Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Notebook mati total walau di charger

Langkah-langkah memperbaiki notebook, pc dan komputer yang mati total walaupun sudah di cas - Apakah anda sedang mengalami PC atau notebook mati total meskipun sudah di cas? Mungkin saja terdapat beberapa masalah yang ada dalam sistem atau hardware perangkat anda yang Anda tidak ketahui. Hal seperti ini jelas cukup menjengkelkan disaat kita akan mengerjakan tugas ataupun pekerjaan.

Segera cari tahu bagaimana tips dan trik mengatasi Notebook mati total walau di charger. Disini admin AmalanKomputer.com akan memberikan beberapa cara yang bisa anda coba satu persatu. Simak penjelasan singkatnya.

Solusi mudah mengatasi Notebook mati total

Karena banyak sekali para pengguna notebook ingin mencari tahu bagaimana cara mengatasi apabila terjadi mati total meskipun sudah dicas, di bawah ini adalah beberapa solusi dan informasi yang bisa anda ikuti untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Periksa Baterai dan Charger atau Adaptor

Bisa jadi alasan notebook bisa mati total walau di charger adalah masalah pada sumber daya listriknya yang menyebabkan baterai cepat habis ataupun rusak. Anda sangat disarankan untuk mengganti charge agar bisa berfungsi dengan baik.

Bisa juga hal yang anda hadapi ini dikarenakan ada masalah pada baterai walaupun anda sudah mengganti charger maupun adaptor notebook dan perangkat masih saja mati. Maka demikian, anda bisa saja langsung ganti baterai tersebut agar bisa dihidupkan kembali.

2. Lakukan Power Reset

Cara kedua ini sangat cocok digunakan untuk dapat mengatasi perangkat notebook yang mati total walau di charger. Cara ini dengan melakukan reset power agar bisa memutuskan seluruh aliran listrik yang kemungkinannya hal tersebut merupakan penyebab dari perangkat tidak bisa menyala dengan benar.

Untuk dapat melakukan power reset ini, langkah-langkahnya adalah:

  • Putuskan terlebih dahulu perangkat dari seluruh sumber listrik.
  • Tekan dan tahan selama beberapa detik tombol Power hingga laptop mati total secara paksa
  • Anda dapat melepas/cabut kemudian memasangkan kembali baterai laptop (jika bukan baterai tanam).
  • Hidupkan kembali laptop ketika baterai sudah terpasang dengan baik sambil mencolok cas ke laptop.

3. Cabut lalu pasang kembali baterai 

Sebenarnya cara ini sama seperti cara yang kedua yaitu anda perbu mencabut baterai dari notebook lalu memasangnya kembali. Pada saat sudah terpasang, coba saja untuk menghidupkan perangkat. Biasanya permasalahan seperti ini cukup berhasil dilakukan tanpa menggunakan proses tambahan yang cukup membingungkan karena kerumitannya.

4. Hidupkan laptop menggunakan charger tanpa baterai

Cara mengatasi Notebook mati total walau di charger berikutnya adalah dengan menghidupkan perangkat tersebut dengan kondisi tidak menggunakan baterai. Langkah ini memiliki tujuan agar kita dapat mengetahui apakah daya mengalami konsleting atau tidak.

Pada beberapa kasus yang dialami, pengguna seringkali mendapati jika baterai notebook mereka tersebut yang merupakan penyebab dari notebook tidak dapat dihidupkan. Setelah dicabut maka biasanya laptop pun dapat menyala kembali. Kini laptop anda menjadi LapCok.

5. Periksa bagian Processor

Bisa dikatakan prosesor pada laptop merupakan komponen yang paling penting di dalam suatu sistem PC termasuk notebook. Apabila bagian ini mengalami kerusakan maka seluruh komponen pun akan mengalami permasalahan cukup serius, salah satunya notebook yang tidak bisa menyala.

Saat anda akan membersihkan bagian tersebut, anda harus berhati-hati, jangan sampai komponen-komponen pada bagian pin patah karena proses pencabutan dengan paksa.

Disarankan untuk sebera membersihkan debu yang menempel disana serta mengecek pada bagian pembuangan angin.

6. Masalah RAM

Bisa jadi penyebab dari permasalahan yang anda hadapi saat ini adalah terdapat masalah pada bagian RAM. Ciri dari masalah ini yaitu perangkat menyala pada bagian lampu indikator kemudian mesinnya pun terus berjalan, nmun pada bagian layar gelap.

Untuk dapat mengatasinya, Anda perlu melepas bagian RAM laptop untuk membersihkan pin. Jika sudah dirasa bersih, segera pasang kembali RAM tersebut pada perangkat notebook anda dan nyalakan kembali perangkat tersebut. Semoga saja bisa menyala dengan normal.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai cara mengatasi Notebook mati total walau di charger. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu anda mengatasi permasalahan notebook yang mati total walaupun sudah di cas.

Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Mengatasi Notebook mati total walau di charger"

Back To Top