Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara menampilkan folder AppData yang tersembunyi di windows 11, 10, 8/8.1 dan 7

Tak sedikit orang yang kebingungan ketika harus mencari folder AppData di komputer atau laptopnya. AppData sendiri merupakan folder yang defaultnya disembunyikan atau dihidden.

Lalu bagaimana cara menampilkan folder appdata yang tersembunyi itu? 

Biasanya, folder Appdata dibutuhkan ketika mengedit sebuah program dan harus melakukan perubahan pada folder Appdata. Kehadiran artikel dari admin AmalanKomputer.com ini bisa ikut membantu masalah yang sedang Anda hadapi mengenai folder appdata. 

Apa itu Folder AppData di Windows?

Sebelum lanjut ke ulasan inti mengenai cara menampilkan folder Appdata yang tersembunyi, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu definisinya. Folder AppData merupakan folder tersembunyi yang ada di windows 10, windows 8 dan windows 7. 

Sebagian besar penggunanya justru belum pernah melihat atau mengakses folder tersebut. Bahkan beberapa masalah pada komputer bisa jadi karena Anda tanpa sengaja menghapus folder atau file yang ada di dalamnya. 

Folder tersebut juga berisi file khusus untuk profil pengguna Windows, artinya melalui file ini akan mudah untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain. Pastikan saja Anda masuk dengan profil yang sama agar proses transfer datanya berjalan lancar. 

Beberapa aplikasi pada komputer menggunakan folder Appdata untuk menyimpan data profil, seperti halnya chrome atau firefox, thunderbird atau outlook dan masih banyak lagi. Oleh karena itu file pada folder AppData sangat penting bagi komputer Anda. 

Cara Menampilkan Folder Appdata Yang Tersembunyi

Ada dua cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menampiilkan folder Appdata yang tersembunyi. Cara menampilkan folder Appdata yang tersembunyi ini bisa Anda praktekkan sendiri, sekalipun oleh pemula. 

A. Menampilkan Folder AppData untuk sementara

  1. Langkah pertama, Anda bisa klik tombol windows dan R pada keyboard secara bersamaan. 
  2. Setelah muncul kotak Run, ketikkan %appdata%
  3. Klik OK, seketika folder Appdata akan muncul. 

Mudah kan cara yang pertama ini? Jika penasaran dengan cara yang kedua, perhatikan ulasan selanjutnya di bawah ini. 

B. Menampilkan Folder AppData secara permanen

Berbeda dengan cara yang pertama, folder Appdata nantinya akan muncul secara permanen sehingga memudahkan Anda ketika mencarinya. Caranya yaitu:

  1. Silahkan klik start
  2. Masuk ke control panel
  3. Di sudut kanan atas, ubah View by: menjadi Small icons lalu pilih folder option
  4. Klik view pada folder option tersebut, pilih show hidden file, folder or drive.
    menampilkan folder AppData yang tersembunyi di windows
  5. Klik button Apply lalu OK

Cek kembali berhasil atau tidak melalui C:\Users\UserName, maka folder Appdata sudah bisa terlihat secara permanen. 

Apakah cara menampilkan folder AppData berbeda antara windows 10 dan windows 8?

Pada dasarnya cara menampilkan folder Appdata yang tersembunyi sama saja, hanya mungkin tampilan dari setiap versi windows yang berbeda. Anda bisa menerapkan cara di atas untuk semua versi windows, tinggal beberapa penyesuaian yang mudah untuk mempraktekkan cara menampilkan folder Appdata yang tersembunyi.

Haruskah Folder Appdata itu di-Backup?

Selain pertanyaan di atas, mungkin Anda juga bertanya-tanya seputar folder appdata apakah harus dibackup atau tidak. Sebagaimana telah disebutkan di atas, mayoritas pengguna windows banyak yang tidak mengetahui di mana folder appdata itu, bahkan tidak perlu tahu juga. 

Setiap aplikasi akan menyimpan pengaturannya pada folder Appdata, jika Anda ingin melihatnya tentu bisa sesuai langkah-langkah di atas. Namun pada kenyataannya tidak banyak yang bisa Anda lakukan di dalam folder tersebut. 

Jadi, ketika ada pertanyaan harus backup atau tidak? Jawabannya, tidak perlu membuat backup dari folder ini secara keseluruhan. Kecuali, jika Anda ingin membuat salinan pengaturan dari sebuah aplikasi maka bisa mencarinya pada folder Appdata kemudian melakukan backup. 

Itulah cara menampilkan folder Appdata yang tersembunyi untuk Anda coba praktekkan jika ingin melihat folder tersebut. Cara yang mana yang Anda anggap jauh lebih mudah? Silahkan jawab di kolom komentar ya!

Tag :

Dasar

0 Komentar untuk "Cara menampilkan folder AppData yang tersembunyi di windows 11, 10, 8/8.1 dan 7"

Back To Top