Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mempercepat PC/Komputer Windows 10, 8/8.1 dan 7

Cara mempercepat PC | Cara agar kinerja laptop tidak loading/lemot - Kecepatan kinerja suatu laptop dipengaruhi oleh beberapa faktor misalkan kapasitas RAM dan SSD, Ruang penyimpanan, Prosesor hingga spesifikasi grafis monitor. Semakin baik spesifikasi yang dimiliki oleh suatu perangkat baik itu laptop, pc atau komputer, maka semakin cepat pula kinerja dari perangkat perangkat tersebut dalam melakukan suatu operasi. Sehingganya, jika anda ingin mempercepat kinerja perangkat agar ringan dan tidak loading hingga terkena Not Responding, maka anda harus meng-upgrade spesifikasi dari setiap komponen tersebut ke standar yang cukup baik. Namun hal seperti ini selalu terbentur dengan yang namanya biaya. Benar bukan? [Pelajari : Cara Mengetahui Spesifikasi PC]

Nah, disini anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena semua tips, cara atau tutorial mempercepat proses laptop anda  ini adalah gratis! Disini admin AmalanKomputer.com akan memberikan beberapa tips yang semuanya harus anda praktekan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini pun admin selalu pakai jika kinerja si lepi sudah mulai lemot dan sangat gampang sekali! Walau pun RAM laptop anda hanya 2 GB, anda bisa merasakan kinerja laptop tersebut cukup meningkat! Bagaimana? anda sudah tidak sabar lagi bukan? Untuk itu, silahkan anda simak beberapa tips yang bisa admin berikan mengenai Cara meningkatkan performa kinerja komputer agar tidak loading lagi.

1.  Unistall Program, Aplikasi dan Software yang tidak diperlukan
Semakin banyaknya program atau aplikasi yang terinstall di perangkat anda, maka otomatis membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak sedikit juga. Apalagi ada suatu proses aplikasinya yang berjalan dibelakang layar yang dapat menyerap RAM atau CPU perangkat anda. Untuk itu, anda perlu meng-unistall program program yang jarang anda pakai atau tidak digunakan sama sekali. Jika suatu saat dibutuhkan kembali, anda bisa menginstallnya kembali. [Baca : Cara mempercepat proses Shutdown]

2. Matikan proses dari aplikasi aplikasi yang berjalan dibelakang layar
Ini pun sangat berpengaruh bagi kinerja perangkat anda. Semakin banyak proses yang berjalan dibelakang layar, akan memperlambat kinerja proses laptop anda. Untuk dapat melihat proses yang berjalan tersebut, anda dapat masuk ke Task Manager > Processes lalu lihat dibagian Bacground Processes seberapa banyak proses yang berjalan. Anda bisa mematikan. Namun disini hati hati, anda harus mengetahui dampak dari mematikan setiap proses yang anda inginkan. Bisa bisa anda malah membuat error perangkatnya!

3. Hapus file tidak penting dan file sampah
Semakin banyak file file besar yang sudah anda tidak butuhkan lagi namun tetap tersimpan di laptop, maka ada baiknya anda hapus atau anda backup secara online saja melalui google drive. Apalagi file file tersebut terletak di Local Disk (C:). Juga rajin rajinlah menghapus file file sampah karena dengan tidak adanya file sampah, kinerja laptop bisa sedikit meningkat. Pastikan saja kalau file file yang ingin anda hapus adalah file yang sudah tidak digunakan.

4. Scan perangkat anda dengan Antivirus
Virus komputer pun bisa sangat berbahaya bagi keberlangsungan kinerja prosesor laptop anda. Gunakan antivirus yang terpercaya misalkan Smadav (hanya untuk pengaman lapisan kedua) atau gunakan Windows Defender untuk membasmi segala file/sistem/program buruk di perangkat anda. Lakukan scan secara rutin, bisa setiap seminggu sekali, sepuluh hari sekali atau sebulan sekali biar laptop anda aman dan kinerja cepat.

5. Gunakan software CCleaner
Bukan promosi, tapi melihat fungsinya, saya merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan software CCleaner untuk mempercepat kinerja laptop anda. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk membersihkan file file yang dirasa tidak perlu secara otomatis hingga ke cache-cookies browser sobat. Namun anda bisa mengatur file apa saja yang tidak perlu dihapus. Untuk itu, anda segera pakai saja software tersebut. Ada tersedia dalam versi gratis! Pengalaman saya setelah melakukan pembersihan menggunakan CCleaner, kecepatan proses meningkat sangat cepat! [Baca juga : Cara mempercepat jaringan internet di PC]


Sebenarnya masih banyak tips yang bisa anda terapkan misalnya selalu mengupdate Windows Update kalian, lakukan restart jika laptop sudah lama hidup atau memindahkan berkas berkas non-system dari partisi C: ke partisi lainnya misalkan D:. Semoga saja setelah melakukan tips dan trik ini, kinerja laptop anda dapat meningkat secara drastis. Oh ya, bagi agan agan yang memiliki cara jitu lainnya, bisa diberitahu di kolom komentar diartikel ini ya biar admin segera menambahkannya.
Tag :

Tips

0 Komentar untuk "Cara mempercepat PC/Komputer Windows 10, 8/8.1 dan 7"

Back To Top
close