Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi DNS Probe Finished No Internet bad config/nxdomain

Cara mudah memperbaiki peringatan DNS Probe Finished No Internet di laptop, komputer atau pc yang bersistem operasi windows, baik itu windows 10, 8/8.1 hingga Windows 7 dan XP - Mungkin sekarang anda sedang mengalami permasalahan DNS Probe Finished No Internet dimana terjadi pada browser google chrome atau mozilla firefox milik anda. Peringatan ini muncul ketika kita akan mengakses sebuah situs web sehingga menyebabkan perangkat anda tidak ada Internet. Mengapa demikian? hal ini kemungkinan besar terjadi karena anda pernah mengatur IPv4 perangkat anda dengan mengubahnya dari settingan default ke settingan IP yang anda buat. Cara yang paling lazim digunakan adalah dengan mengembalikan settingan tersebut ke settingan default melalui konfigurasi IPv4 tersebut. Anda bisa mengubahnya ke Obtain an IP address automatically dan juga Obtain DNS server address automatically.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi keterangan DNS Probe Finished No Internet tersebut. Disini admin akan memberikan agan tiga tips untuk memperbaiki error tersebut. Ketiga cara ini saya kira sangatlah mudah sehingga bisa dipraktekkan langsung oleh anda walaupun anda seorang yang pemula dalam pengoperasian perangkat sistem operasi windows. Ketiga cara tersebut adalah melalui tool yang serbaguna dari windows yaitu CMD atau Command Prompt, kemudian Penghapusan Cache dan yang ketiga adalah Propertiesnya Internet Protocol v4. Nah, jika anda sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui langkah langkah memperbaiki keterangan DNS Probe Finished No Internet, silahkan simak penjelasan singkat satu demi satu cara yang admin AmalanKomputer.com bagikan kepada anda.

Solusi memperbaiki DNS Probe Finished No Internet bad config/nxdomain


1. Memperbaiki DNS Probe Finished No Internet melalui CMD


Cara Pertama, menggunakan CMD. Disini kita akan menggunakan beberapa perintah yang cukup terkenal untuk mengatasi berbagai permasalahan. Adapun caranya yaitu pertama kali anda buka CMD menggunakan run as administrator. Setelah itu, ketikkan perintah netsh winsock reset lalu tekan tombol enter untuk mengeksekusi perintah tersebut. Winsock anda akan di reset ke settingan default, jika telah selesai prosesnya, silahkan restart komputer anda. Habis restart, konekkan laptop kalian dengan jaringan internet yang dipakai sebelumnya lalu buka lagi CMD kalian dengan mode administrator. Ketikkan beberapa perintah seperti ipconfig /release (tekan enter), ipconfig /renew (tekan enter) dan terakhir perintah ipconfig /flushdns (tekan enter). Ketiga perintah tersebut untuk mereset pengaturan IP Configuration milik anda ke default. Silahkan restart kembali laptop kalian untuk tahap finishing. Semoga cara pertama ini berhasil.

2. Mengatasi DNS Probe Finished No Internet melalui Cache Browser


Cara Kedua, yaitu membersihkan cache browser. Penyebab permasalahan DNS Probe Finished No Internet bisa terjadi karena adanya cache yang mungkin bentrok di browser yang sedang anda gunakan misalkan Google Chrome atau pun Mozilla Firefox. Untuk mengatasinya, anda bisa menghapus cache browser tersebut. Untuk menghapusnya, silahkan buka browser kalian lalu tekan tombol ctrl + shitf + delete secara bersamaan sehingga akan muncul dialog kecil. Jika anda menggunakan Google Chrome, jendela kecil itu bernama Clear browsing data, anda pindah ke tab Advanced lalu di kotak Time range, ubah ke All time. Jika sudah, centang semua pilihan lalu klik button Clear data untuk finishingnya. Untuk Firefox, setelah menekan tombol ctrl + shift + delete, muncul jendela Clear All History. Ubah Time range to clear: menjadi Everything lalu centang semua pilihan dan terakhir, klik button Clear Now. Silahkan restart kembali browser anda lalu gunakan.

3. Solusi DNS Probe Finished No Internet melalui IPv4 Properties


Cara Ketiga, yaitu melalui IPv4 Properties. Silahkan buka IPv4 Properties tersebut dengan cara masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network Connections. Jika anda mengunakan wifi tanpa kabel, klik kanan > Properties aja pada nama driver Wi-Fi atau yang Ethernet (wifi yang pake kabel) sehingga muncul jendela Propertiesnya. Cari tulisan Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), double click aja di tulisan tersebut sehingga jendela IPv4 Properties tersebut muncul. Perhatikan di area agak bawah, pindahkan bulatan ke Use the following DNS server addresses lalu isi Preferred DNS server dengan alamat 208.67.222.222 dan pada Alternate DNS server yaitu 208.67.220.220 lalu klik button OK pada jendela tersebut, dan OK juga pada jendela sebelumnya (gambar penunjuk diatas). Silahkan coba kembali untuk berinternet.
Semoga saja dengan menggunakan ketiga cara yang admin berikan diatas, permasalahan anda mengenai DNS Probe Finished No Internet dapat teratasi dengan baik. Jika permasalahan tetap tidak teratasi, ada baiknya anda lakukan System Restore perangkat anda tersebut ke tanggal sebelum permasalahan tersebut terjadi. Jika agan agan punya solusi lain untuk mengatasinya, silahkan berikan di komentar agar admin dapat menambahkannya di artikel ini. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan admin mengenai mengatasi masalah DNS Probe Finished No Internet di komputer windows sobat, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Tag :

Warning

1 Komentar untuk "Mengatasi DNS Probe Finished No Internet bad config/nxdomain"

Back To Top
close