Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Menampilkan tab Security pada Properties yang hilang win 11, 10, 8, 7

Tutorial dan langkah-langkah lengkap memunculkan kembali menu Security pada Properties yang hilang di laptop, pc dan komputer windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 - Dibeberapa artikel sebelumnya, saya telah mempublikasikan sebuah artikel tutorial mengenai mengaktifkan user Administrator yang dapat anda baca di tautan artikel Cara Masuk ke User Administrator. Artikel tersebut sedikit berhubungan dengan artikel yang akan saya bahas kali ini.

Biasanya dibeberapa kasus, ketika anda membuat suatu user account administrator dan melakukan berbagai macam settings di user tersebut sehingga berdampak pada beberapa fitur atau komponen laptop anda, misalkan saja secara tidak sengaja menghilangkan fitur Security pada properties.

Kejadian ini biasa tersadari ketika kita ingin mengatur hak akses keamanan sebuah file atau folder dengan klik kanan pilih properties. Ketika sudah masuk ke properties, ternyata tab yang anda tuju tidak ada dalam list yaitu tab Security sehingga kejadian ini membuat anda bingung sendiri untuk melanjutkan pengaturan hak akses file tersebut.

Solusi menampilkan tab Security pada Properties yang hilang

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa saya berikan kepada anda mengenai memperlihatkan kembali tab Security yang hilang tersebut. Misalkan solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan masuk ke user Administrator yang anda sudah aktifkan lalu mencoba masuk ke Properties lalu ke Security untuk mengatur hak akses keamanan file/folder dari program atau dokument yang anda inginkan.

Mungkin juga anda ingin mengatur hak akses menjadi Full Control yang terdapat di tab Security namun tab tersebut hilang.

Juga dapat dikatakan artikel ini sangat berkaitan dengan tautan artikel Mengatasi File Access Denied You need permission to perform this action saat Rename/Delete file.

Jika demikian benar adanya, maka anda bertemu dengan artikel yang tepat karena saya akan membahas dengan cukup singkat mengenai cara mengembalikan tab Security yang menghilang di properties. Silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Langkah-langkah memunculkan tab Security pada Properties

Perhatikan langkah-langkahnya dengan seksama:

  • Masuk ke Run dengan cara tekan keyboard Win dan R secara bersamaan sehingga muncul jendela run disebelah kiri sudut bawah layar laptop anda.
  • Ketik saja regedit dan enter sehingga akan muncul jendela baru dimana nantinya akan anda lakukan penyetingan terhadap masalah yang anda alami.

Benar! Kita akan masuk kebagian Registry Editor atau regedit sistem operasi anda.

  • Di regedit tersebut, perhatikan pane sebelah kiri. Klik folder HKEY_CURRENT_USER
  • Masuk lagi ke Software
  • Selanjutnya ke Microsoft
  • Lalu ke Windows
  • Selanjutnya ke CurrentVersion
  • Masuk lagi ke Policies
  • Terakhir di Explorer.

Alur lengkapnya adalah HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

Langkah selanjutnya, silahkan anda beralih ke bagian sebelah kanan layar dimana terdapat beberapa item seperti (Default), DisallowRun, HideSCAHealth, NoActiveDesktopChanges, NoDriveTypeAutoRun, NoSecurityTab dan TaskbarNoNotification.

Karena anda ingin memunculkan kembali tab Security, maka anda perhatikan baik baik item NoSecurityTab beserta kolom Data-nya yang bernilai 1. Nilai 1 artinya adalah True (benar) sehingga mengijinkan NoSecurityTab untuk bekerja dengan menyembunyikan fiturnya.

Agar dapat tampil kembali, silahkan klik dua kali secara cepat pada NoSecurityTab tersebut lalu ganti Value datanya menjadi 0. 0 (nol) tersebut adalah False sehingga NoSecurityTab tersebut tidak berfungsi lalu klik OK.

Menampilkan tab Security pada Properties yang hilang win 11, 10, 8, 7

Silahkan lihat kembali di Properties file atau folder apakah sudah nampak tab Security-nya. Gimana? ada bukan?

Sekian pembahasan singkat saya kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Tag :

Solusi

2 Komentar untuk "Menampilkan tab Security pada Properties yang hilang win 11, 10, 8, 7"

Setelah langkah policies Kok tidak bisa nampil Explorer, bagaimana ya blum ada hasil

Kalo setelah policies-explorer, tapi didalem file nya isinya cuma 1 item aja yaitu nodrivetypeautorun itu gimana gan?

Back To Top