Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara menggabungkan partisi harddisk yang Unallocated di Disk Management tanpa Software di Windows 10/8/8.1/7/XP

Tips dan trik atau tutorial menyatukan harddisk yang Unallocated tanpa Aplikasi di laptop, pc atau komputer dengan mudah - Baru baru ini, admin ternyata baru menyadari bahwasanya terdapat unallocated disk atau disk yang tidak terpakai yang cukup besar yaitu sekitar 10GB. Cukup besar untuk menyimpan banyak file atau beberapa film keren. Admin baru menyadari bahwasanya bahwa beberapa bulan sebelum itu, admin membuat partisi baru yang berisi khusus untuk file film yang keren dengan ukuran 10GB. Namun karena admin merasa bahwa partisi tersebut tidak perlu (karena ukurannya juga sangat sedikit), maka admin menghapus partisi tersebut sehingga partisi yang dihapus secara sengaja tersebut malah tertampung ke Unallocated disk. Nah, admin bingung terhadap bagaimana caranya untuk menggunakan unallocated tersebut agar tidak mubazir dan menggabungkannya ke partisi yang terpakai saat ini.

Nah, disini admin AmalanKomputer memberikan tutorial singkat yang berisi langkah langkah untuk menggabungkan partisi yang unallocated tanpa menggunakan sotware apapun melalui Disk Management di laptop, komputer atau pc yang bersistem operasi windows, baik itu windows 10, windows 8/8.1 hingga windows 7 dan XP. Jadi walaupun anda salah satu varian sistem operasi windows tersebut, anda tetap bisa mengikuti langkah langkah dibawah nanti karena langkah langkahnya adalah sama. Namun perbedaannya saja yang mungkin saja terletak pada perbedaan, walau pun tidak signifikan. Nah, kita akan menggabungkan unallocated partisi tersebut langsung melalui Disk Management. Jika anda sudah tidak sabar lagi, silahkan ikuti tutorial Cara menggabungkan partisi harddisk yang Unallocated tanpa Software di Windows 10/8/8.1/7/XP yang saya tulis diparagraf dibawah ini.

Cara mudah meggabungkan harddisk laptop yang Unallocated


Nah, hal yang pertama kali anda lakukan adalah tentu saja membuka disk management laptop anda. Cara singkatnya adalah tekan tombol Win dan R secara bersamaan sehingga kotak run muncul, ketik saja perintah diskmgmt.msc di kotak tersebut lalu tekan tombol enter atau mengklik button OK sehingga jendela fitur Disk Management tersebut terbuka. Nah, lihat dibagian Disk 0 (kolom bawah) yang berkotak warna hitam tebal bagian garis atas. Disana terdapat ukuran dari Unallocated partisi tersebut. Pada kasus admin, terlihat ukurannya sebesar 9.77GB. Disini admin akan menggabungkannya ke Local Disk D:. Mengapa admin memilih partisi D:\?? Hal ini dikarenakan asal partisi Unallocated tersebut sebelumnya diambil dari volume D:\. Untuk kasus anda, ingat ingat terlebih dahulu kalau asal Unallocated tersebut berasal darimana.


Sehingganya, dibagian D:\ (yang warna coklat tua garis atasnya) saya klik kanan lalu pilih Extend Volume. Disana akan muncul kembali jendela baru. Didalam jendela tersebut anda akan melihat dua kotak yaitu kotak Available dan Selected. Disana juga akan terlihat informasi berupa Total volume size in megabytes (MB) dan Maximum available space in MB. Nah, dibagian Select the amount of spaces in MB, masukkan saja ukuran (MB) yang anda ingin pakai. Ukuran maksimum yang bisa dipakai terletak diinformasi atas. Pada kasus admin, maksimum yang bisa dipakai adalah 9999MB sehingga yang saya pakai tersebut adalah ukuran maksimumnya. Jika telah selesai, klik Button Next hingga proses selesai. Kira kira hanya beberapa detik lamanya tergantung seberapa besar ukuran Unallocated disk tersebut. Selesai... Silahkan anda buka file berkas (Windows Explorer) laptop anda dan lihat partisi intinya telah bertambah ukurannya.

Tutorial sederhana dan cepat menyatukan partisi yang Unallocated


Bagaimana? sangat mudah bukan tutorial Cara menggabungkan/menyatukan partisi harddisk yang Unallocated tanpa Software di Windows 10/8/8.1/7/XP. AmalanKomputer juga mempunyai artikel yang membahas hal yang sama yaitu Cara menggabungkan Unallocated di Disk Management menggunakan Aplikasi. Silahkan anda baca dan pelajari artikel tersebut. Diartikel tersebut saya menggunakan aplikasi AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master. Untuk itu, sampai disini dulu artikel singkat saya mengenai trik menyatukan partisi yang unallocated, semoga artikel yang singkat ini bisa bermanfaat bagi anda. Jika masih mengalami kebingungan, silahkan bertanya di kolom komentar. Sekian...
Tag :

Tutorial

2 Komentar untuk "Cara menggabungkan partisi harddisk yang Unallocated di Disk Management tanpa Software di Windows 10/8/8.1/7/XP"

thanks gan

Hallo gan terima kasih tutorialnya,
oiya saya coba di virtual box tapi ketika klik kanan pilihan 'Extend Volume' nya tidak aktif gan, kira2 bagaimana ya? terima kasih

Back To Top