Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

7 Cara mengatasi keyboard laptop huruf tidak bisa sebagian

Solusi cara memperbaiki masalah keyboard laptop huruf yang tidak bisa sebagian di laptop asus, acer, axio, hp dan lenovo Windows 10, 8/8.1 dan 7 - Pernah mengalami keyboard laptop huruf tidak bisa sebagian? Mungkin yang menemukan artikel ini pasti mengalami masalah tersebut. Sebenarnya permasalahan tersebut bisa diatasi jika kita paham betul mengenai penyebab keyboard error dan paham mengenai cara memperbaikinya.

Nah bagi anda yang masih kebingungan dan bahkan panik saat sedang mengalami masalah tersebut, penulis menyarankan untuk membaca artikel ini sampai habis.

Penyebab mengapa keyboard laptop huruf tidak bisa sebagian

Hal semacam ini terkadang sangat mengganggu aktivitas anda sehingga dengan mengetahui penyebab permasalah tersebut, anda bisa meminimalisir kejadian seperti ini agar tidak terulang kembali.

Ada beberapa penyebab keyboard laptop huruf error yang wajib anda ketahui. Untuk lebih detailnya, berikut penyebab keyboard huruf tidak bisa sebagian :

  1. Banyak debu kotor yang terselip atau menempel di keyboard laptop
  2. Keyboard laptop kemasukan air
  3. Komponen keyboard laptop mengalami kerusakan
  4. Driver pada laptop tidak berjalan secara normal
  5. Usia laptop sudah tua
  6. Keyboard terkunci

Cara mengatasi keyboard laptop huruf yang tidak bisa sebagian

Setelah mengetahui penyebab terjadinya laptop huruf keyboard laptop huruf tidak bisa sebagian, maka Admin AmalanKomputer.com akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan ini, diantaranya sebagai berikut :

1. Merestart laptop 

Bisa saja keyboard huruf tidak bisa sebagian disebabkan oleh efek tidak sengaja pada disable dari aplikasi tertentu. Maka dari itu, langkah yang pertama yang bisa anda coba adalah merestart laptop anda.

Selain merestart laptop, anda bisa melakukan cara lainnya yang mirip dengan cara ini seperti mematikan laptop sebentar atau melepaskan baterai laptop selama beberapa menit dan kemudian pasang kembali lalu nyalakan.

2. Membersihkan debu atau kotoran pada keyboard

Perlu kalian ketahui bahwa debu bisa terselip dan masuk ke keyboard. Maka dari itu, salah satu cara alternatif yang bisa anda jalankan ketika mengatasi keyboard laptop tidak bisa sebagian adalah dengan cara membersihkannya.

3. Periksalah driver

Langkah ketiga adalah memeriksa Driver atau software yang mendukung kinerja hardware khususnya keyboard tersebut. Semisal kinerja hardware tidak bisa maksimal, maka langkah yang perlu anda lakukan salah satunya yaitu memperbarui driver keyboard tersebut.

4. Cek apakah keyboard laptop terkunci atau tidak

Ada beberapa fitur pada laptop anda yang mungkin bisa mengganggu kinerja pada keyboard laptop, salah satu penyebabnya adalah tombol NumLock.

Jika masalah tersebut terjadi, anda bisa mematikan numlock keyboard anda dengan hanya menekan tombol tersebut sekali. Setelah itu lakukan pengetesan dengan cara mengetik pada keyboard untuk memastikan keyboard tidak berfungsi sebagian bisa teratasi.

5. Menginstal ulang laptop

Solusi lainnya adalah dengan menginstal ulang laptop anda. Dengan menginstal ulang windows menyebabkan semua sistem dalam driver C seperti baru lagi. Hal ini bertujuan agar file error/corrupt yang menghambat kinerja laptop (keyboard) bisa hilang sehingga laptop dkembali alam keadaan terbaiknya yaitu pada setelah pabrik.

Anda bisa menginstal ulang laptop dengan menggunakan flashdisk maupun cd. 

6. Periksa konektor keyboard pada laptop

Solusi berikutnya yang bisa anda pakai untuk mengatasi keyboard laptop huruf tidak bisa sebagian adalah dengan cara mengecek konektor laptop.

Konektor laptop sendiri berfungsi sebagai penghubung keyboard. Beberapa kasus sering ditemukan konektor bermasalah seperti kotor, lepas, atau tidak pas, yang bisa menyebabkan keyboard tidak bisa berfungsi maksimal. Untuk mengatasinya, anda bisa melepasnya dan memasangnya kembali dengan pas.

7. Bawa ke Kang servis

Jika masalah terletak di komponen laptop, anda bisa membawanya ke servis center atau tukang servis laptop. Sebab, langkah ini demi keamanan laptop anda agar tidak rusak berlebihan dan permasalah bisa cepat teratasi.

Anda bisa mencoba tujuh solusi yang diberikan oleh admin diatas. Jika anda masih merasa kebingungan, bisa langsung bertanya di kolom komentar.

Jika anda berhasil menggunakan salah satu solusi, bisa beritahu ke kolom komentar juga agar teman-teman lain bisa langsung mengikutinya.

Atau kalian juga punya cara memperbaiki keyboard laptop huruf tidak bisa sebagian diluar 7 solusi ini, tulis di kolom komentar. Sekian dan semoga membantu.

Tag :

Keyboard

0 Komentar untuk "7 Cara mengatasi keyboard laptop huruf tidak bisa sebagian"

Back To Top