browser

Tips, trik, langkah langkah dan tutorial mengenai cara memperbesar tampilan situs di browser dengan mudah - Mungkin disini anda pernah mengalami kejadian seperti ketika anda membuka sebuah website melalui sebuah browser apa saja, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer maupun Safari dan saat itu pula tampilan halaman situs menjadi membesar atau pun mengecil. Admin AmalanKomputer pun  pernah mengalami hal semacam ini yaitu saat membuka web facebook.com dimana mengalami kasus tampilan huruf dan lainnya yang sangat besar dari ukuran aslinya sehingga membuat saya merasa tidak nyaman saat membuka web facebook tersebut padahal pada halaman web selain facebook memiliki tampilan yang normal normal saja.

Mungkin sekarang anda bertanya tanya mengapa hal semacam ini dapat terjadi? Admin mungkin bisa memberikan sedikit tebakan yang sekiranya bisa mewakili yaitu hal demikian bisa saja terjadi saat anda sedang membuka sebuah halaman, katakanlah facebook dan mencoba coba menekan tombol tombol tertentu bisa secara acak dan tidak sengaja di keyboard laptop atau komputer dan parahnya lagi anda tidak ingat lagi kombinasi apa yang barusan anda tekan. Ini juga adalah pengalaman admin sendiri. Nah, bagaimana hal ini dapat admin atasi? Mudah banget, kok! Bahkan hanya perlu menekan beberapa kombinasi tombol shortcut yang akan admin bagikan kepada anda dibawah ini.

Zoom in dan Zoom out Untuk Pengguna Google Chrome dan Mozilla di Windows OS


Bagi anda pengguna sistem operasi windows windows, baik itu Windows XP, Windows 7, Windows 8 atau 8.1 maupun Windows 10 dan jenis atau merk browser apa aja yang anda pakai, anda sebenarnya cukup perlu menekan saja kombinasi tombol ctrl dan + bersamaan di keyboard jika ingin memperbesar halaman. Sedangkan sebaliknya, untuk memperkecil tampilannya, anda cukup tekan kombinasi kebalikannya yaitu ctrl dan -. Namun jika anda ingin mengembalikan ke tampilan aslinya atau original, anda hanya perlu menekan nekan aja tombol ctrl dan 0. Terbilang sangat mudah bukan? Atau anda juga sekiranya dapat memanfaatkan atau menggunakan fitur zoom in dan zoom out yang biasanya di default fiturnya yang telah disediakan di beberapa browser.

Memperbesar dan Memperkecil tampilah halaman web di Chrome dan Firefox Untuk Macs/Komputer Mac


Menurut admin sendiri, sekiranya cara yang dipakai pada komputer yang bersistem operasi Mac sama saja dengan komputer windows. Hanya saja perbedaan kecil terletak pada kombinasi tombolnya aja, kok. Jika pengguna pada windows itu tombolnya ctrl, maka pada pengguna komputer mac itu diganti dengan Apple. Misalkan Anda bertujuan untuk memperbesar halaman, tombol yang ditekan adalah Apple dan +, Adapun jika anda bertujuan untuk memperkecil halaman adalah tombol Apple dan -. Hal yang sama saja berlaku jika anda ingin mengembalikan size web dengan tampilan normal atau original yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol Apple dan 0.

Zoom in atau Zoom out Untuk Browser Opera


Mungkin sedikit perbedaan dengan kedua browser Mozilla atau chrome, opera mempunyai shortcut tersendiri. tapi ya tentu menurut admin tidak terlalu beda beda amat. Kombinasi keyboard Shift dan + digunakan untuk memperbesar tampilan atau zoom in, kombinasi keyboard Shift dan - bertujuan untuk memperkecil tampilan, sedangkan untuk mengembalikan ke tampilan halaman atau ukuran awal/normal atau original dapat anda gunakan CTRL dan 0 untuk windows atau Apple dan 0 untuk Komputer Mac.

Catatan kecil untuk anda, sekiranya penting admin ingatkan bahwasanya pada beberapa jenis laptop mungkin cara ini tidak berfungsi dengan baik dan semestinya. Jadi untuk mengatasinya, anda harus melakukan settingan langsung kebagian pengaturan yang ada di browser tersebut yang telah disediakan dan silahkan masuk ke pengaturan tampilannya. Atau seperti yang Admin katakan di paragraf paragraf sebelumnya, di beberapa browser sudah disediakan default fitur zoom in atau zoom outnya. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan admin mengenai Cara mengembalikan tampilan ukuran halaman yang membesar di pc dengan mudah, semoga artike ini dapat bermanfaat bagi anda yang masih pemula dalam mengoperasikannya. Sekian...
Tag :

Tips

0 Komentar untuk "Cara Memperbesar (Zoom In) atau Memperkecil (Zoom Out) Halaman Web di Browser"

Back To Top