Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Bawah Teks Microsoft Word

cara menghilangkan garis merah di word

Ketika mengetik di Word, terkadang kita menjumpai garis warna merah di bawah kata atau kalimat. Anda mungkin bingung apa fungsinya, dan ingin menghilangkan garis merah di bawah teks Word pada lembar kerja.

Lebih tepatnya garis merah bergelombang, yang muncul ketika selesai mengetik kata demi kata. Memang, warna merah dan posisinya yang berada di bawah membuat tampilan dokumen tidak rapi.

Nah, bagi Anda yang merasa terganggu dengan garis tersebut, kali ini akan dijelaskan cara menghilangkan garis merah pada Microsoft Word 2007, 2010, 2013, hingga versi terbaru dengan beberapa langkah mudah.

Fungsi Garis Merah di Microsoft Word

Singkatnya, fungsi garis merah Word adalah untuk mengetahui kesalahan dalam penulisan. Ketika kata yang diketik salah/typo, maka secara otomatis program akan mengoreksi dengan memunculkan garis merah di bawah teks.

Selain kesalahan penulisan, pada beberapa kasus garis merah muncul karena ada perubahan kata. Misalnya, Anda mengetik "Aku cinta kamu", kemudian Anda menggantinya jadi "Aku cinta dia".

Kata "kamu" akan tetap ada, namun dicoret dan diganti kata "dia" yang disertai garis merah lurus (tidak bergelombang). Contohnya, “Aku cinta kamu dia”.

Nah, sudah jelas? Pada dasarnya garis merah Word memberikan banyak manfaat, khususnya bagi pengguna yang sering typo.

Namun, terkadang garis tersebut sangat mengganggu karena letaknya terlalu rapat dan sangat mencolok. Sehingga, banyak pengguna yang risih dengan keberadaannya.

Untungnya, cara menghilangkan garis merah di bawah teks Microsoft Word sangatlah mudah. Tidak serumit seperti membuat daftar isi maupun daftar gambar otomatis.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Bawah Teks Ms Word

hapus garis merah di bawah teks ms word

Sebelumnya pastikan dulu versi dari Microsoft Word pada komputar Anda, karena di sini kami menggunakan Word 2010. Meskipun secara keseluruhan sama, namun letak menu dan tampilannya berbeda.

  • Jika sudah di lembar kerja, langsung saja klik menu File (Kalau di Word 2010 ke bawah Office Button)
  • Kemudian pilih Options di bagian bawah sebelum Exit
  • Selanjutnya klik Proofing
  • Setelah itu, gulir mouse dan hapus centang pada dua kolom, yakni “Check spelling as you type” dan “Mark grammar errors as you type”
  • Langkah terakhir klik Ok

Sekarang bisa dilihat garis merah sudah hilang. Kalau belum yakin, coba lanjutkan pekerjaan Anda dengan mengetik satu atau dua paragraf.

Bila garis merah masih ada, silahkan ikuti panduan berikut.

  • Masuk ke tab Review
  • Arahkan mouse ke menu Accept
  • Klik dan pilih Accept All Changes in Document

Bagaimana kalau dokumen yang didapat hasil salinan dari artikel web? Untuk kasus ini, berarti kita masuk ke cara menghilangkan garis bawah di Word hasil copy dari internet. Karena langkah-langkahnya bisa dibilang lebih mudah dan tak perlu masuk ke menu Proofing.

  • Ketika menyalin teks dari web, jangan langsung paste ke Microsoft Word
  • Paste dulu ke Notepad atau kolom Google Translate
  • Selanjutnya salin kembali teks-nya, agar lebih mudah tekan Ctrl + A dan Ctrl C
  • Setelah itu baru di-paste ke Word dengan menekan Ctrl + V

Jika sudah, tinggal atur jenis font dan perataan teks sesuai keinginan. Jika ingin menyalin lagi, Anda bisa mengulang langkah di atas dari awal. Intinya, sebelum ditempelkan ke Word, tempelkan dulu ke Notepad agar komponen yang melekat pada tulisan bisa hilang.

Ulasan ini juga dapat berfungsi sebagai cara menghilangkan garis biru di Word, garis hijau, maupun garis hitam. Karena masing-masing komputer di-setting dengan warna garis yang berbeda.

Kesimpulan

Jika dihitung, mungkin ada lebih dari miliaran orang sukses yang terbantu dengan software buatan Microsoft ini. Selain karena mudah digunakan, fiturnya juga lebih lengkap dibanding software serupa seperti LibreOffice dan WPS Office.

Seperti yang disampaikan di awal, cara menghilangkan garis merah di bawah teks Microsoft Word sangat simpel, mudah, dan tak perlu effort berlebih. Jadi, sudah paham kan? Sekarang silahkan terapkan cara di atas pada dokumen Anda. Selamat mencoba!
Tag :

MsWord

,

Solusi

0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Garis Merah di Bawah Teks Microsoft Word"

Back To Top
close