Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi error access denied as you do not have sufficient privileges perintah chkdsk di cmd win 11, 10, 8, 7

Tutorial dan solusi singkat memperbaiki error pemberitahuan Access Denied as you do not have sufficient privileges di Command Prompt perintah chkdsk - Saat saya mencoba perintah chkdsk G: /F pada cmd dengan tujuan untuk melihat dan memperbaiki otomatis kerusakan yang terjadi pada partisi G:\, saya malah diperhadapkan dengan pemberitahuan tersebut. "Access Denied as you do not have sufficient privileges. You have to invoke this utility running in elevated mode."

Itulah isi dari pemberitahuan tersebut yang berakibat saya tidak bisa memperbaiki berkas yang saya anggap mengalami kerusakan.

Di artikel ini admin akan bahas mengenai cara memperbaiki peringatan tersebut yang terjadi di laptop, pc atau komputer sobat yang bersistem operasi windows, baik itu windows 11, 10, windows 8/8.1 hingga windows 7 dan XP.

Semuanya akan saya bahas dengan cara yang mudah dimengerti.

Solusi atasi Access Denied as you do not have sufficient privileges di CMD

Apapun perintah yang anda tulis dengan awalan chkdsk akan mengeluarkan keterangan masalah tersebut misalkan chkdsk /r /f G: untuk memperbaiki bad sector di partisi G:\.

Kalau kita lihat, keterangan Access Denied as you do not have sufficient privileges. You have to invoke this utility running in elevated mode. tersebut hanyalah masalah sepele semata karena hak akses.

Iya, untuk dapat menjalankan perintah ini bukan untuk user account windows biasa. Perintah tersebut hanya bisa dijalankan oleh user yang hak aksesnya adalah administrator.

Namun disini anda tidak perlu lagi mengubah hak akses anda atau masuk ke user akun administrator dikarenakan admin  punya tips yang sangat simpel namun dijamin work. Anda pun yang seorang pemula langsung paham dan bisa melakukan tips dan trik ini.

Jika anda sudah penasaran, silahkan simak penjelasan mengenai cara mengatasi keterangan "Access Denied as you do not have sufficient privileges. You have to invoke this utility running in elevated mode."

Memperbaiki error access denied as you do not have sufficient privileges di chkdsk

Silahkan cari  icon aplikasi CMD atau Command Prompt tersebut. Anda bisa langsung mencarinya di kolom pencarian dengan mengetikkan CMD.

Disini kita tidak bisa sembarang langsung mengklik double ke aplikasinya untuk membuka. Anda disini harus membuka Command Prompt tersebut dengan menggunakan mode Administrator.

Bagaimana caranya? caranya pun sangatlah mudah, yaitu:

  • Klik kanan pada icon aplikasi tersebut lalu pilih Run as Administrator.
  • Jika ada pertanyaan User Account Control, klik saja button Yes untuk mengijinkan sehingga kini Command Prompt anda telah beralih ke mode Administrator. Hal ini ditandai dengan nama atau judul jendelanya ditambahi kata administrator seperti pada gambar yang telah admin AmalanKomputer berikan tersebut.
  • Silahkan ketikkan kembali perintah chkdsk tersebut di cmd lalu tekan tombol enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.
    Mengatasi error access denied as you do not have sufficient privileges perintah chkdsk di cmd win 11, 10, 8, 7

Gimana? berjalan dengan baik bukan?

Tutorial mudah atasi Access Denied as you do not have sufficient privileges di Command Prompt

Bagaimana? sangat mudah bukan cara untuk atasi keterangan "Access Denied as you do not have sufficient privileges. You have to invoke this utility running in elevated mode." saat perintah chkdsk di laptop, pc atau komputer anda.

Jadi pada kesimpulannya adalah agar perintah chkdsk dapat dieksekusi, maka anda harus menjalankan CMD atau Command Prompt tersebut ke mode administrator.

Sampai disini dulu pembahasan singkat admin mengenai tips dan trik mengatasi chkdsk yang tidak dapat dieksekusi, jika anda masih mengalami kebingungan atau kegagalan, silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang telah saya sediakan dibawah artikel ini mduah-mudahan bisa saya bantu hingga solved.

Atau jika agan sudah berhasil melakukan trik ini, silahkan berikan komentarnya juga ya dan coba bantu admin untuk menjawab pertanyaan seputar kebingungan pembaca lain ya...

Sekian dan sampai berjumpa di artikel yang akan datang. Jangan lupa pantengin terus artikel yang ada di AmalanKomputer ini sobat.

Tag :

Warning

8 Komentar untuk "Mengatasi error access denied as you do not have sufficient privileges perintah chkdsk di cmd win 11, 10, 8, 7"

cara menggunakan mode administrator bagaimana? gak ada yg bisa di klik kanan

saya gabisa gan. malah muncul the drive, the path or the file name is not valid. gimana itu gan ?

Makasih banyak ya bang :*

Back To Top