Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Menggabungkan Unallocated di Disk Management pakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master

Cara, tips dan trik tutorial mengenai langkah langkah menggabungkan atau menyatukan partisi harddiks yang Unallocated di Disk Management menggunakan software AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master - Nah, jika anda menemukan Unallocated di fitur Disk Management, maka berarti ada memori yang tidak terpakai di disk anda. Anda ingin menggunakan memori yang tidak terpakai tersebut dengan menggabungkannya di suatu partisi inti yang terpakai namun sekarang anda belum mengetahui caranya. Nah, disini saya akan memberikan langkah langkahnya mudah menggunakan laptop, pc atau komputer yang bersistem operasi windows seperti windows 10, 8/8.1 hingga windows 7 dan XP dengan menggunakan dua aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga yaitu bernama AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master.

Cara pakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master untuk menggabungkan Unallocated partisi


Di artikel sebelumnya, telah saya bahas mengenai Cara menggabungkan Unallocated di Disk Management tanpa software yang dapat anda baca di tautan artikel tersebut. Namun jika anda rasa caranya cukup ribet, maka anda pun dapat menggunakan teknik ini yaitu menggunakan software AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master. Sehingganya, anda terlebih dahulu mendownload salah satu software yang saya sebutkan diatas dengan mencarinya di google atau langsung ke situs resminya. Disini juga admin AmalanKomputer menyediakan link link langsung terhadap download aplikasi tersebut. Nah, jika anda sudah sangat penasaran terhadap artikel ini, silahkan baca tutorial singkat saya mengenai Cara menggabungkan Unallocated di Disk Management memakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master.

Menyatukan Unallocated partisi menggunakan EaseUS Partition Master


Cara pertama menggunakan aplikasi EaseUS Partition Master. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui google atau melalui link http://www.mediafire.com/file/4pm9l8mnpb1n1pa/EaseUS_Partition_Manager_13.0_-_Anonytun.com.rar/file di browser kalian. Setelah di download, kemudian install aplikasi tersebut hingga selesai. Jika telah selesai di install, buka dan jalankan aplikasinya sehingga anda akan melihat keseluruhan partisi aktif hingga Unallocated tersebut. Pilih partisi mana yang ingin anda tambahkan dengan mengambil kapasitas memori Unallocated tadi lalu klik Resize/Move. Langkah selanjutnya anda geser saja slider yang terletak disebelah kanan sehingga Unallocated tersebut akan menghilang karena telah dipindahkan atau ditambahkan ke partisi yang diinginkan. Nah, proses tadi akan masuk ke antrian, silahkan eksekusi saja dengan mengklik antriannya untuk segera diproses. Selesai. Silahkan cek apakah Partisi yang ditambahkan tadi telah bertambah ukuran memorinya.

Menggabungkan partisi yang Unallocated menggunakan AOMEI Partition Assistant


Cara kedua yaitu menggunakan software AOMEI Partition Assistant. Silahkan anda download saja aplikasinya melalui link http://www.aomeitech.com/aomei-partition-assistant.html lalu menginstal aplikasi tersebut jika telah terdownload. Jika sudah terinstall, buka dan jalankan software AOMEI Partition Assistant tersebut sehingga akan muncul tampilan seluruh partisi yang ada termasuk unallocated disk space tadi. Unalloacated tersebut ingin anda gabungkan ke partisi E:\ sehingganya anda klik partisinya lalu klik Resize. Langkah selanjutnya adalah geser slider ke kanan untuk menambahkan volume space ke E:\ tadi lalu tekan button Apply lalu OK yang terletak dipojok kiri atas aplikasi. Sampai disitu penggabungan unallocated di disk management tersebut berhasil dilakukan menggunakan software AOMEI Partition Assistant.

Bagaimana? sangat mudah bukan tutorial Menggabungkan Unallocated di Disk Management pakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master? saran saya, gunakan jarigan wifi untuk mendownload salah satu aplikasnya jika anda sedang miskin kuota internet.  Namun saya rasa anda bisa menggunakan data kuota anda karena aplikasinya terbilang cukup kecil dimana EaseUS Partition Master sekitaran 30an MB saja. Jika anda masih mengalami kebingungan atau masih belum paham terhadap artikel tutorial tersebut, silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang telah saya sediakan dibawah ini. Sekian....
Tag :

Tutorial

1 Komentar untuk "Menggabungkan Unallocated di Disk Management pakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master"

untuk menggabungkan unallocated dengan partisi lain, apa harus selalu unallocated berposisi di sebelah kanan?

Back To Top
close