Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi PPSSPP Black Screen (Layar hitam)

Cara mengatasi dan memperbaiki Ppsspp Black Screen dengan mudah dan cepat - PPSSPP merupakan emulator PSP dengan berbagai macam sistem operasi. Hal ini sangat berguna karena dapat dipakai untuk memainkan game dengan jauh lebih nyaman dan tentunya permainan terasa lebih asik karena adanya dukungan fitur ini terbilang cukup banyak.

Ditambah lagi, PPSSPP cocok dipakai pada gadget maupun komputer tanpa memerlukan spek yang tinggi. Namun terlepas dari itu, tidak jarang terjadi gangguan yang bisa anda dapati sehingga anda mencari beragam cara mengatasi ppsspp black screen.

Langkah mudah memperbaiki Ppsspp yang Black Screen

Pada saat PPSSPP mengalami black screen, tentu membuat para pengguna tidak nyaman, apalagi jika anda tengah bermain game.

Lalu bagaimana cara dalam mengatasinya? Berikut ini merupakan penjelasan lengkap yang admin AmalanKomputer.com berikan kepada anda.

Solusi 1 : Reinstall PPSSPP


Anda bisa mencoba melakukan unistall kemudian kembali reinstall ppsspp, dimana cara ini mungkin saja bisa membantu dalam mengatasi file sistem ppsspp yang mengalami corrupt. Data corrupt bisa saja terjadi dikarenakan proses penginstalan tidak berjalan dengan sempurna.

Mengenai cara melakukan reinstall dari ppsspp ini terbilang cukup mudah. Untuk handphone android, anda hanya perlu uninstall kemudian mendownload kembali melalui play store. Sedangkan pada perangkat pc, laptop atau komputer, Anda langsung saja menuju ke situs resmi ppsspp. Sangat disarankan untuk update varian terbaru. Hal ini bertujuan agar kompatibilitas sistem bisa meningkatkan.

Solusi 2 : Restart PPSSPP


Permasalahan permainan yang mengalami black screen pada PPSSPP terkadang dapat hilang ketika menggunakan cara restart perangkat yang sedang anda gunakan. Caranya pun juga cukup mudah, Anda hanya perlu menutup emulator ppsspp yang anda gunakan tersebut. Tunggu beberapa saat, lalu buka kembali.

PPSSPP Black Screen - restart ppsspp

Apabila kondisinya sudah kembali seperti semula, hal tersebut mengindikasikan adanya error ketika loading game yang berakibat permainan pun tidak dapat menampilkan gambar sama sekali. Cara ini memiliki tujuan agar bisa memastikan jika prosesnya bisa sempurna oleh PPSSPP.

Jika tetap tidakb isa, anda harus mematikan perangkat pc atau hp yang sedang anda pakai lalu menghidupkan kembali dan menjalankan ppsspp tersebut. Semoga saja bisa kembali normal

Solusi 3 : Lakukan Upgrade Gadget ke yang Lebih Bagus


Pada setiap permainan yang akan dijalankan oleh emulator ini pasti punya minimal spesifikasi berbeda yang tidak bisa dianggap sama rata. Contohnya saja untuk game A tidak ada kendala sama sekali, tapi pada saat mencoba gam yang lain ternyata muncul masalah seperti tidak ada suara ataupun gambar.

Bisa jadi ini dikarenakan spesifikasi dari perangkat rupanya terbilang sudah tidak mampu menjalankannya

Solusi 4 : Pengaturan Grafis PPSSPP


Ketika Anda tidak punya dana lebih untuk mengganti gadget lebih bagus maka bisa pula melakukan pengaturan ulang pada bagian grafis PPSSPP. Masih banyak sekali pengguna tidak mengetahui adanya setting tersebut.

PPSSPP Black Screen - ubah grafis

Cara ini terbilang cukup mampu membantu optimalisasi permainan sehingga mampu berjalan dengan stabil dan juga lancar. Terlebih lagi untuk game dengan kualitas HD. Mengenai setting yang dapat dilakukan yaitu menonaktifkan frame skipping atau setting rendering resolution menjadi dua kali.

Solusi 5 : Pakai Aplikasi Pendukung


Agar bisa mengatasi black screen pada ppsspp, anda dapat menggunakan aplikasi lain. Contohnya saja merupakan aplikasi ES file Explorer. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi ES file Explorer.
  2. Setelah itu masuk ke bagian Es swipe lalu aktifkan.
  3. Baru setelah itu pilihlah mode pemicu titik putih kecil. Akan muncul sebuah pintasan dengan warna titik putih pada bagian layar.
  4. Kini anda dapat membuka PPSSPP dan melanjutnkan bermain game tanpa cemas black screen.

Pada saat memakai cara ini setiap pengguna tidak perlu lagi merasa khawatir. Karena bagian titik dengan warna putih tersebut tidak akan mengganggu permainan sama sekali.

Demikianlah sekilas informasi tentang bagaimana cara mengatasi black screen pada PPSSPP. Dengan adanya penjelasan di atas semoga bisa membantu.

Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Mengatasi PPSSPP Black Screen (Layar hitam)"

Back To Top