Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengaktifkan/Membuka Telnet di Laptop Windows 10/8/8.1/7/XP

Tips, trik dan langkah langkah cara jitu membuka Telnet Client atau Telnet Server di komputer atau pc windows 10, 8/8.1, 7 dan XP via CMD atau pun Control Panel (Windows Features) - Di sistem operasi windows telah telah tersedia secara otomatis fitur Telnet di perangkat anda tersebut. Namun ketika kita melakukan pencarian fitur tersebut, kita tidak akan menemukannya. Mengapa demikian? Karena bawaan telnet windows tersebut secara sengaja di disable (dinonaktifkan) fitur tersebut sehingga mau tidak mau, kalau kita ingin menggunakannya harus mengaktifkan secara manual terlebih dahulu. Nah, disini admin AmalanKomputer telah menyediakan berbagai macam cara untuk mengaktifkan fitur telnet, baik itu telnet client dan telnet server. Cara ini dapat anda ikuti diberbagai varian sistem operasi windows milik anda seperti windows 10, windows 8/8.1, windows 7 dan XP. Untuk sistem operasi selain windows seperti Linux/Ubuntu atau pun Mac, belum bisa admin berikan disini.

Sebelum kita membuka kedua jenis telnet tersebut, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu apa sih yang dinamakan dengan Telnet. Telnet ini merupakan singkatan dari Telecommunication network yaitu suatu protokol jaringan komputer yang biasanya digunakan pada Local Area Networkin (LAN) atau internet yang memberikan fasilitas komunikasi yang berbasis teks interaksi dua arah. Telnet client adalah protocol yang biasa anda gunakan ketika dimana anda dalam posisi sebagai client sedangkan Telnet server dimana anda bertindak sebagai Server. Nah, disini admin akan memberikan anda bagaimana cara cepat membuka kedua jenis telnet tersebut. Ada dua cara yang biasa anda gunakan yaitu melalui CMD dan juga melalui Windows Features. Jika anda sudah sangat penasaran, silahkan simak tutorial singkat dibawah ini.

Cara aktifkan Telnet yang pertama adalah melalui CMD dimana pertama kali yang anda lakukan adalah masuk ke CMD (Command Prompt). Untuk mengaktifkan fitur Telnet Client, silahkan ketikkan perintah pkgmgr /iu:"TelnetClient" (pakai tanda kutip) lalu tekan tombol Enter. Selanjutnya untuk mengaktifkan fitur Telnet Server, caranya pun sama yaitu ketikkan perintah pkgmgr /iu:"TelnetServer" (pakai tanda kutip) lalu enter sehingga fitur tersebut aktif. Untuk mengetes apakah Telnet sudah aktif, tulis perintah telnet lalu tekan tombol enter di keyboard. Jika tidak ada yang error seperti 'telnet' is not recognize...., maka fitur telnet anda tersebut sudah berfungsi. Kemudian juga silahkan lakukan pencarian dengan keyword "Telnet" (tanpa tanda kutip), Anda akan menemukan fitur tersebut ber-icon monitor pc dan CPUnya. Silahkan restart (nyalakan kembali) laptop atau komputer anda agar fitur telnet tersebut dapat berjalan dengan baik dan secara maksimal tanpa mengalami error atau gangguan.

Cara aktifkan Telnet yang kedua adalah melalui Windows Features yang dapat kita temukan melalui Control Panel. Jadi silahkan anda masuk ke Control Panel. Jika anda sudah masuk ke Control Panel, silahkan pilih dan klik Programs sehingga anda akan melihat beberapa menu dan sub-menunya. Perhatikan dibagian menu Programs and Features. Di sub-menunya, klik saja tulisan Turn Windows features on or off yang ada tanda/icon proteksi. Akan terbuka jendela kecil yang bernama Windows Features yang anda tuju tersebut berisi program program fitur apa saja yang ada di laptop anda baik itu yang di enable atau pun yang masih di disable. Silahkan cari saja kedua fitur Telnet tersebut dibagian sedikit agak bawah dan saling berurutan. Jika sudah ditemukan, centang kedua fitur tersebut lalu klik button OK. Jika anda melakukan pencarian terhadap fitur Telnet tersebut, anda sudah bisa menemukannya di hasil pencarian fitur tersebut.


Coba anda buka fitur telnet dihasil pencarian tersebut akan terbuka layar semacam CMD (Command Prompt) dengan path program C:\Windows\System32\telnet.exe dan akan ada ucapan Welcome to Microsoft Telnet Client. Untuk melihat perintah yang bisa anda gunakan, tulis saja help atau hanya huruf h lalu enter. Akan terlihat perintah perintah dasar yang bisa anda gunakan. Anda juga sekarang dapat langsung menggunakan Telnet di CMD dengan hanya menekan perintah Telnet lalu enter di keyboard laptop anda tanpa perlu lagi mencari fiturnya. Nah, bagaimana? Sangat mudah bukan kedua cara yang saya berikan tersebut mengenai membuka fitur telnet di laptop anda? Jika anda masih merasa kebingungan atau mengalami kegagalan terhadap artikel Cara Mengaktifkan/Membuka Telnet di Laptop Windows 10/8/8.1/7/XP, silahkan bertanya langsung di kolom komentar. Sekian...
Tag :

Fitur

1 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan/Membuka Telnet di Laptop Windows 10/8/8.1/7/XP"

kok gabisa ya tetep error padahal udah dicoba berkali kali

Back To Top
close