Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Menghilangkan Security Warning di Excel

Bagaimana cara menghilangkan security warning di Excel? Berikut panduan lengkap yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut.
 
cara menghilangkan security warning di excel

Ketika membuka file Excel mungkin Anda pernah mendapatkan pesan ‘Security Warning...’ di baris toolbar. Pesan tersebut memang sangat meresahkan, sehingga tak jarang Anda langsung buka Google dan mencari cara menghilangkan security warning Excel.

Pada umumnya, security warning muncul dibarengi dengan pesan singkat seperti some active content has been disabled, mascros have been disabled, serta protected document.

Security warning muncul karena file yang dibuka sangat berbahaya sehingga menyebabkan kesalahan pada macro Excel. Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi security warning di Microsoft Excel hanya dengan mengubah beberapa pengaturan.

Penyebab Macro Tidak Berfungsi

Sebelum menyelesaikan masalah tersebut, mungking banyak yang bertanya, “Kenapa macro tidak berfungsi?”, singkatnya, program Excel mencurigai bahaya yang masuk melalui file hasil unduhan dari internet atau flashdisk bervirus.

Macro merupakan program yang berfungsi sebagai penghemat waktu agar pengguna tak terlalu sering menekan tombol keyboard dan mouse. Namun, macro juga bisa menyebabkan masalah keamanan kalau ada orang jahat yang menyisipkan virus berbahaya.

Jadi, kalau komputer mendeteksi ada yang mencurigakan, secara otomatis file tersebut tidak bisa dibuka atau diedit sebagai bagian dari proteksi keamanan Microsoft.

Cara Menghilangkan Security Warning di Excel

Dari sekian banyak kasus yang terjadi, sebagian besar pengguna hanya dihadapkan dengan pesan “Security warning macros have been disabled”, yang berarti macro tidak bisa jalan di Excel, sehingga menyebabkan dokumen tidak bisa diedit.

Untuk jalan penyelesaiannya, ikuti panduan di bawah ini.

  • Pada bagian toolbar klik File atau Office Button di Excel 2007 ke bawah
  • Selanjutnya klik Options dan pilih Trust Center
  • Kemudian klik Trust Center Settings
  • Pilih Macro Settings
  • Kalau sudah yakin ingin menghilangkan security warning di Excel, Anda bisa pilih “Enable all macros”
  • Dan centang “Trust access to the VBA project object model”
  • Terakhir klik OK

Dengan mengaktifkan macro, semua file yang sebelumnya menampilkan security warning akan hilang. Tapi, seperti yang tertera di sebelah tulisan Enable all macros, langkah ini cukup berisiko dan tidak direkomendasikan.

Jika ingin mencoba cara lain, Anda bisa memilih “Disable all macros with notification”. Nantinya, pesan security warning akan tetap muncul, namun pengeditan dokumen sudah bisa dilakukan.

Cara Alternatif Menghilangkan Security Warning di Excel

Nah, apa jadinya kalau langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, namun pesan security warning masih ada dan mengakibatkan dokumen tidak bisa diedit?

Bisa saja disebabkan karena antivirus Smadav tidak mengizinkan script macro yang bermasalah. Hal ini biasa terjadi pada komputer yang menggunakan Smadav versi 2017 ke atas karena sudah dibekali proteksi lebih lengkap.

Untuk mengizinkan Smadav membaca script macro, berikut langkah-langkahnya.

  • Klik tanda panah ke atas di sebelah ikon baterai
  • Klik kanan pada Smadav
  • Kemudian pilih Izinkan Windows Script & Office-Macro (Permanen)
  • Klik Ok

Sekarang coba buka kembali dokumennya. Kalau langkah-langkah tersebut diikuti dengan benar, dapat dipastikan masalah pada file Excel sudah hilang.

Kesimpulan

Sedikit tambahan, ada baiknya jangan mengubah pengaturan jika ragu dengan keamanan file-nya. Bisa jadi, file tersebut berasal dari sumber tak terpercaya yang dapat menyebabkan manipulasi dan hilangnya data penting di komputer.

Adanya notifikasi security warning pada lembar kerja Excel terkadang bisa menjadi masalah serius kalau tidak segera diatasi. Untungnya, notifikasi tersebut bisa hilang dengan mengikuti beberapa cara menghilangkan security warning di Excel pada ulasan di atas.
Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Security Warning di Excel"

Back To Top
close