Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Setting dan Membuka/Menggunakan Email di Mail app pada Windows 10/8/8.1

Cara mudah dan cepat login email gmail, yahoo, outlook, yandex dan lain sebagainya menggunakan App Mail di Laptop, PC atau komputer Windows 10 dan 8/8.1 - Untuk kali ini, admin AmalanKomputer.com akan memberikan anda tutorial singkat yang berisi langkah langkah mudah login atau masuk ke email menggunakan fitur MAIL yang ada di laptop kita yang bersistem operasi windows baik itu windows 8/8.1 atau pun windows 10.

Email ini seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya salah satu surat menyurat yang cukup efektif dalam mengirim atau berbagi file, informasi atau data yang sangat penting. Jika anda seorang mahasiswa, maka email (elektronik mail) ini akan anda selalu gunakan untuk mengirim tugas yang telah selesai kepada dosen yang memberikannya dan menginginkan anda untuk mengirimkannya menggunakan email. Atau bisa saja email ini anda gunakan hanya untuk sekedar registrasi disuatu web, misalkan Facebook atau Twitter.

Di Windows 8/8.1 dan 10, tersedia fitur email yang bisa membantu anda dalam menjawab hal hal tersebut. Fitur tersebut dikemas dalam satu app yang bernama Mail. Anda bisa menemukan app ini dengan mencarinya menggunakan keyword Mail di start windows. Mail ini memiliki tampilan icon yang sangat sederhana dengan logo surat dan background berwarna sedikit biru (Admin tidak terlalu tahu nama nama warna).

Keunggulan dari Mail ini adalah terletak pada efisiensinya. Jika pada umumnya, untuk dapat membuka sebuah email maka anda harus membuka situs web emailnya, misalkan @gmail di gmail.com dan @yahoo.co.id di mail.yahoo.co.id yang berarti setiap jenis email membuka disitusnya langsung maka dengan menggunakan Mail App ini semua jenis email dapat anda buka di App tersebut tanpa perlu login atau logout terlebih dahulu. Nah, bagaimana, anda tertarik untuk menggunakan Mail tersebut? Mari saya ajak anda untuk mempelajari cara login email menggunakan Mail app di Laptop Windows.

Untuk Windows 10, hal yang pertama kali anda lakukan adalah menyambungkan laptop anda dengan koneksi internet misalkan saja dengan WiFi. Jika telah tersambung, masuk saja ke Mail app. Tunggu proses loadingnya lalu klik Account di sub-menu sebelah kiri layar lalu pilih Add Account disebelah kanan monitor. Nah, pada proses selanjutnya yaitu anda pilih layanan email yang akan anda akses misalkan gmail untuk google, outlook untuk outlook.com, yahoo untuk Yahoo Mail dan seterusnya. Misalkan email anda adalah amalankomputer@gmail.com maka anda pilih Google.

Di langkah selanjutnya anda masukan alamat email anda, dalam kasus ini adalah amalankomputer@gmail.com > klik Next. Lalu masukkan password dari email tersebut > klik Next. Nah, laman selanjutnya yang anda lihat adalah pernyataan tentang Make sure you trust Windows. Anda scroll kebawah saja lalu pilih Allow. Pernyataan tersebut hanya akan muncul jika anda menggunakan email selain email akun Microsoft. Selesai!! Jika anda ingin menambahkan akun email baru, klik saja Add Account seperti langkah awal tadi.

Untuk Windows 8 dan 8.1 kurang lebih sama dimana pertama kali yaitu anda harus menyambungkan perangkat laptop atau komputer anda dengan koneksi internet seperti Wifi. Jika telah konek dengan baik, buka Mail app. Langkah langkah selanjutnya adalah sama halnya dengan Windows 10 dimana anda masuk ke Account > Add Account lalu pilih layanan email yang ingin anda akses.

Kemudian masukkan email anda dan password dari email tersebut. Jika anda yakit bahwa semuanya sudah benar, klik saja button Connect yang berwarna biru. Tunggu hingga proses loginnya selesai dan setujui peraturannya. Perlu anda ketahui bahwa saat anda memilih layanan yang akan diakses, perhatikan apakah email tersebut dihost oleh Outlook seperti MSN, Hotmail.com dan Live.com.

Dalam menggunakan Mail app ini, user account laptop anda minimal sudah terkoneksi dengan sebuah akun Microsoft. Kemudian untuk setiap layanan email yang ingin anda akses dan login, maka berarti anda sudah membuat alamat email tersebut di web resminya dan email tersebut aktif sehingga siap digunakan karena di Mail app tidak menyediakan fitur registrasi email disetiap layanan yang ada.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk menggunakan fitur Mail app yang disediakan oleh microsoft yang satu ini? Untuk itu, sampai disini dulu artikel singkat saya mengenai Cara Setting dan Membuka/Menggunakan Email di App Mail pada Windows 10/8/8.1, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika masih mengalami kendala, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Sekian dan berjumpa lagi di artikel yang akan datang.
Tag :

Fitur

0 Komentar untuk "Cara Setting dan Membuka/Menggunakan Email di Mail app pada Windows 10/8/8.1"

Back To Top