Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi pointer mouse laptop bergerak dan klik kanan sendiri

Tutorial memperbaiki pointer mouse laptop bergerak di laptop, pc, komputer windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 - Pernahkah anda saat sedang sibuk mengerjakan tugas atau bermain game di laptop tiba-tiba mengalami pointer mouse di laptop bergerak dan klik kanan sendiri?

Masalah ini lumayan menjengkelkan jika terjadi saat kita di kejar deadline karena jelas sekali sangat mengganggu aktivitas pengoperasian laptop. Bahkan terkadang mouse sama sekali di luar kendali sehingga kita tidak bisa menggunakanya. Maka dari itu disini admin AmalanKomputer.com akan memberikan solusi dan cara untuk mengatasi pointer mouse laptop bergerak dan klik kanan sendiri.

Penyebab pointer mouse bergerak dan klik kanan sendiri, bisa disebabkan oleh kegagalan driver, kotoran di touchpad laptop atau kabel touchpad yang kendor, dan banyak hal lainya. Maka dari itu kita perlu melakukan beberapa diagnosa satu per satu untuk menemukan sumber penyebab yang membuat pointer mouse laptop kita bermasalah. Simak beberapa tips dan cara mengatasinya di bawah ini.

Cara memperbaiki pointer mouse laptop bergerak dan klik kanan sendiri

Panduan di bawah ini bisa digunakan pada laptop dengan Windows 11, 10, 8, 7 maupun Windows XP.

Periksa Kondisi Hardware Laptop

Hal pertama yang harus di lakukan jika pointer pointer mouse laptop bergerak dan klik kanan sendiri adalah dengan memeriksa kondisi hardware.

Note : Beberapa cara di bawah ini memerlukan kita untuk membongkar laptop. Jika memang tidak memiliki alat yang cukup dan memadahi atau keahlian bongkar laptop yang cukup, maka sebaiknya pengerjaan di kerjakan oleh yang sudah mahir agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Bersihkan Laptop

Dalam bebera kasus, mouse bermasalah karena disebabkan kotoran seperti debu atau rambut yang nyangkut di sela-sela touchpad sehingga posisi mouse tidak bisa kembali ke posisi semula. Jadi solusinya adalah sebagai pemilik laptop menjaga kebersihan laptop sangatlah penting, hal ini agar laptop terhindar dari masalah hardware yang disebabkan oleh kotoran.

Kabel Touchpad lepas

Penyebab lain bisa juga karena kabel touchpad laptop yang terlepas. Solusinya adalah membongkar laptop dan cek posisi kabel touchpad sudah sesuai atau belum.

Touchpad Rusak

Biasanya masalah ini muncul karena hardware touchpad yang sudah rusak. penyebab rusak bisa dikarenakan oleh faktor usia hardware maupun faktor eksternal seperti pernah jatuh, atau terbentur benda lain, bisa juga karena pemakain yang terlalu brutal. Solusi untuk masalah ini kita masih bisa menggunakan mouse USB namun sebelum itu kita harus melepas kabel touchpad dari motherboard laptop.

Selain itu jika laptop masih dalam kondisi bergaransi, sebaiknya bisa mengunjungi service center untuk melakukan perbaikan.

Pointer Mouse Laptop Bergerak dan Klik Kanan Sendiri Karena Driver Bermasalah

Selain disebabkan masalah hardware, pointer atau kursor yang bergerak dan klik kanan sendiri bisa juga disebabkan oleh driver yang bermasalah.

Update Driver

Sebagai pengguna Windows kita harus selalu melakukan update driver, karena driver merupakan komponen software yang berfungsi untuk mengontrol komunikasi antara hardware yang terhubung di komputer.

Untuk memperbaru driver ikuti langkah ini : 

  1. Pertama pastikan laptop terhubung dengan internet.
  2. Klik kanan Start > Device Manager. Atau bisa juga dengan mengetik Device Manager pada kolom pencarian Start menu.
  3. Klik opsi Mice and other pointing devices.
    pointer mouse laptop bergerak dan klik kanan sendiri - update driver
  4. Lalu klik kanan pada hardware touchpad kemudian pilih Update Driver.
  5. Setelah itu proses pencarian update secara otomatis akan segera di mulai.

Jika pencarian update otomatis tidak berhasil maka anda perlu mencari sendiri driver yang diperlukan sesuai dengan merk dan seri laptop anda. Driver ini bisa di download melalui situs official manufaktur laptop anda.

Roll Back Driver

Masalah juga bisa disebabkan karena driver versi baru yang bermasalah, maka dari itu anda bisa melakukan Roll Back Driver. Untuk melakukan Roll Back Driver ikuti panduan di bawah ini:

  1. Buka Device Manager.
  2. Klik Mice and other pointing devices.
  3. Klik kanan Hardware touchpad laptop anda kemudian klik opsi Properties.
  4. Pada jendela menu baru, buka bagian Driver.
  5. Klik opsi Roll Back Driver.
    pointer mouse laptop bergerak dan klik kanan sendiri - Roll back driver
  6. Tunggu hingga proses roll back selesai.

Nah itu tadi adalah berbagai cara untuk Mengatasi Pointer Mouse Laptop Bergerak dan Klik Kanan Sendiri. Semoga anda bisa mengatasi masalah pada mouse laptop anda sehingga bisa berfungsi denga baik lagi. Semoga bermanfaat, sekian Terimakasih.

Tag :

Mouse

0 Komentar untuk "Mengatasi pointer mouse laptop bergerak dan klik kanan sendiri"

Back To Top