Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Menghubungkan Kabel LAN ke Laptop dengan Benar

Cara Menghubungkan Kabel LAN ke Laptop dengan Benar - Komputer yang terhubung ke internet akan dapat terhubung dengan semua orang yang memiliki koneksi internet, dengan koneksi dunia. Ini tentu saja tidak memiliki tambahan lagi bagi kebanyakan orang sekarang yang memiliki cadangan tertentu di internet.  Namun tahukah Anda sebelumnya ada perbedaan antara dunia koneksi antar komputer yang hanya bisa dilakukan di area tertentu dengan apa yang disebut LAN? LAN atau Local Area Network, adalah sebutan untuk hubungan antar komputer dalam satu area tertentu. Sederhananya, jika internet terhubung ke jaringan komputer di seluruh dunia.

Cara mudah menyambungkan Kabel LAN ke komputer



LAN adalah komputer yang terhubung ke alokasi yang lebih kecil. Hanya digunakan untuk satu area kantor, atau satu sekolah, atau bahkan hanya satu ruangan. Lalu bagaimana sistemnya mencoba? Pada dasarnya, konektivitas LAN menggunakan komputer server dan komputer klien yang terhubung satu sama lain. Tetap disini, setiap komputer dapat berbagi file melalui koneksi yang mereka miliki. Koneksi juga dapat dilakukan melalui kabel UTP, Router dan bahkan WiFi. Dengan catatan, koneksi ini terhubung secara lokal dan tidak dimaksudkan untuk koneksi terbuka. Contoh paling sederhana dari konektivitas LAN adalah koneksi yang dibangun di komputer yang tersedia di 'warnet'. 

Tentu saja Anda tidak pernah tahu, kan? Untuk menggunakan perangkat komputer yang ada, Anda harus membeli terlebih dahulu jika model pembayaran yang digunakan adalah prabayar. Jika digunakan untuk membayar balik, maka Anda akan pergi ke komputer server untuk mengetahui biaya yang harus Anda bayar. 

Keuntungan Jaringan LAN 


Jika Anda perhatikan dengan teliti, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan konektivitas LAN ini. Pertama mungkin yang paling mendasar, yaitu biaya operasional. Anda dapat menghubungkan setiap komputer hanya dengan kabel atau router UTP, sehingga Anda tidak perlu menggunakan penyedia layanan internet. 

Selain itu, koneksi dan kecepatan transfer data antar komputer juga lebih cepat dan tidak tergantung pada sinyal internet. Karena penggunaan koneksi kabel, kecepatan transfer data ditentukan oleh kapasitas perangkat yang Anda miliki. Tidak ada cerita 'sinyal keras' untuk koneksi LAN, karena saat menggunakan koneksi nirkabel, masih akan lebih cepat karena koneksi terbatas. 

Akhirnya gratis dari penyedia layanan internet atau sejenisnya. Untuk penggunaan komputer, gunakan ini untuk menghubungkan komputer Anda ke internet, baik yang menyediakan layanan melalui smartphone Anda. Dengan LAN, Anda dapat menghubungkan komputer yang ada tanpa harus bergantung pada pihak ketiga. 

Kekurangan jaringan LAN 


Tentu saja, itu bisa mengurangi manfaat yang bisa Anda dapatkan, yang perlu dipertimbangkan menggunakan jaringan LAN ini. Salah satu yang paling mendasar adalah batasan yang bisa digunakan. Meskipun koneksi dibuat menggunakan kabel dan perangkat keras lainnya, tetapi ini masih memiliki keterbatasan. Ketika batas ini terlampaui, koneksi yang dibuat antar komputer tidak akan digunakan secara optimal. Kapasitas transfer data akan berkurang, kinerja perangkat juga akan menurun, dan bukan tidak mungkin malah merusak perangkat yang dimiliki. 

Jangkauan terbatas juga akan memberikan penghalang kompas antara komputer menjadi semakin besar. Untuk menyiasati hal ini, konektivitas LAN dikombinasikan dengan penggunaan penyedia layanan internet. Batasan transisi kemudian dapat digunakan dan ditambahkan. Namun, perlu dicatat bahwa kombinasi ini harus dimiliki oleh penjaga gerbang yang baik. Tujuannya adalah agar data yang disimpan pada setiap perangkat komputer tidak dapat diakses dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Biasanya, ini akan dibebankan ke server komputer sebagai titik pertemuan antara LAN dan konektivitas internet. 

Dengan demikian, data dari setiap komputer dapat dilindungi dan tidak mudah disalahgunakan. Ini bisa dilakukan. Penyedia layanan manajemen koneksi LAN dan internet juga sangat mudah ditemukan, sehingga mereka dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda di rumah atau di kantor. Semoga membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya.
Tag :

Dasar

2 Komentar untuk "Cara Menghubungkan Kabel LAN ke Laptop dengan Benar"

Very interesting and informative article content. let's access other cool articles related: https://unair.ac.id/

Very interesting and informative article content. let's access other cool articles related: https://unair.ac.id/

Back To Top