Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Membuka/Memberi Akses Remote Desktop di Laptop Windows 10/8/8.1/7

Tips dan trik memberikan ijin akses Remote Desktop di Komputer atau PC windows 10 , 8/8.1 dan windows 7 dengan sangat mudah - Kali ini admin AmalanKomputer akan memberikan tutorial mengenai langkah langkah untuk membuka remote desktop di perangkat kalian dengan mudah. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya dengan memberi atau membuka akses terhadap fitur yang satu ini membuat laptop atau perangkat kita dapat diakses oleh orang lain menggunakan perangkat lain. Maksudnya misalkan, laptop anda diakses atau dikendalikan oleh orang lain menggunakan laptop yang lain. Singkatnya laptop A dikendalikan oleh laptop B. Nah, sangat keren bukan? Anda dapat mengendalikan sebuah perangkat dari jarak jauh menggunakan koneksi internet. Dengan fitur ini pun anda dapat memantau perangkat lain tanpa sepengatahuan pengguna dan sangat cocok untuk jenis pekerjaan yang membutuhkan sistem Client - Server.

Oh ya, di artikel ini hanya akan membahas pengaturan yang harus kita lakukan terhadap komputer atau laptop yang nantinya akan kita kendalikan. Jadi untuk perangkat yang mengendalikan bukan disini artikelnya. Saya telah memberikan artikel Cara Mengendalikan Komputer lain menggunakan Remote Desktop yang dapat anda pelajari melalui tautan tersebut. Nah, disini ada beberapa langkah yang harus kita lakukan agar remote desktop dapat aktif di perangkat tujuan. Misalkan saja langkah yang pertama adalah membuka akses di remote desktop dan juga memberi ijin dari Windows Firewall. Saya akan membahasnya dengan sangat mudah agar anda dapat mengerti dan mengikuti langkah langkah yang saya sediakan. Setiap pengguna versi windows terbaru dibawah ini saya menyediakan tutorialnya secara terpisah. Jadi silahkan simak selengkapnya mengenai cara kasih akses Remote Desktop di komputer tujuan.

Untuk pengguna Windows 10 dan windows 8/8.1, hal yang pertama yang anda lakukan adalah membuka akses remote desktop tersebut. Caranya adalah cari di kolom pencarian dengan keyword "Allow remote to access to your computer" sehingga anda akan melihat hasil  Allow remote to access to your computer, klik saja tulisan tersebut. Akan muncul jendela baru yang bernama System properties dimana anda berada di tab Remote. Selanjutnya dibagian Remote Desktop, pindahkan bulatan hitam ke Allow remote connections to this computer. Nah, dikotak bawahnya dengan pernyataan 'Allow connections only form computers runiing Remote Desktop with Network Level Authentication (Recommended)' bisa anda centang atau anda hilangkan centang. Jika telah selesai, silahkan tekan button Apply kemudian OK.


Langkah selanjutnya adalah mengijinkan Remote tadi di windows firewall. Buka windows firewall anda. Jika tidak ditemukan, silahkan cari di kolom pencarian. Jika firewall sudah terbuka, perhatikan di sub-menu sebelah kiri, silahkan klik tulisan Allow and app or feature through Windows Firewall. Terbuka tab baru, silahkan klik button Change settings. Scroll hingga kebawah untuk menemukan fitur Remote Desktop lalu centang fitur tersebut untuk mengijinkan. Setelah semuanya selesai, klik button OK sehingga anda akan kembali lagi ke jendela utama Windows Firewall tersebut. Sampai disini Remote desktopnya telah aktif untuk settingan di laptop, komputer atau pc windows 8/8.1 dan windows 10. Silahkan anda pergunakan dengan sebaik mungkin.

Untuk pengguna Windows 7, XP, Vista hingga Windows Server 2008 caranya kurang lebih sama yaitu mengaksesnya dari fitur remote juga dimulai dengan tekan tombol Win dan E secara bersamaan untuk membuka Windows Explorer. Anda akan melihat data C:, data D:, dan seterusnya. Arahkan saja kursor anda tepat diatas tulisan Computer dan pilih Properties. Anda akan masuk ke jendela System properties seperti pada cara untuk windows 8 dan 10 tadi. Buka saja tab paling ujung yaitu Remote. Nah, dibagian Remote Desktop, pindahkan bulatan ke Allow users to connect remotely to this computer atau/dan tulisan Allow connections from computers running any version of Remote Desktop (less secure). Jika telah selesai, klik button Apply lalu OK. Nah, untuk Windows Firewall sama saja pengaturannya dengan pengaturan windows firewall di windows 10 dan 8/8.1 tadi. Pelajari saja di paragraf atas sana. Nah, kini perangkat atau laptop anda sudah siap untuk dikendalikan. Sekian artikel dari admin AmalanKomputer, semoga bermanfaat. Sekian...
Tag :

Fitur

0 Komentar untuk "Cara Membuka/Memberi Akses Remote Desktop di Laptop Windows 10/8/8.1/7"

Back To Top
close