Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

7 cara membuat PPT yang menarik di PC/Laptop paling cepat dan mudah

Apakah Anda merupakan salah satu orang dari sekian banyak pengguna PowerPoint? Jika iya, tentu Anda tidak mau melakukan presentasi dengan desain atau tampilan yang biasa-biasa saja. Maka dari itu, perlunya anda harus mengetahui mengenai cara membuat PPT yang menarik di PC agar para audiens atau penonton pun tertarik untuk melihat.

Disini admin AmalanKomputer.com akan memberikan anda beberapa tips dan cara yang bisa anda terapkan dalam pembuatan powerpoint yang menarik di laptop windows 11, 10, 8/8.1 dan 7. Simak penjelasan dibawah ini!

Cara buat Power Point yang menarik Audiens

Bagi setiap pemula hingga orang yang sering menggunakan power point, terdapat banyak sekali trik menarik agar bisa membuat desain dari PPT semakin bagus. Inilah ulasan lengkapnya:

1. Membuat Killer Opening Slide

Untuk cara yang pertama, anda bisa membuat slide killer opening. Fitur satu ini menjadi tahapan pembuka dalam presentasi sehingga mampu mengundang banyak perhatian. Hal ini dikarenakan pada awal penyampaian materi menjadi suatu kesempatan agar bisa mampu menarik perhatian semua audiens di dalam ruangan.

Jangan pernah lupa untuk memakai gambar yang terlihat sangat menarik, unik serta punya warna mencolok tapi masih cukup enak ketika dipandang. Istilahnya tidak berlebihan hingga terlihat alay. Pada saat awal presentasi jika bagus, tentu orang pun akan semakin tertarik agar memperhatikan setiap penjelasan Anda.

2. Pakai Tema yang sudah custom

Cara membuat PPT yang menarik kedua adalah dengan menggunakan theme custom. Pastinya layanan Microsoft akan punya tema built-in, sehingga bisa digunakan secara gratis. Namun ketika ingin sesuatu yang beda, bisa menggunakan versi premium.

Dengan adanya tema seperti ini pasti akan mendukung PowerPoint agar terlihat semakin lebih bagus. Sebab bukan hanya sekedar seperangkat warna ataupun font yang menarik. Skema seperti ini telah dihadirkan dengan gagasan dalam mendesain slide.

3. Gunakan Slide Master

Anda sangat disarankan untuk menggunakan master slide yang anda punya. Tujuannya adalah agar bisa menjaga konsistensi dari elemen slide, mulai dari font, gaya tulisan, warna latar belakang dan lain sebagainya. Dengan adanya slide master, setiap pengguna juga bisa lebih hemat waktu dikarenakan mampu memberi template sesuai selera.

Maka dapat diartikan, setiap pengguna yaitu anda tidak perlu lagi mengeluarkan energi banyak hanya untuk melakukan pengeditan pada setiap slide. Pada langkah pembuatan ini bisa ditemukan pada menu view.

4. Bisa pakai Built-in Slide Layouts

Tips ke empat selanjutnya adalah anda bisa menggunakan Built-in slide layout. Ketika Anda punya waktu luang maka bisa membuat desain dari slide presentasi satu persatu dengan memakai fitur layout. Di dalam tema PPT, setiap pengguna bisa menemukan banyak sekali layanan ini.

Layout sendiri merupakan desain slide custom, jadi siapapun dapat membuat sendiri sesuai dengan keinginan. Anda bisa merancang sendiri sesuai dengan keinginan atau pun permintaan orang.

5. Pakai aturan skema warna

Anda tentunya tidak mau ppt terlihat banyak warnyanya melebihi jumlah warna pelangi yang mengakibatkan ppt anda terlalu lebay. Pemakaian dari skema warna sangat cocok agar bisa menciptakan keharmonisan ataupun profesionalitas ketika menyampaikan materinya. Dengan begitu slide yang dibuat bisa memiliki tampilan menarik, dan secara otomatis para audiens melihat presentasi.

7 cara membuat PPT yang menarik di PC/Laptop paling cepat dan mudah - pakai aturan skema warna

Pemakaian dari skema warna ini bisa di gunakan secara gratis. Sebab aplikasi office power point telah menyediakannya.

6. Gunakan Stunning Visuals

Tips ke enam adalah anda juga bisa menggunakan stunning visual.

Bisa dikatakan jika PPT merupakan media untuk melakukan komunikasi visual. Jadi ketika anda menggunakan gambar diagram atau penunjuk secara langsung akan mampu membuat para audiens lebih paham dalam penyampaian maksud informasinya.

7 cara membuat PPT yang menarik di PC/Laptop paling cepat dan mudah - gunakan stunning visual

Kemudian Anda pun juga dapat memakai gambar kreatif yang bisa memancing rasa ingin tahu hingga menarik perhatian para audiens serta membuat mereka memperhatikan setiap kelanjutan dari penyampaian ide ataupun materi yang sedang anda sampaikan tersebut.

7. Pakailah gambar dan video berkualitas

Jika punya materi serta penyampaian yang bagus namun materi tersebut tidak diiringi dengan adanya gambar maupun video, rasanya akan sedikit hambar, dan mungkin bahkan tidak bisa menarik minat para audiens. Hal ini dikarenakan  materi anda akan terlihat sangat membosankan.

Langkah ketujuh ini bisa dikatakan paling tepat yaitu anda bisa membuat suatu video maupun foto di dalam slide persentasi anda. Perhatikan juga kualitas dari gambar atau video terseubt. Pilih kualitas tinggi sehingga tidak akan pecah ketika dilihat pada layar lebar.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat PPT yang menarik di PC. Beberapa tips diatas itu bisa membuat tampilan presentasi anda tidak akan monoton. Semoga bisa membantu. Sekian...

Tag :

Tips

0 Komentar untuk "7 cara membuat PPT yang menarik di PC/Laptop paling cepat dan mudah"

Back To Top