Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Partisi Local Disk (C:, D:, E:, F:) Location is not Available saat dibuka

Cara memperbaiki peringatan/pemberitahuan error Location is not available saat membuka partisi di laptop, pc, komputer windows 10, 8/8.1, 7 dan XP - Saya menemukan suatu partisi yaitu partisi Local Disk (E:) yang ketika saya buka, ada peringatan "Location is not available. E:\ is not accessible. Access is denied." Melalui peringatan tersebut, akhirnya partisi tersebut tidak dapat saya lihat dan buka sama sekali karena terproteksi atau diproteksi secara sengaja oleh seseorang, atau bahkan secara tidak sengaja kita memproteksinya karena asal asalan melakukan pengaturan. Kalau untuk admin sendiri, pengaturan tersebut sengaja dibuat agar tidak sembarang orang dapat membuka partisi tersebut. Kalau kita lihat juga partisi dari luar (melalui This PC atau Computer), terlihat Local disk atau partisi yang tidak bisa dibuka tersebut namun sedikit berbeda karena tidak memperlihatkan ukuran file data dari partisi tersebut. Ketika kita klik kanan > Properties pun terliha Use space dan Free spacenya 0 bytes yang artinya kosong melompong. Padahal didalamnya kita ketahui memiliki banyak folder/file penting yang rahasia.

Solusi mengatasi Location is not Available

E:\ is not accessible. Access is denied.
Sebenarnya mau yang C:\ is not accessible, D:\ is not accessible, E:\ is not accessible atau yang F:\ is not accessible dan lainnya sama saja cara kita untuk mengaktifkannya kembali. Tak perlu kita bersusah payah dan tanpa menggunakan software atau aplikasi apapun karena disini admin AmalanKomputer akan membantu anda mengatasi permasalah tersebut. Biasa peringatan tersebut terjadi karena adanya settingan yang dilakukan pada hak akses partisi tersebut melalu Securitynya. Seseorang atau kita sendiri biasanya menghilangkan keseluruhan level user yang dapat full control terhadap partisi tersebut sehingga anda harus menambahkan user apa saja yang bisa mengaksesnya, misalkan user account yang sedang anda pakai saat ini. Jika anda sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui bagaimana cara admin memperbaiki peringatan tersebut agar partisinya dapat kita akses, silahkan ikuti langkah langkah dibawah ini.

Tutorial singkat memperbaiki file folder yang Location is not Available


Hal yang pertama kali anda lakukan adalah soroti dengan meletakan kursor diatas Volume/partisi tersebut lalu klik kanan, pilih Properties. Jendela kecil properties akan muncul, masuk ke tab Security. Nah, ditab security ini seharusnya terlihat user user yang dapat mengakses partisi tersebut. Jika anda hanya melihat beberapa saja atau bahkan tidak ada sama sekali user, klik saja button Advanced. Tab kedua pun muncul dengan nama Advanced Security Settings for Local Disk (E:). Dibagian tulisan Owner : Unable to display current owner, klik tulisan Change disampingnya (klik Yes jika ada pertanyaan). Tab ketiga bernama Select use or Grup muncul, klik button Advanced dibagian bawahnya. Tab keempat bernama Select use or Grup (sama dengan tab ketiga), klik button Find Now dibagian samping kanan lalu cari saja di kotak bagian bawah user account yang sementara anda pakai login windows sekarang ini. Dalam kasus ini, admin menggunakan MRDunggio (MRDUNGGIO/MRDunggio) atau anda pun bisa menggunakan Everyone (untuk semua user). Double click di Everyone tersebut sehingga tab keempat tertutup. klik juga OK di jendela ke tiga juga.

Dijendela kedua, tepatnya dibawah tulisan Owner: Everyone, centang kotak Replace owner on subcontainers and object, lalu klik button Appy. Pada jendela kecil Windows Security yang muncul, isinya berupa pertanyaan. Setujui saja dengan mengklik button Yes. Kalau ada error message (yaitu Error Applying Security), klik saja Continue dan tunggu proses perubahan hak akses tersebut selesai. Jika telah selesai, tutup saja semua tab yang tersisa termasuk tab Properties dengan mengklik button OK. Nah,,,, lihat kembali partisi atau Local Disk yang bermasalah tadi, terlihat ukuran free dari partisi tersebut yang berarti partisi sudah berhasil dan siap untuk digunakan. Klik dan masuk saja ke partisi tersebut. Jika ada pertanyaan, klik saja OK atau Yes dan otomatis anda sudah berhasil masuk dan mengelola partisi tersebut.
Di beberapa kasus, biasanya tab Security di Properties tersebut tidak terlihat atau tidak ada. Hal itu bisa menjadi pertanda bahwa secara sengaja seseorang mengatur Partisi tersebut untuk tidak terlihat dan dikelola oleh siapapun. Namun, dengan mengikuti artikel mengenai tutorial Cara mengatasi tab Security di Properties yang hilang. Silahkan baca dan pelajari tutorial diatas agar permasalahan dapat diatasi. Juga jika anda ingin membuat partisi juga hilang, tidak dapat dibaca, silahkan pelajari juga artikel Cara agar partisi tidak dapat dibuka. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan singkat yang admin AmalanKomputer berikan, semoga artikel yang terbilang singkat ini dapat bermanfaat bagi agan. Jika masih mengalami kebingungan, atau tidak berhasil juga, silahkan bertanya langsung di kolom komentar blog ini. Sekian...
Tag :

Warning

14 Komentar untuk "Mengatasi Partisi Local Disk (C:, D:, E:, F:) Location is not Available saat dibuka"

Waktu mau change owner, keluar window Security "can't open access control editor. Access is denied"
Gimana ya

@Ashimaki sudah di publish juga di blog ini mengenai mengatasi Access is denied mas. Cek aja.

tengkiyu ya min..
sangat membatu..

Thank you ya min, sangat membantu sekali.

data sya hilang semua dahlah memang anjing ini komputer

Alkhamdulillaah bermanfaat.
Matur Nuwuun.

Bermanfaat sekali. Terimakasih

mantap min sangat membantu👍👍👍👍👍

Postingan anda sangat membantu saya. Kapan2 liburan ke Pantai Indrayanti minn, Saya kasih free tiketnya.. sebagai balas budi..😁

@Chandra : Alhamdulillah.... Terimakasih mas.

Terima kasih atas tutorialnya... Sangat bermanfaat

Maaf kak, saya coba tutornya masih belum work 🙏

Working bgt ini, terima kasih banyak ya mas, sehat selalu dan diberikan keberkahan. Aamiin

Back To Top
close