Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Microsoft Excel Security Notice

Solusi memperbaiki masalah Microsoft Excel Security Notice - Siapa nih yang sering menggunakan Microsoft Excel? Memang sekarang ini, Microsoft Excel menjadi aplikasi yang berfungsi untuk membantu berbagai pekerjaan seseorang dalam mengolah data, menganalisis dan sebagainya.

Dari sini kita akan membahas suatu masalah yang sering dikeluhkan sebagian orang, salah satunya mengatasi Microsoft Security Notice/Security Warning pada Excel. Jika cara ini membingungkan anda, bisa baca di tutorial yang lebih jelas melalui link artikel Mengatasi Microsoft Excel Security Warning yang sudah di publikasikan sebelum artikel ini sejak beberapa bulan yang lalu.

Berikut merupakan contoh tampilan security warning dan gambar lengkapnya.


SECURITY WARNING | Some active has Been Disabled. Click for more details | Enabe Content

Pesan di atas terkadang membuat para pengguna Excel jengkel. Munculnya masalah tersebut juga membuat seseorang memilih mencari solusi di mesin pencarian google.

Umumnya masalah warning security dibarengi munculnya pesan singkat seperti :

  1. Mascros have been disabled,
  2. Some active content has been disabled, 
  3. Protected document.

Selain itu, munculnya security warning disebabkan oleh beberapa file yang dianggap berbahaya sehingga makro pada excel tidak berjalan lancar.

Jadi apakah anda pernah mengalami masalah seperti di atas?

Jika iya, Anda tidak usah khawatir. Karena ada penjelasan dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Makro Tidak Berfungsi

Sebelum mengetahui penyebab macro tidak berfungsi, kita harus tahu apa yang dimaksud makro excel. Jika didefinisikan, Makro merupakan sebuah program yang berfungsi menghemat waktu agar pengguna tidak sering menggunakan tombol pada keyboard maupun mouse.

Disamping itu juga, makro juga dapat menyebabkan masalah keamanan yang disalahgunakan oleh orang jahat untuk menyisipkan virus berbahaya kepada Komputer/PC.

Jadi bisa kita simpulkan, bahwa makro tidak bisa berfungsi secara optimal disebabkan oleh file yang mencurigakan/berbahaya dari internet hingga flashdisk yang terpapar virus. Dengan begitu, secara otomatis sistem tidak bisa membuka atau mengedit file karena hal tersebut bagian dari keamanan Microsoft.

Cara 1 Mengatasi Security Warning 

Bagi anda yang masih menggunakan Microsoft Excel 2007 dan menemukan pesan seperti Security warning macros have been disabled yang berarti makro tidak bisa berjalan sehingga beberapa file tidak bisa di edit. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Buka File atau Office button di Excel 2007
  2. Klik Options
  3. Pilih Trust Center
  4. Kemudian masuk Trust Center Settings
  5. Selanjutnya pilih Macro Settings
  6. Jika berniat menghilangkan Security Warning pada Excel, pilih Enable All Macros
  7. Kemudian centang Trust Access to the VBA project object model
  8. Terakhir klik OK

Peringatan :

Cara yang satu ini cukup beresiko atau tidak direkomendasikan. Jika ragu anda bisa memilih Disable All Macros With Notification. Dengan begitu, pesan security warning tetap muncul tetapi Anda sudah bisa mengedit dokumen

Cara 2 Mengatasi Security Warning

Bagi yang pengguna excel 2010 dan menemukan pesan Protected View... Editing this file type is not allowed due to your policy settings. Click for more details... Anda bisa mengatasinya dengan cara yang satu ini :

  1. Buka file Ms.Excel 2010;
  2. Klik menu File;
  3. Pilih Options;
  4. Lalu klik Trust Center
  5. Selanjutnya pilih Trust Center Settings;
  6. Kemudian pilih Block Settings;
  7. Pada tahap ini, hilangkan semua ceklis yang ada di dalam kolom,
  8. Kemudian klik Ok hingga selesai dan tutup dokumen.

Jika sudah, cek kembali dengan cara membuka File Ms.Excel dan file berhasil dibuka.

Peringatan :

Perlu diingat, dengan melakukan tindakan ini, maka ada kemungkinan ancaman. khususnya file yang bersumber dari internet atau pihak lainnya. Untuk itu perlu diketahui agar berhati-hati dalam membuka file-file yang tidak diketahui secara pasti sumbernya.

Langkah Alternatif Mengatasi Microsoft Excel Security Notice

Jika langkah di atas masih belum bisa, mungkin penyebabnya adalah Smadav Antiv!rus versi 2017 yang tidak mengijinkan script makro bermasalah. Untuk mengizinkannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik kanan pada Smadav
  2. Pilih Izinkan Windows Script & Office-Macro (Permanen)
  3. Klik OK

Selamat mencoba

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Microsoft Excel Security Notice"

Back To Top