Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi Xampp yang tidak bisa di uninstall

Dalam topik kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi XAMPP yang tidak bisa diuninstal. Namun sebelum kita masuk ke dalam inti pembahasan, penulis akan mengajak anda untuk mengenalkan apa yang dimaksud dengan XAMPP itu sendiri.

Apa itu XAMPP?

Perlu anda ketahui, XAMPP merupakan software atau perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sekali sistem operasi yang merupakan kompilasi dari beberapa program saja. Untuk fungsinya, XAMPP berguna untuk server yang berdiri sendiri atau biasa dikenal dengan localhost diantaranya seperti MySQL Data Base, Apache HTTP Server, hingga Penerjemah Bahasa. Seperti yang kita ketahui, bahwa XAMPP merupakan sebuah program yang menyediakan GNU General Public License dan bebas.

Perlu anda ketahui semua, ada 3 bagian penting dari XAMPP seperti htdoc, phpMyAdmin, hingga kontrol panel. Agar lebih paham, berikut penjelasannya.

  • Htdoc merupakan sebuah folder yang berfungsi meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan. Berkas tersebut seperti PHP, HTML, maupun skrip lainnya.
  • PhpMyAdmin adalah sebuah bagian yang memiliki tugas untuk mengelola basis data MySQL yang terdapat di pc. Untuk mengaksesnya, anda bisa mengunjungi alamat berikut ini http://localhost/phpMyAdmin.
  • Control panel berfungsi sebagai pengelola layanan (service) XAMPP. Contoh menghentikan layanan dan memulai layanan.

Cara mengatasi xampp yang tidak bisa di uninstall

Menurut berbagai sumber yang ada, ada beberapa langkah awal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi xampp yang tidak bisa di uninstall, diantaranya : 

  1. Pastikan tidak ada service yang sedang berjalan pada Xampp agar saat terjadinya proses penghapusan file atau berkas tidak gagal.
  2. Menghentikan layanan MySql dan Apache. Tekan tombol Win dan R   untuk masuk ke Run lalu ketik Service.msc lalu cari saja layanan tersebut untuk anda matikan.
  3. Matikan proses Xampp Controller dari task manager 

Cara Uninstall XAMPP dari PC

Apakah anda menggunakan software XAMPP untuk software lokal? Dan tidak tahu cara untuk menghapus (Uninstall), berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk meng uninstall XAMPP dari komputer. Namun sebelumnya, alangkah baiknya untuk memindahkan/membackup terhadap file-file web dan database yang pernah dibuat.

  1. Silahkan anda masuk ke folder dimana Xampp di install. Biasanya anda letakkan di direktori C:\
  2. Dibagian agak bawah, cari file uninstall.exe
  3. Anda klik 2 kali di file tersebut lalu pilih Run as administrator
  4. Lanjutkan dengan mengklik button Uninstall
  5. Jika ada pertanyaan Really uninstall Xampp with all services?, klik saja button Yes
  6. Tunggu saja proses uninstall yang berjalan. Anda akan melihat daftar file yang akan di delete oleh sistem di jendela uninstall.
  7. Muncul lagi jendela pertanyaan yang menanyakan apakah anda ingin menghapus seluruh database atau tidak. Anda bisa memilih Yes untuk menghapus, atau No untuk membiarkannya.
  8. Juga akan muncul lagi pertanyaan apakah anda akan menghapus folder Htdocs. Anda bisa memilih Yes atau No.
  9. Proses uninstall akan berlanjut.
  10. Pertanyaan baru lagi akan muncul untuk menanyakan apakah anda ingin menghapus folder Xampp atau tidak. Pilih Yes atau No.
  11. Proses uninstall telah selesai ketika jendela sudah berketerangan Unistallation Complete. Anda bisa mengklik button Close.

Penutup

Sebenarnya dengan mengikuti cara tersebut kita bisa mengatasi XAMPP tidak bisa diinstal. Semoga cara ini bermanfaat untuk kalian semua, selamat mencoba.


Acome Speaker Bluetooth 5.0 Jam Alarm LED Display Ultra Bass Garansi Resmi 1 Tahun A5 PESAN DI SHOPEE HANYA 93 RIBU!
Tag :

Xampp

0 Komentar untuk "Cara mengatasi Xampp yang tidak bisa di uninstall"

Back To Top