Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Solusi memperbaiki layar laptop mati tapi mesin masih hidup - Pernahkah anda ketika mengerjakan sesuatu pekerjaan di laptop tiba-tiba layar mati tapi mesin tetap menyala? Tentu hal tersebut membuat kita terganggu. Di forum-forum, banyak sekali seseorang yang mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut : 

  1. Cara Mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala tanpa bongkar
  2. Layar laptop mati tapi lampu indikator menyala
  3. Hingga pertanyaan “Layar laptop merek tertentu (samsung/lenovo/Asus/Acer/Hp) mati tetapi mesin tetap hidup

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas, tentu sangat menarik untuk kita kupas. Namun dari sini, penulis akan berfokus mengatasi layar laptop mati tapi mesin masih menyala. Daripada penasaran, simak informasi yang satu ini.

Penyebab Terjadinya Layar Mati

Umumnya layar laptop mati disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut : 

  1. Disaat layar LCD/LED laptop mati ketika ingin dinyalakan, biasanya kondisi ini disebabkan oleh trouble pada software dan hardware. Baik karena corrupt, korslet, overheat hingga lainnya.
  2. Ketika layar laptop mati akan tetapi mesin tetap menyala, bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh crash system (VGA) maupun kesalahan pada memory.
  3. Bisa jadi masalah lainnya disebabkan oleh layar LCD pada laptop, Hardisk, hingga RAM.

Mendiagnosis Permasalah

Langkah pertama, anda bisa menggunakan monitor eksternal yaitu VGA dan Port HDMI. Ketika layar internal mati namun anda melihat gambar dengan jelas layar eksternal maka masalah tersebut bisa jadi disebabkan oleh kartu grafisnya. Sehingga, motherboard tidak mengalami kendala serius dan bisa dikatakan masih baik.

Jika kabel penghubung sudah benar, namun layar monitor eksternal tetap kosong (No Display), anda bisa mengkombinasi tombol pada keyboard dengan menekan Fn + F dan Fn + F3 (pada laptop lenovo). Setelah itu pilih opsi mode second screen only.

Langkah selanjutnya, lihatlah layar LCD lebih dekat dan pastikan layar tidak benar-benar hitam. Jika layar masih berjalan akan tetapi gambar kurang jelas/hampir tidak terlihat, maka layar kemungkinan masih mendapatkan sinyal dari memori.

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati (No Display) Tapi Mesin Nyala

Solusi 1 : Menekan Tombol Power Secara Paksa

Laptop tiba-tiba mati dan mesin masih menyala, langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mematikan laptop dengan menekan tombol power kurang lebih sekitar 10 detik. Pasalnya, layar laptop mati disebabkan oleh software yang error seperti crash system (VGA) maupun kesalahan pada memory.

Solusi 2 : Lepaskan Baterai Laptop

Lepas baterai selama beberapa saat sekitar 5 sampai 10 menit dan lalu pasang kembali. Cara ini perlu dilakukan agar kinerja laptop lebih optimal. Karena pada dasarnya, masalah tersebut disebabkan oleh pasokan listrik pada laptop yang mengganggu kinerja memori maupun prosesor.

Perlu diingat, cara seperti ini tidak berlaku jika laptop anda mengalami kerusakan.

Solusi 3 : Melepas Ram pada Laptop

Pemakaian yang lama sering kali membuat laptop anda panas hingga shock. Kinerja yang terlalu tinggi tersebut bisa jadi membuat lcd laptop tidak menyala. Ada solusi yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara melepas Ram pada laptop. Namun sebelum melepaskan Ram, anda perlu melepaskan baterai pada laptop.

Setelah melepas ram, alangkah baiknya untuk membersihkan dengan menggunakan karet penghapus.

Solusi 4 : Membongkar Serta Memeriksa Laptop

Membongkar laptop serta memeriksa berbagai komponen yang ada bisa jadi langkah untuk mengatasi layar laptop mati sendiri. Jika pernah membongkar dan memahami mengenai komponen laptop, anda bisa mencoba melepasnya terutama komponen fan prosesor maupun prosesor itu sendiri.

Selain itu, anda juga perlu mengecek juga kabel-kabel yang tersambung seperti VGA dan LCD monitor.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin masih menyala. Sebenarnya masalah laptop mati penyebabnya tidak hanya itu saja, melainkan dari beberapa faktor lainnya. Untuk referensi lainnya, anda bisa mencarinya di youtube maupun sumber lainnya. Semoga Berhasil  

Tag :

Solusi

0 Komentar untuk " Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala"

Back To Top