Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi keyboard laptop double huruf

Solusi memperbaiki keyboard laptop yang mengetik double huruf di laptop asus, acer, lenovo dan HP windows 10, 8/8.1 dan 7 - Pernahkah kalian mengalami permasalah serius pada keyboard ketika sedang mengetik? Jika iya berarti kita sama, sebab penulis akhir-akhir ini mengalami kejadian yang tak mengenakan di keyboard laptop yaitu tombol keyboard mengetik double huruf dengan sendirinya.

Contoh dari permasalah tersebut seperti ini, ketika keyboard diketik dengan huruf c,d,e,3, selalu diikuti dengan huruf di belakangnya. Jadi jika penulis mengetik d yang tampil di layar adalah sd

Mungkin kejadian seperti ini bisa saja anda alami dengan tombol huruf yang bermasalah berbeda. Namun intinya, kita harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut. Hal ini dimaksudkan agar masalah pada keyboard tidak terulang kembali.

Penyebab Keyboard laptop double huruf muncul

Nah sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi keyboard laptop double huruf, kita akan mengulas sedikit penyebab terjadinya double huruf muncul pada laptop, diantaranya sebagai berikut.

1. Ketumpahan butiran kecil makanan atau air

Bisa jadi, masalah seperti ini disebabkan oleh tumpahan makanan kecil atau air ketika kita tidak sengaja dan mengenai keyboard laptop. Jadi alangkah baiknya bagi anda yang memakan atau meminum sesuatu tidak berdekatan dengan laptop anda.

2. Masuknya Debu di Area Keyboard

Masuknya debu disinyalir bisa membuat keyboard anda mengetik double huruf dengan sendirinya. Sebab debu yang masuk di area sensitif keyboard memungkinkan kejadian tersebut terjadi. Jadi jika anda sedang mengetik usahakan tidak berada di angkringan, lapangan, bahkan taman.

3. Ketindihan Barang yang Berat Pada Keyboard

Tanpa kita sadari, menindihi keyboard laptop dengan benda berat ternyata berpotensi untuk mengakibatkan tombol keyboard mengetik double huruf secara otomatis.

Dengan benda berat tersebut, membuat keyboard menjadi tertekan sehingga keyboard menjadi sensitif. Selain itu, terlalu sering menekan juga bisa menyebabkan kerusakan pada tombol keyboard, contohnya seperti bermain game.

4. Pengaturan Sistem

Pengaturan bahasa (language) pada sistem windows ternyata juga bisa menyebabkan keyboard laptop mengetik double huruf. Selain itu, driver yang terinstal terkadang mengalami error sehingga membuat keyboard seperti itu.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Double Huruf

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keyboard yang double huruf. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Mengganti Pengaturan Bahasa

Yang pertama, keyboard laptop double huruf bisa terjadi karena kesalahan pengaturan bahasa pada windows. Umumnya cara ini dilakukan untuk windows 10. Nah dari pada penasaran, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Settings di Windows
  2. Pilih dan klik Time & Language
  3. Cari Region & Language.
  4. Pilih tombol + pada Add a Language.
  5. Ketik bahasa yang diinginkan pada jendela layar Choose a language to install yang muncul
  6. Anda lalu bisa klik button Next dan kemudian Install.
  7. Setelah itu anda bisa memilih bahasa yang diinginkan dan klik Set as default.
Kalau anda pengguna windows 8 atau 8.1, langkah-langkahnya pun sedikit mirip, yaitu:

  1. Ketik di pencarian fitur Date and time settings
  2. Di jendela yang baru muncul, masuk ke Region and Language
  3. Klik Yes jika ada pertanyaan confirmasi UAC yang muncul
  4. Klik saja simbol + yang berketerangan Add a language
  5. Selanjutnya anda bisa memilih bahasa yang anda inginkan.
  6. Terakhir, anda bisa Install bahasa yang dipilih dan mengaturnya ke Set as default

2. Membersihkan Debu

Jika keyboard tidak bekerja secara maksimal atau mengetik dengan sendiri double huruf, maka bisa jadi terdapat debu yang tertumpuk pada keyboard. Untuk mengatasinya, anda perlu membersihkan laptop seperti menggoyangkan laptop dengan sudut 75 derajat, membersihkan bagian atas atas, hingga menggunakan selotip untuk menyerap debu pada keyboard.

3. Merestart Laptop

Cara alternatif lainnya adalah merestart laptop dengan cara menekan tombol power selama 5 menit.

4. Memperbaiki Driver Keyboard

Untuk cara lainnya, anda perlu mengupdate driver keyboard kamu. Caranya cukup simpel yaitu anda perlu membuka control panel lalu pilih system kemudian masuk ke Device manager. Namun pastikan komputer anda memiliki koneksi internet agar bisa mengupdate driver.

5. Gunakan Keyboard Eksternal

Cara terakhir, anda bisa menggunakan keyboard eksternal untuk mengatasi masalah seperti ini. Namun sebelum menggunakan keyboard eksternal penulis harap anda menonaktifkan keyboard internal.

Sekian pembahasan dari kami, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memecahkan masalah tersebut.

Tag :

Keyboard

0 Komentar untuk "Mengatasi keyboard laptop double huruf"

Back To Top