Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi laptop layar hitam tapi kursor aktif bergerak/jalan

Memperbaiki laptop layar hitam tapi kursor aktif bergerak/jalan - Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna laptop atau PC adalah blue screen. Namun, tahukah Anda, bahwa ternyata, permasalahan yang ada pada laptop bukan hanya blue screen semata. Tapi ada juga yang dikenal dengan black screen. Keduanya sama-sama permasalahan, alias penyakit yang cukup sering menyerang perangkat Anda. Dan hal ini pasti sangat menyebalkan. Terutama ketika Anda benar-benar berada di penghujung deadline.

Black screen sendiri merupakan kondisi, di mana layar pada komputer atau laptop Anda berwarna hitam, ngeblank. Dan biasanya akan terjadi usai perangkat dihidupkan. Tapi begitu sudah start up, kemudian harusnya menampilkan tulisan 'welcome' justru malah muncul layar hitam saja. Meskipun layar hitam, kursor tetap bisa digeser, alias masih aktif jalan. Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop layar hitam tapi kursor aktif jalan? Simak penjelasannya berikut.

Cara mengatasi laptop black screen

Bagi Anda yang baru mengalami masalah ini, alias masih sangat awam, tentu khawatir ya. Tapi tenang saja, Anda tidak perlu khawatir atau panic secara berlebihan. Sebab, permasalahan ini merupakan hal yang wajar jika laptop Anda mengalaminya hanya sekali atau dua kali saja. Anda bisa kok mengatasi laptop layar hitam tapi kursor aktif jalan ini sendiri. Jadi, jangan terlalu cepat untuk membawanya ke dokter. Karena kondisi ini bisa saja dikarenakan oleh hal-hal yang tidak serius.

Secara umum, permasalahan layar hitam bisa disebabkan oleh 2 hal. Yakni adanya masalah pada bagian software dan hardwarenya. Maka, lakukan pengecekan terhadap keduanya terlebih dahulu, baru dilakukan beberapa cara mengatasi layar hitam tapi kursor aktif jalan.

Restart Laptop atau PC

Cara paling dasar yang bisa dilakukan adalah dengan merestart perangkat Anda. Intinya jangan panik dulu. Bawa tenang. Kemudian restart. Apabila selesai booting laptop Anda mengalami black screen, maka restart saja dulu. Dan jika tidak terdapat kerusakan yang cukup serius, perangkat Anda akan kembali normal kok. Karena biasanya, restart computer cukup ampuh untuk mengatasi hal-hal sederhana model ini.

Lakukan pengecekan terhadap kondisi layar

Cara mengatasi laptop layar hitam tapi kursor aktif berjalan yang selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi layarnya. Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa black screen bisa saja diakibatkan oleh hal-hal kecil dan sederhana. Sehingga ia tidak bisa tampil sebagaimana biasanya. Maka lakukan saja cara sederhana ini. Yakni, pastikan dulu bahwa kondisinya memang baik.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara menghubungkan laptop ke monitor eksternal. Kalau di monitor eksternalnya normal, maka ini hal ini dikarenakan adanya kerusakan di bagian layar laptop atau, bisa juga di bagian kabel display laptopnya. Maka, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaikinya ke tempat service.

Masuk ke Safe Mode

Cara mengatasi laptop layar hitam tapi kursor aktif jalan selanjutnya adalah dengan masuk ke safe mode. Caranya sederhana. Pertama, hidupkan laptopnya dahulu. Ketika sedang booting, langsung tekan saja tombol F8 yang ada di deretan keyboard paling atas. Tekan sehingga muncul opsi. Pilih opsi masuk ke safe mode. Lalu tunggu sampai aktif. Apabila berhasil, cari program atau aplikasi yang Anda anggap cukup mencurigakan tidak aman, dan menjadi penyebab black screen tersebut. Kemudian tinggal uninstall.

Demikian beberapa cara mengatasi laptop layar hitam kursor aktif jalan yang bisa Anda coba. Jika tetap gagal, cobalah hubungi tempat service terdekat.

Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Mengatasi laptop layar hitam tapi kursor aktif bergerak/jalan"

Back To Top