Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Microsoft Office Error Code 30068-4

Memperbaiki masalah Microsoft Office Error Code 30068-4 - error code tersebut merupakan kesalahan yang membuat install Microsoft Office tidak bisa dilakukan karena beberapa penyebab umum. Microsoft Office, Aplikasi buatan Microsoft saat ini banyak digunakan baik oleh pekerja kantoran, mahasiswa maupun bidang kerja lain yang butuh penulisan. Walaupun pada saat sekarang banyak aplikasi serupa, namun keberadaan aplikasi tersebut ternyata belum bisa menyaingi keberadaan aplikasi Microsoft ini.

Hingga saat ini, Microsoft office sudah mengeluarkan banyak versi dan pembaruan dari aplikasi yang ada. Versi terakhir aplikasi ini ialah office 16 sekaligus menjadi versi onlinenya.

Walaupun memiliki kepopuleran ternyata, Microsoft tidak luput dari kesalahan. Terdapat beberapa error pada aplikasi Microsoft yang terjadi pada saat pengguna ingin melakukan penginstalan. Salah satunya ialah eror kode 3006 8-4 yang terjadi ketika ingin menginstal Microsoft Office terbaru.

Mengenal Apa Itu Error Kode 30068-4 di Microsoft Office

Error kode 30068-4 merupakan kesalahan yang umum terjadi ketika ingin menginstall Microsoft Office terbaru pada sebuah laptop atau komputer. Ada banyak hal yang menyebabkan error ini, namun permasalahan paling umunya ialah karena terdapat kerusakan file sistem, kunci registrasi yang hilang dan penghapusan Microsoft Office sebelumnya yang tidak sempurna.

Oleh sebab itu perlu beberapa penanganan agar error ini dapat teratasi. Berikut cara mengatasi error code 30068-4 yang terjadi ketika ingin menginstall Microsoft Office.

Solusi 1 : Melakukan Pemindaian SFC

Kerusakan file yang terjadi pada laptop atau komputer terkadang menjadi penyebab munculnya error. Sebab itu untuk mengatasinya kamu perlu melakukan pemindaian pada file rusak ini menggunakan SFC.

Pemindaian SFC tidak hanya membantu kamu dalam menemukan file hilang saja, namun juga akan membantu kamu menemukana file yang rusak sekaligus menggantinya secara otomatis dari cacha yang tersimpan pada local. Untuk menjalanakan SFC pada windows, kamu dapat membukan prompt perintah yang ada pada laptop atau komputer kamu. Kamu dapat melakukannya dengan menekan “windows + R” lalu ketikalah SFC/scannow dan tekan enter.

Solusi 2 : Nonaktifkan Firewall

Ketika ingin menginstal Microsoft Office apalagi versi terbaru, perlu yang namanya koneksi internet. Koneksi ini berguna untuk mengunduh pembaruan penting dan struktur file selama proses install dan pembaruan aplikasi.

Namun sayangnya terkadang firewall tidak mengizinkan beberapa file untuk di unduh, sehingga menyebabkan terjadinya error 30068-4 ketika menginstall aplikasi Microsoft tersebut. Oleh sebab itu untuk mengatasinya, bisa kamu lakukan dengan me-nonaktifkan firewall yang ada pada laptop atau komputer sesaat. 

Langkah mematikan firewall ialah dengan membukan kontrol panel, lalu pilih sistem dan keamanan. Pada menu tersebut silahkan klik windows firewall dan nonaktifkan windows firewall tersebut. Jika sudah silahkan coba install kembali Microsoft Office kamu, apakah berhasil atau tidak.

Solusi 3 : Hapus Microsoft Office Versi Lama

Dalam beberapa kasus, Microsoft versi lama terkadang tidak kompatibel dengan versi terbaru sehingga menjadi penyebab adanya error. Contohnya Office 2010 yang tidak kompotibel dengan Office 365 yang merupakan versi terbarunya. Sebab itu kamu perlu melakukan penghapusan secara manual untuk versi lama yang masih terpasan pada laptop atau komputer.

Untuk melakukan penghapusan, dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Bukalah menu kontrol panel dan pilihlah program
  2. Pada menu program silahkan kamu pilih program and features.
  3. Dalam menu tersebut silahkan kamu pilih Office lama yang terinstall dan lakukan penghapusan.
  4. Jika sudah silahkan restart ulang laptop atau komputer kamu, setelah itu baru lakukan penginstallan kembali.

Itulah beberapa cara mengatasi error 30068-4 yang terjadi saat menginstall Microsoft Office versi terbaru.

0 Komentar untuk "Mengatasi Microsoft Office Error Code 30068-4"

Back To Top