Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara kendalikan laptop orang dari jauh pakai Remote Desktop Connection

Tutorial mudah mengendalikan pc atau komputer orang lain dari jarak jauh menggunakan remote desktop connection Windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 - Anda pasti sudah paham tentang fitur Remote Desktop yang disediakan oleh Windows OS dapat kita gunakan untuk me-remote atau mengendalikan suatu perangkat lain yang terhubung kedalam suatu jaringan.

Jadi jika anda berhasil melakukan remote desktop ini, maka anda akan berasa seperti jadi seorang h@cker terkenal dalam film film yang booming.

Untuk melakukan remote desktop ini pun dapat saya katakan sangatlah mudah! Anda yang masih seorang pemula pengguna sistem operasi windows pun akan dapat melakukan cara ini.

Saya akan membantu anda step by step secara perlahan dalam melakukan kendali jarak jauh suatu perangkat milik orang lain melalui perangkat yang anda gunakan baik itu pc, komputer atau pun laptop.

Pertama kali anda lakukan untuk Laptop target adalah dengan mencatat Computer name dan Username untuk user account laptop tersebut.

Untuk mengecek Computer name:

  • Masuk ke file explore (Windows Explorer) dengan menekan tombol Win dan E secara bersamaan atau mengklik logo Folder.
  • Lihat tulisan This PC (untuk windows 11, 10 dan 8/8.1) atau Computer (untuk windows 7, XP dan Vista) lalu arahkan kursor di atas tulisan tersebut lalu klik kanan dan pilih Properties.
  • Lihat disana untuk computer name anda. Dalam kasus ini, computer name admin bernama Mrdunggio.

Selanjutnya kita lihat user account yang sedang anda pakai.

  • Klik start dan lakukan pencarian dengan kata User Account.
  • Jika anda menemukan hasil pencarian yang bernama User Accounts, klik aja hingga anda akan masuk ke jendela tersebut.
  • Lihat di foto profile user tersebut, akan terlihat nama user yang sementara anda pakai.

Catat saja agar tidak lupa. Untuk kasus admin, user accountnya bernama MRDunggio. Jika user account anda belum memiliki password login (password yang digunakan sebelum login di windows), silahkan anda atur terlebih dahulu.

Langkah kedua yaitu kita koneksikan laptop pengendali dan laptop yang dikendali (laptop target) kedalam suatu jaringan internet, sangat direkomendasikan koneksi LAN atau wifi satu tempat atau jaringan yang sama.

Untuk komputer target, silahkan catat lagi alamat IPnya dengan cara:

  • Masuk ke cmd (Command propmt) di laptop target
  • Tulis perintah ipconfig lalu enter sehingga anda akan melihat IPv4 (Autoconfiguration IPv4 Address).
  • Catat IP tersebut.

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur remote desktop dikedua laptop (laptop target dan laptop pengendali) tersebut. Silahkan baca dan pelajari caranya di artikel Cara membuka Remote Desktop Connections di Laptop dengan mengklik tatutan/link teks tersebut. Caranya sangat singkat untuk anda lakukan.

Cara kendalikan laptop orang dari jauh via Remote Desktop Connection


Jika sudah terbuka, kemudian lanjut ke langkah terakhir di artikel paragraf dibawah ini.

Langkah terakhir:

  • Tekan tombol Win dan R secara bersamaan sehingga kotak run kecil yang terletak disebelah kiri sudut bawah muncul dilayar
  • Tulis perintah mstsc dan tekan enter sehingga jendela kotak kecil yang bernama Remote Desktop Connection pun muncul.
  • Klik tulisan Show Options sehingga kotak tersebut akan terbuka memanjang.
  • Pada kolom komputer isi dengan IP yang telah anda catat dari cmd tadi.
  • Pada kolom username, isi dengan Computer name yang anda dapatkan.
  • Klik button Connect dan dialog kecil akan muncul dengan tulisan Enter your credentials.
  • Masukkan saja password dari user login windows target tersebut lalu klik OK.
  • Jika ada dialog lagi yang muncul dengan tulisan The identity of the remote cannot be verified. Do you want to connect anyway?, klik saja Yes sehingga anda akan tersambung denga komputer atau laptop yang ingin dikendalikan.

Selesai keseluruhan langkah langkah yang saya berikan.

Untuk selanjutnya cara pemakaiannya sama saja dengan anda memakai laptop anda secara normal. Apapun yang anda lakukan di laptop kendali akan terjadi dilaptop yang dikendalikan. Jadi sama saja dengan anda mengendalikan laptop target dengan menggunakan atau berhadapan langsung.

Sebenarnya masih ada cara lain untuk remote desktop ini, misalkan saja dengan menggunakan software TeamViewer, namun langkah langkahnya juga sedikit lebih panjang dibandingkan dengan langkah langkah yang diberikan di fitur Windows OS yang bernama Remote Desktop Connection.

Jika anda masih mengalami kebingungan, atau tidak paham langkah langkahnya yang sangat panjang, silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang telah saya sediakan dibawah ini. Sekian...

Tag :

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara kendalikan laptop orang dari jauh pakai Remote Desktop Connection"

Back To Top