Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Windows Cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style

Tips, trik, langkah langkah, tutorial dan cara memperbaiki atau mengatasi keterangan Windows Cannot be installed to this disk saat instalasi windows di laptop windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 - Mungkin disini anda anda yang membaca artikel ini mengalami yang namanya Windows Cannot be installed to this disk saat instalasi windows di bagian pemilihan disk partisi sehingganya anda tombol Next tidak dapat berfungsi dan anda tidak dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Namun jika anda adalah seseorang yang sudah pengalaman mengatasi permasalahan tersebut, sudah tidak perlu lagi dengan cara ini. Nah, disini admin AmalanKomputer.com akan memberikan anda sebuah cara yang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan Windows Cannot be installed to this disk tersebut.

Penyebab Windows Cannot be installed to this disk

Sebelum kita berlanjut ke cara penyelesaian masalah, ada baiknya anda mengetahui mengapa keterangan Windows Cannot be installed to this disk tersebut muncul.

Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan permasalahan tersebut diantaranya adalah settingan BIOS yang kurang tepat sehingga perlunya anda untuk mengembalikan settingan tersebut ke aturan atau settingan yang default. Penyebab lain yang mungkin adalah format dari partisi yang tidak sesuai. Alasan inilah yang paling sering melatarbelakangi.

Nah, disini kami akan memberikan anda cara mengatasinya. Namun sebelum itu, persiapan terlebih dahulu adalah membackup data data yang anda anggap penting di partisi disk perangkat anda. Atau jika tidak perlu, maka langsung masuk saja ke bagian inti dari pengatasian permasalahan ini.

Memperbaiki masalah Windows Cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style

Nah, langkah pertama anda lakukan instalasi seperti biasa menggunakan CD/DVD installer atau flashdisk/flashdrive windows installer yang sementara anda pakai. Pada saat tampilan install windows, anda jangan langsung mengklik Install terlebih dahulu.

Disini adalah langkah kuncinya, anda harus masuk ke command prompt windows terlebih dahulu. Caranya?? saat tampilan install windows muncul, anda tekan tombol SHIFT dan F10 secara bersamaan di keyboard laptop anda sehingga jendela command prompt atau cmd dapat muncul.

Melalui command prompt ini, kita dapat mengatur disk mana yang sesuai untuk instalasi windows agar tidak terjadi error Windows Cannot be installed to this disk tersebut. Perhatikanlah secara teliti diparagraf dibawah ini.

Anda harus mengetikkan beberapa perintah di cmd tersebut.

Perintah pertama adalah ketikkan DISKPART lalu tekan enter, kemudian ketikkan lagi LIST DISK lalu enter untuk mengeksekusinya sehingga anda akan diperlihatkan list disk yang ada diperangkat tersebut.

Pada kasus admin, terlihat ada tujuh disk (nol hingga enam). Admin akan memilih disk empat (Disk 4) untuk tempat install windows. Jadi, perintah selanjutnya yang anda ketikkan adalah SELECT DISK 4 lalu enter.

Silahkan sesuaikan dengan nomor disk yang anda pilih. Jika anda memilih disk 2, maka perintahnya menjadi SELECT DISK 2 lalu tekan enter untuk eksekusi. Perintah terakhir yaitu ketikkan perintah CLEAN lalu enter sehingga akan ada keterangan Diskpart succeded in cleaning the disk.

Selesai... untuk menutup cmd, anda bisa menggunakan perintah EXIT lalu enter sehingga anda akan kembali ke tampilan install windows. Silahkan lakukan instalasi seperti biasa. Semoga saja keterangan Windows Cannot be installed to this disk tersebut sudah hilang dan button Next-nya bisa berfungsi sehingga anda bisa menyelesaikan proses install.

Jika tetap tidak teratasi, anda bisa mencari tutorial lain di google atau mencoba menggunakan disk lain (SELECT DISK yang di cmd). Jika agan punya trik yang lain dan terbukti berhasil, cobalah untuk berbagi di kolom komentar blog ini.

Sekian artikel singkat saya mengenai Cara Mengatasi Windows Cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...

Tag :

Warning

1 Komentar untuk "Mengatasi Windows Cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style"

Back To Top