Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Error Code 80004001 windows 10, 8/8.1 dan 7

Solusi memperbaiki Error Code 80004001 blue screen di laptop, komputer dan pc - Apakah laptop atau PC kamu sedang mengalami blue screen dengan error code 80004001? Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Ada banyak penyebab untuk Blue Screen of Death (BSOD) yang terjadi, seperti kesalahan pada sistem daya yang terjadi secara tiba-tiba, kesalahan pada driver, kerusakan pada file sistem atau banyak lainnya.

Ketika situasi itu terjadi, sistem secara otomatis akan melakukan restart untuk menghentikan proses yang menyebabkan masalah untuk kemudian masuk ke dalam blue screen.

Penyebab Error Code 80004001


Kerusakan pada file DLL, file VDX dan EXE pada sistem operasi windows. 

File-file tersebut merupakan file sensitif yang ada di sistem operasi dan ketika diubah dengan cara yang salah, Windows akan merespon dengan memunculkan error code 80004001. 

Menambahkan file registry yang salah. 

Meski terlihat sepele, file jenis ini juga merupakan file sensitif lain. Kebanyakan aplikasi mengakses registry dan terkadang melakukan perubahan berbahaya yang dapat menyebabkan masalah pada komputer Anda. 

Kerusakan file sistem pada sistem operasi. 

Ketika beberapa file sistem rusak, maka sistem operasi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya yang kemudian juga akan direspon dengan  mengirimkan erorr code. 

Malware dan virus berbahaya di sistem operasi.

Virus dan malware adalah salah satu penyebab utama dari hampir setiap masalah yang dialami. Itu sebabnya Anda perlu memastikan komputer selalu bersih. 

Instalasi Aplikasi yang tidak lengkap. 

Masalah bisa muncul ketika menginstal sebuah software atau aplikasi kemudian dihentikan di tengah jalan. Hal itu jelas dapat masalah pada sistem operasi. Salah satunya adalah blue screen dengan error code 80004001. 

Salah Driver.

Driver sistem juga memainkan peran penting ketika untuk menjalankan sistem operasi dengan lancar. Kesalahan pada driver juga akan direspon dengan munculnya error code.

Cara mengatasi error code 80004001


Start up repair Windows System

Ketika terjadi blue screen, tentu kamu tidak dapat masuk ke layar utama komputer. Namun, Windows akan memberikan akses ke beberapa alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah atau mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai masalah tersebut. 

Jadi langkah pertama yang harus diambil ketika start-up adalah masuk ke safe mode dan memulai start-up repair. Langkah itu akan memberi kamu akses ke berbagai tools yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah. Jika gagal maka solusinya adalah dengan melakukan shutdown paksa kemudian melanjutkan dengan langkah-langkah berikut; 

  1. Pertama, kamu harus mempunyai media instalasi windows, baik itu cd/dvd atau USB Flash drive. 
  2. Masukkan media instalasi Anda. 
  3. Tekan tombol power pada pc Anda, lalu tekan tombol fungsi Delete, Esc F2, F10, F12, F8, atau backspace. Tujuan dari ini adalah bagaimana anda bisa masuk ke BIOS sistem perangkat anda.
  4. Ketika anda sudah masuk ke tampilan BIOS, jalankan dengan bahasa yang kalian kuasai. Klik Next
  5. Klik Repair your computer dibagian kiri bawah
  6. Silahkan pilih kategori dari Troubleshoot yang terdiri tiga opsi lalu lanjutkan dengan mengklik Advanced Options
  7. Pilih Startup Settings
  8. Disini anda ddapat memilih Enable Safe Mode dengan menekan tombol yang tersedia. Klik Restart dan tunggu hingga anda dialihkan ke Safe Mode

Langkah di atas akan memberikan akses ke file untuk kemudian kita bisa mendiagnosis sumber masalah. Lanjutkan ke langkah berikutnya dengan menjalankan system file checker (SFC). Bukalah command prompt windows, anda dapat menjalankannya sebagai administrator dan ketika command prompt terbuka kemudian ketikkan perintah sfc /scannow lalu tekan enter untuk mengeksekusi perintah. Langkah itu akan memindai dan menemukan  untuk kemudian memperbaiki program penyebab blue screen. 

Untuk mengidentifikasi masalah, semua file sistem dan file yang disimpan akan dipindai sehingga bakal memakan waktu yang cukup lama. Jangan lakukan apapun hingga prosesnya mencapai 100%. Pada kebanyakan kasus, masalah error code 80004001 akan diatasi dengan cara ini.


Acome Speaker Bluetooth 5.0 Jam Alarm LED Display Ultra Bass Garansi Resmi 1 Tahun A5 PESAN DI SHOPEE HANYA 93 RIBU!
Tag :

Warning

0 Komentar untuk "Mengatasi Error Code 80004001 windows 10, 8/8.1 dan 7"

Back To Top