Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

5 Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Pernah mengalami kendala WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet? Kalau iya, tentu ini sangat meresahkan, apalagi orang yang sangat bergantung dengan internet. Sebenarnya ini bukan masalah serius karena bisa diatasi dengan mudah. Tapi, ada banyak penyebab yang mendasari masalah ini, sehingga solusinya juga bisa beragam. Tidak bisa hanya sekedar mencabut kabel atau restart modem saja. [Baca juga : Mengatasi wifi limited]



Nah, kalau kamu sedang mencari cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet di laptop atau Android, silahkan simak lima metode berikut ini.

Cara Mengatasi Jaringan WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Pada dasarnya, penyebab internet tidak terhubung bisa karena gagal routing atau WiFi dalam keadaan disabled. Bahkanada kemungkinan perangkat terinfeksi malware atau sejenisnya. Oleh karena itu, simak solusi untuk mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet di laptop dan smartphone di bawah ini [Baca juga : Mengatasi laptop tidak bisa konek ke wifi].

Metode 1 : Reset Jaringan


Solusi paling dasar untuk mengatasi masalah koneksi internet yang tidak bisa jalan adalah melakukan reset pada jaringan. Langkah-langkahnya pun cukup dengan membuka menu di pengaturan Windows.

  1. Pertama tekan kombinasi tombol Windows dan I lalu klik menu Network & Internet
  2. Kemudian pilih opsi Network Reset di bagian paling bawah
  3. Selanjutnya klik Reset Now
  4. Jika ada notifikasi lanjutan, langsung saja klik Yes
Setelah proses reset berakhir, coba koneksikan WiFi ke laptop. Seharusnya kalau perangkat atau modem tidak bermasalah, akses internet sudah dapat terhubung kembali [Baca juga : Mengatasi wifi yang tidak terdeteksi].

Metode 2 : Perbarui Driver Adapter WiFi


Tak menutup kemungkinan WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet disebabkan driver yang sudah usang. Biasanya, masalah ini ditandai dengan jaringan yang error, namun normal ketika mengakses internet di perangkat lain. Untuk mengatasinya, kamu bisa memperbarui driver WiFi melalui pengaturan sistem. Silahkan klik kanan di folder My Computer, kemudian pilih Properties. Lalu klik Device Manager, Network Adapters, dan klik kanan pada adapter WiFi. Terakhir, pilih Update Driver Software. Jika proses sudah selesai, coba hubungkan kembali WiFi ke laptop.

Metode 3 : Restart Modem atau Router


Kalau metode sebelumnya tidak berhasil, cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet juga bisa dengan mematikan router atau modem. Tunggu 1 menit, lalu hidupkan kembali hingga nyala lampu DSL stabil. [Baca juga : Cara mempercepat jaringan wifi]

Selain itu, kamu bisa me-reboot router menggunakan browser.
  1. Buka Chrome, kemudian salin alamat 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 di kolom browser lalu Enter
  2. Di kolom Username ketik “user” atau “admin” dan di kolom Password ketik “admin
  3. Setelah masuk, pilih System Tools – Reboot Option
  4. Terakhir klik Reboot.
Setelah proses reboot selesai, silahkan coba nyalakan WiFi dan akses internet. Seharusnya jika masalah tidak terlalu serius, jaringan dapat kembali stabil.

Metode 4 : Restart dan Aktifkan Mode Pesawat di Android


Kalau kamu menggunakan Android sebagai tethering, solusi untuk mengatasi akses internet tidak terhubung bisa dengan menyalakan mode pesawat. Ini adalah trik umum yang biasa digunakan ketika terjadi masalah pada jaringan. Logikanya, jika mode pesawat aktif, secara otomatis koneksi data akan dihentikan secara paksa. Sehingga jaringannya akan memulai dari awal ketika dihidupkan kembali. Tapi, jangan langsung mengaktifkan mode pesawat, restart dulu hp-nya lalu nyalakan mode pesawat dan tunggu hingga beberapa detik. Jika sudah, nonaktifkan kembali dan coba ulangi tethering WiFi ke laptop [Baca juga : Mengatasi wifi yang sering putus koneksi].

Metode 5 : Hubungi Customer Service via Twitter


Kalau belum berhasil juga, kemungkinan ada gangguan pada layanan. Untuk itu, silahkan hubungi Indihome atau provideryang kamu gunakan via Twitter. Karena berdasarkan pengalaman, laporan di Twitter lebih cepat ditanggapi dibanding via telepon.

Kesimpulan

Jika internet tidak dapat diakses padahal WiFi terhubung, langkah paling dasar yang harus dilakukan adalah restart modem atau perangkat. Bila belum berhasil juga, kemungkinan kamu belum bayar biaya internet bulanan. Jadi, itulah panduan singkat tentangcara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet. Sebaiknya lakukan langkah-langkahnya dengan benar agar tidak terjadi masalah yang lebih serius. Semoga bermanfaat! [Baca juga : Mengatasi wifi tanda seru kuning]
Tag :

WiFi

0 Komentar untuk "5 Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet"

Back To Top