Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Perbedan DDR3 vs DDR4

DDR atau Double Data Rate merupakan sebuah proses bus komputer mampu mentransfer dalam satu siklus clock yang berada pada RAM. DDR memiliki banyak versi mulai dari versi 1 sampai 4. Lalu apa perbedaan antara DDR3 VS DDR4?

Anda pasti sudah sering mendengar tentang RAM (Random Access Memory) dan RAM ini menjadi tempat penyimpanan data yang terpasang pada motherboard komputer. Tidak semua komputer menggunakan jenis RAM yang sama. Untuk versi terbaru, ada persaingan performa antara DDR3 vs DDR4. Apa bedanya? Pelajari lebih lanjut di ulasan berikutnya.

Apa itu RAM

RAM terdiri dari rangkaian multiplexing dan demultiplexing yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan data ke penyimpanan target untuk membaca dan menulis input. 

Pelajari lebih mendalam jika anda ingin mengetahui apa saja perbedaan dari DDR3 dan DDR4.

Perbedaan DDR3 VS DDR4

Kedua RAM tersebut memiliki fungsi yang sama namun berbeda. Lalu apa saja yang membedakan dari keduanya tersebut? Lihat alasannya berikut :

1. Apa itu DDR3 VS DDR4?

a. Apa itu DDR3?

DDR3 merupakan kategori akses DRAM (Dynamic Random) yang merupakan penerus DDR1 dan DDR2. Sekarang DDR3 juga menjadi kebutuhan di laptop dan PC yang lebih baru jika anda melihat dari generasi sebelumnya yaitu DDR1 dan DDR2.

b. Apa itu DDR4?

DDR4 rilis pada tahun 2014 sebagai bentuk penerus DDR3. Namun sayangnya, DDR4 masih belum terlalu populer di pasaran. Hal ini karena masih banyak motherboard dengan dukungan DDR3 di pasaran.

Setelah memahami sekilas pengertian DDR3 VS DDR4, berikut kami jelaskan lebih lengkap mengenai perbedaannya.

2. Penyimpanan

Kepadatan memori DDR4 yang mencapai 16 Gb per chip bisa dimaksimalkan hingga 64 Gb. Berbeda halnya dengan DDR3 yang memiliki kepadatan memori hingga 6 Gb per chip yang hanya bisa dimaksimalkan hingga 8 Gb.

Semakin tinggi kapasitas RAM atau semakin lega maka kinerja komputer/laptop akan semakin baik dan lancar.

3. Clock Speed

Clock speed adalah istilah untuk kecepatan sebuah RAM. DDR4 mampu clock speed hingga 2133 MHz, yang tentunya lebih tinggi dari clock speed DDR3 yang hanya mencapai 1600 MHz.

Jika anda memilih antara DDR3 VS DDR4, pilihlah RAM dengan clock speed tinggi. Namun Anda harus mencocokkan clock speed dari RAM yang sudah Anda miliki. 

Menggunakan dua RAM dengan kecepatan clock yang berbeda (tinggi dan rendah) akan sia-sia karena RAM lebih suka bekerja pada kecepatan clock rendah.

4. Timing & Latency

Waktu dalam RAM menunjukkan kecepatan pengoperasian RAM dalam nanodetik. Waktu adalah parameter yang menjadi indikator seberapa cepat pengontrol memori dapat mengakses memori.

Semakin pendek waktu yang tertera pada spesifikasi RAM, maka semakin cepat kinerja RAM akan berjalan. Misalnya, kecepatan minimum untuk DDR3 adalah 553 MHz.

Sedangkan kecepatan minimum DDR4 adalah 800 MHz. Jika anda menghitung dengan cara yang sama seperti DDR3 akan menghasilkan 11,25 ns. Dari hasil tersebut terlihat bahwa timing DDR4 lebih kecil sehingga memiliki performa yang lebih cepat.

5. Konsumsi daya

Perbedaan lain yang menonjol dari penggunaan RAM DDR3 vs DDR4 adalah terkait konsumsi daya. Sebagian besar jenis DDR3 membutuhkan daya hingga 1,5V, sedangkan DDR4 hanya membutuhkan daya 1,25V.

DDR3 VS DDR4 dari Segi Harga

DDR4, yang memiliki banyak kelebihan jika anda membandingkan dengan DDR3 termasuk dengan harga yang lebih tinggi. Namun bagi Anda yang sangat membutuhkan RAM dengan spek tinggi terutama para gamers, tidak ada salahnya mengeluarkan budget lebih untuk kepuasan menggunakannya.


Tag :

Informasi

0 Komentar untuk "Perbedan DDR3 vs DDR4 "

Back To Top