Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara membuat Restore Point dengan CMD dan PowerShell win 10, 11, 8, 7

Tutorial membuat Restore Point menggunaan Command prompt dan PowerShell di pc, komputer dan laptop windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 dengan mudah - Restore Point atau Titik Pemulihan harusnya dibuat secara rutin, khususnya bagi yang suka melakukan tweaking pada sistem operasi Windows. Dengan begitu akan terbuat ‘cadangan’ sistem jika melakukan kesalahan.

Cara membuat Restore Point dengan CMD / PowerShell adalah yang cara paling umum digunakan dan akan admin AmalanKomputer.com akan berikan kepada anda..

Cara membuat Restore Point

Pengguna komputer atau laptop sering kali kesulitan mengatasi kendala yang terjadi, seperti misalnya ketika membuat Restore Point. Padahal, bilamana diketahui cara membuatnya sangat mudah. Nah, untuk mengetahui caranya, berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Membuat Restore Point dengan Command Prompt

Command Prompt atau disingkat CMD adalah bagian penting dan inti dari sistem operasi Windows, yang memberi berbagai perintah pada komputer. Tanpa perlu menavigasi program seperti File Explorer atau Control Panel. Perintah disampaikan dalam bentuk tulisan yang diketikkan pengguna untuk menyelesaikan masalah pada OS Windows, termasuk Restore Point.

Adapun untuk cara mudah membuat restore point di cmd sebagai berikut:

  • Buka CMD sebagai administrator
  • Ketik perintah Wmic.exe /Namespace:\\root\default Path SystemRestore Call CreateRestorePoint "My Restore Point", 100, 12
    Cara membuat Restore Point dengan CMD dan PowerShell win 10, 11, 8, 7
  • Tekan tombol Enter untuk eksekusi perintah dan tunggu sejenak sampai prosesnya selesai.

2. Membuat Restore Point menggunakan PowerShell

PowerShell adalah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Microsoft. Fungsinya adalah membantu administrator sistem untuk membuat script otomatisasi tugas mengelola sistem operasi.

Cara membuat restore point dengan PowerShell adalah:

  • Buka PowerShell sebagai administrator
  • Ketik perintah powershell.exe -ExecutionPolicy Bypass -NoExit -Command "Checkpoint-Computer -Description "MyRestorePoint" -RestorePointType "MODIFY_SETTINGS""
  • Kemudian tekan tombol enter untuk eksekusi program
  • Tunggu sampai proses selesai.

Seharusnya restore point sudah berhasil di buat dengan mengikuti dua cara di atas. Tapi untuk meyakinkannya bisa diperiksa dengan cara berikut:

  • Tekan tombol Win dan R pada keyboard
  • Ketikkan rstrui di kotak run tersebut lalu klik tombol OK.
  • System restore akan terbuka dan menampilkan restore point telah berhasil dibuat.
  • Ingatlah bahwa restore point hanya bisa digunakan sekali dalam 24 jam.

Manfaat Restore Point bagi pengguna windows

Restore point atau titik pemulihan membuat komputer kembali ke titik waktu sebelum terjadi kesalahan misalnya saat memasang aplikasi atau driver baru. Restore point tidak akan mengembalikan data pribadi yang sudah dihapus tapi yang memang ada tidak akan hilang. Intinya hanya mengembalikan ke keadaan awal sebelum terjadi reset atau kerusakan program.

Bagi pengguna yang jarang atau merasa malas melakukan back-up data, memiliki restore point akan membantu jika terjadi error agar tidak perlu memasang ulang semua data. Nah, setelah tahu cara membuat Restore Point dengan CMD / PowerShell, maka berikut adalah manfaat Restore Point:

  1. Bisa mengatasi error setelah pemasangan aplikasi. Terkadang pemasangan aplikasi atau driver baru malah membuat error atau kerja komputer lambat akibat. Dengan restore point semua file dan pengaturan dari aplikasi tersebut akan terhapus bersih dibandingkan dengan ‘uninstall’ secara manual.
  2. Dapat mengatasi error setelah menghapus program. Error juga kadang terjadi setelah menghapus program karena ingin mengosongkan ruang dengan menghapus aplikasi. Dengan restore point komputer kembali pada keadaan saat error belum terjadi.
  3. Mampu mengatasi error yang tidak diketahui penyebabnya. Terkadang pengguna komputer bingung karena terjadi error tanpa diketahui penyebabnya. Dengan adanya restore point maka komputer bisa kembali pada saat error belum terjadi sehingga bisa difungsikan.

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat restore point dengan CMD / PowerShell dan manfaatnya. Restore point ini penting sekali untuk menyelamatkan data yang tersimpan agar saat terjadi error karena penyebab apapun, data tetap terselamatkan. Karena komputer bisa kembali pada keadaan sebelum terjadinya error tanpa perlu tindakan lain yang lebih rumit.



Acome Speaker Bluetooth 5.0 Jam Alarm LED Display Ultra Bass Garansi Resmi 1 Tahun A5 PESAN DI SHOPEE HANYA 93 RIBU!
Tag :

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara membuat Restore Point dengan CMD dan PowerShell win 10, 11, 8, 7"

Back To Top