Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara convert/merubah Harddisk MBR ke GPT tanpa format dan kehilangan data di Windows 10, 8/8.1, 7, XP

Tips, trik, langkah langkah dan tutorial mengenai cara mudah dan aman mengubah harddisk yang MBR ke GPT tanpa terhapus data - Hal pertama ketika anda membeli sebuah perangkat adalah dengan mempartisi atau membagi bagi harddisk kita ke beberapa tipe dimana nantinya partisi partisi tersebut dapat untuk menyimpan data data penting atau pun sebagai tempat instalasi sistem operasi milik kita. Sehingganya pembagian  partisi ini jangan kita bagi asal asalan, harus di bagi dengan benar. Untuk itu, MBR atau pun GPT merupakan dua tipe atau jenis partisi yang dapat anda pilih dan gunakan. Nah, disini admin akan memberikan tutorial mengenai cara aman mengubah harddisk bertipe MBR ke GPT tanpa harus melakukan format. Sebelum kita masuk ke cara intinya, saya ajak anda sejenak untuk mengetahui apa itu partisi bertipe MBR dan juga GPT.

Tutorial merubah MBR ke GPT tanpa kehilangan file


GPT, GUID Partition Table yaitu standard yang terdapat pada Layout tabel partisi di harddisk yang menggunakan sistem Global Unique Identifier. Partisi jenis GPT inilah yang saat ini paling banyak digunakan oleh teknologi komputer sekarang, dan yang masih menggunakan tipe lama juga perlahan lahan mulai beralih ke GPT. Hal ini dikarenakan GPT lebih unggul beberapa hal dari MBR misalkan saja mendukung hingga 128 Primary partisi, ukuran penyimpanan yang cukup besar hingga dapat menampung file system dan lokasi sistem operasi lebih dari satu tempat sehingga apabila di tempat satu mengalami kerusakan, maka tempat lainnya dapat menggantikannya. Lebih hebatnya, GPT dapat mendukung UEFI.

Lalu, apa itu MBR? MBR atau Master Boot Record merupakan sejenis boot sector dimana tersimpan pada harddisk drive atau pada perangkat penyimpanan lain yang biasanya berisi kode kode komputer yang digunakan untuk memulai sebuah proses booting. Boot master ini dibuat pada saat harddrive di partisi namun tidak terletak didalam partisi. Seperti halnya disket dimana tidak terdapat catatan boot master. Boot master tersebut hanyalah terletak di sektor pertama ruang penyimpanan. Membingungkan bukan? abaikan saja. Intinya, jika memilih yang terbaik untuk digunakan antara MBR atau GPT, maka lebih banyak orang setuju untuk memilih GPT mengingat banyaknya keunggulan yang mereka tawarkan, termasuk anda salah satu yang memilih GPT tersebut. Oke, jika anda sudah sangat penasaran terhadap langkah langkah convert MBR ke GPT, perhatikan secara teliti artikel ini.

Merubah MBR ke GPT pakai AOMEI


Ada beberapa teknik yang dapat kita pakai untuk merubah MBR ke GPT misalkan saja melalui diskpart, gptgen dan sebagainya. Namun disini admin AmalanKomputer akan menggunakan AOMEI mengingat cara yang ditawarkannya sangatlah mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah. Dan yang terpenting, data data yang ada dalam harddisk anda tidak akan hilang karena terhapus (format). Untuk itu, hal yang pertama kali anda lakukan adalah mendownload terlebih dahulu software AOMEI yang bernama AOMEI Partition Assistant Lite Edition yang versi PREMIUM (Pro). Versi gratis sekarang ini sudah tidak mendukung convert MBR ke GPT karena fiturnya dikunci dan hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang premium. Cari saja veri cr@cknya karena saya rasa banyak yang menyediakannya di internet yang dapat anda download.
Ok, disini saya sudah anggap anda telah mendownload dan menginstall AOMEI Partition Assistant tersebut. Silahkan buka dan jalankan softwarenya. Anda akan diperlihatkan partisi partisi yang ada di harddisk milik anda, pilih saja salah satu partisi yang hendak ingin anda convert. Untuk menconvertnya, klik kanan pada partisi yang dituju lalu pilih Convert to GPT sehingga secara otomatis software AOMEI Partition Assistant tersebut akan menconvert partisi yang dipilih tadi. Silahkan tunggu saja hingga prosesnya selesai. Sampai saat ini, convertnya telah selesai dan bahkan tidak berdampak apa apa terhadap file file yang berada di dalamnya. Silahkan anda cek untuk memastikannya. Jika demikian, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai cara conver MBR ke GPT, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Tag :

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara convert/merubah Harddisk MBR ke GPT tanpa format dan kehilangan data di Windows 10, 8/8.1, 7, XP"

Back To Top