Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi laptop ASUS X441S yang mati secara tiba tiba ketika charger dilepas

Solusi terbaik memperbaiki laptop asus X441S, X441U, A450, A451L, X453S, X441N, A442U, dan varian lainnya yang tidak bisa hidup tanpa di charger - Mungkin sekarang ini anda sedang mengalami masalah dengan laptop atau notebook asus anda yang mati mendadak saat casnya dicabut dari stop kontak atau dari colokkan (port) charger padahal laptop tersebut batteraynya tidak kita lepaskan.

Hal ini menyebabkan laptop anda menjadi lapcok, yaitu laptop yang akan hidup tanpa di cok (LapCok : Laptop Cok) sehingga tidak efisien lagi karena tidak ada bedanya dengan komputer yang ada dirumah yang ketika dihidupkan harus membutuhkan aliran listrik langsung dari stop-kontak.

Masalah ini pun sedang dialami oleh admin sudah sebulan lamanya. Pernah admin AmalanKomputer perbaiki di tukang service komputer, namun setahun kemudian penyakitnya kambuh lagi. Maklum, laptopnya udah lama. Kasus ini biasa terjadi pada laptop yang tipe bateraynya adalah bateray tanam -ada berbagai jenis laptop, khususnya ASUS windows 11, 10, 8/8.1, 7 dan XP.

Masalah laptop ASUS mati ketika cas dicabut

Pertanyaannya, mengapa laptop tersebut mati mendadak ketika chargernya dilepas?

Padahal bisa saja laptopnya masih baru, batteraynya pun original karena langsung dibeli sepaket dengan laptopnya, atau pun batteray laptopnya yang masih penuh (full charger).

Ketika chargernya kita lepas, laptop mati sambil mengeluarkan suara seperti 'bip'. Ketika kita cas pun, persentasi daya bateraypun biasanya tidak berubah. Misalkan daya bateraynya tersisa 81%, ketika kita charging selama satu jam atau lebih, dayanya tidak akan berubah. tetap 81%. Ini menandakan bahwa charger kita tidak mampu menyentuh baterainya buat mengalirkan daya baru ke baterai tersebut.

Tentu hal ini menjadi menjengkelkan bagi kita sebagai pemilik laptop tersebut.

Memperbaiki laptop ASUS X441S yang mati saat charger dilepas

Lantas, bagaimana admin dalam menyiasati agar laptop tersebut bisa kita gunakan tanpa dicharger (chargernya dilepas)?

Sampai saat ini admin AmalanKomputer belum membawa si lepi ke service laptop karena masih bisa menyiasatinya. Namun Insya Allah jika ada uang lebih, mungkin si lepi akan saya perbaiki dengan membawanya ke tukang service.

Mengatasi laptop ASUS X441S yang mati secara tiba tiba ketika charger dilepas

Oke, disini admin memiliki beberapa persyaratan mudah yang anda harus perhatikan sebelum mengikuti tips berikut.

Pastikan terlebih dahulu bahwa daya baterainya diatas 7% (lebih besar lebih baik). Untuk memastikannya, silahkan charging dulu laptop kalian. Setelah selesai proses booting, lihat berapa persen daya bateraynya. Jika sudah dipastikan lebih dari 7%, silahkan cabut charger tersebut (atau shutdown terlebih dahulu).

Apa yang salah dari laptop tersebut yang mati ketika charger dilepas?

Jawaban yang paling memungkinkan adalah posisi bateray yang sudah mulai longgar. Juga bisa saja kertas plastik hitam yang terletak di body bagian sudut kiri atas laptop (tepat dibawah tombol esc) anda yang juga longgar, tidak terpasang dengan baik.

Mengapa bisa longgar?

Bisa saja karena laptop anda pernah terbentur.

Jika anda merasa laptop tidak pernah terbentur, bisa saja pemasangannnya sudah mulai longgar sendiri. 

Untuk menyiasatinya, silahkan ketuk (pukul pukul sedang) dibagian belakang laptop anda tepat di posisi bawah tombol esc.

Selesai anda ketuk, buka kembali laptop anda perlahan monitornya sambil menekan-nekan (tekan sekali selama berulang ulang kali) tombol power.

Kalau sampai monitor terbuka tetap tidak hidup, tutup kembali lalu ketuk agak keras lagi belakang pc anda tersebut dengan tangan.

Solusi laptop ASUS yang mati secara mendadak ketika cas dilepas

Oh ya, saat anda menekan tombol power, letakkan pc anda ditempat yang datar, misalkan meja atau lantai.

Dalam kasus admin, pcnya di ketuk agak keras berulang ulang kali, kemudian menekan agak lama tombol powernya, melepaskannya lalu menekan lagi sekali hingga akhirnya si laptop menyala (dibuktikan dengan menyalanya lampu indikator).

Silahkan charger si laptop yang telah menyala tersebut hingga daya yang full.

Perlu anda ketahui bahwa ketika anda mengangkat laptop, bisa saja kembali mati secara tiba tiba. Hal ini karena laptop anda sangat sensitif pada sentuhan hingga goncangan. Bahkan dengan mengetik saja, laptop anda bisa mati secara tiba tiba. Atau pun anda mengangkatnya atau meletakkannya di pangkuan.

Admin menyarankan ketika laptop telah menyala sepenuhnya tanpa di charger, cas hingga daya bateraynya penuh lalu cabut.

Jika mengangkatnya, tutup dulu monitornya baru angkat secara pelan pelan. Saat akan dinyalakan atau mau dipakai, letakkan diatas meja atau tempat yang tidak mudah terguncang.

JIKA ANDA PUNYA KELEBIHAN, SEGERALAH BAWA SI LAPTOP KE 'RUMAH SAKIT' TERDEKAT.

Bilang ke 'dokternya' bahwa si laptop mengalami gejala mati secara mendadak saat charger dilepas. Jika anda melihat pembedahan si laptop, biasa yang akan diperbaiki adalah plastik hitamnya dan juga bateray.

Dengan membawa ke tukang service membuat laptop anda terhindar dari meluasnya kerusakan internal (karena anda mengetuk terlalu keras si laptop).

Berakhir disini pembahasan singkat saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian...

Update : Tanggal 10/09/2019 Admin telah membawa si Lepi untuk di service dan yang bermasalah menurut si dokter adalah motherboardnya. Biaya yang admin keluarkan adalah Rp.650.000 beserta garansinya.

Tag :

Solusi

4 Komentar untuk "Mengatasi laptop ASUS X441S yang mati secara tiba tiba ketika charger dilepas"

makasih min, laptop ane kena penyakit yang sama persis ame ente, untung ada ni berita kalo gak ane sudah beli liquit yang gak akan guna nanti, tapi yah ane mau bawa kerumah sakit gak ada uang karena kere wong pelajar smk gak kerja, jadi apa adanya ai sudah, o ya min kalo baca ini tolong jawab ane mau buat artikel juga penghasilannya berapa yak apakah bagus atau gak?, ane ada di titik dimana kalo di gajih 1 dolar perhari aja akan merasa cukup jadi ane cuman mau naya buat mastiin bisa langsung guna gak?, maaf akhirannya ngebahas yang gak jelas semoga sehat selalu min ama laptopnya juga

makasih min infonya, nanti saya coba solusi yg admin kasih, ohh iya. laptop saya kena penyakit yg sama kayak admin cuman ada tambahan penyakit yaitu baterai gk bisa terisi full, itu gmn y kalo solusi yg admin kasih kan suruh cas sampe full tapi laptop saya gk bisa di isi sampe full. solusi nya gmn tuh?

Kak makasih, sama laptop saya juga nyala setelah saya ketok2,

Belum berhasil :(
Apa kurang lama ya?

Back To Top