Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Perbedaan pc3 vs pc3l

Mengenal dan mengetahui informasi mengenai pc3 vs pc3l - Bagi kalian yang sedang berencana untuk upgrade RAM laptop atau komputer. Kalian perlu memahami tipe RAM apa yang saat ini kamu pakai, dana apakah slot RAM yang ada support atau tidak.

Secara umum, kita tahu bahwa RAM laptop maupun komputer ada dua jenis. Yaitu; Sodimm dan DDR, ddr sendiri juga terdapat 4 jenis yakni, ddr1, ddr2, ddr3, dan ddr4. Bukan hanya sampai di situ saja, RAM jenis DDR juga terbagi menjadi dua jenis yaitu; pc3 dan pc3l.

Perbedaan jenis RAM tersebut tentu membawa perbedaan performa juga, selain harganya yang usdah pasti berbeda. Beriktu penjelasan mengenasi perbedaan pc3 dan pc3l, dan bagusan mana pc3 vs pc3l.

Perbedaan pc3 dan pc3l

Ketika kamu memperhatikan RAM yang terpasang di laptop dan komputer kamu, pasti ada keterangan jenis ram yang digunakan. Seperti; 2GB 1Rx8 PC3 6400, 4 GB 1Rx8 pc3l 2800 dll. Perbedaan tersebut merupakan keterangan jenis RAM yang digunakan. Berikut perbedaan dan kelebihannya:

RAM pc3

  1. RAM tipe double data rate RAM type 3
  2. Dengan daya 1.5 Volt
  3. Menghasilkan panas cukup tinggi
  4. Membutuhkan power yang tinggi
  5. Performa cepat namun tidak stabil
  6. Tidak support prosesor intel generasi 4

RAM pc3l

  1. Tipe double data rate RAM type 3 with low voltage
  2. Hanya membutuhkan 1.35 volt
  3. Tidak menghasilkan panas yang berlebih
  4. Tidak menghabiskan banyak power
  5. Performa yang cepat dan stabil
  6. Support semua prosesor intel keluaran terbaru

Diatas kamu dapat menyimpulkan kalau pc3l menggunakan voltase yang lebih rendah. Jadi, jika ram yang sudah terpasang adalah ram pc3, maka sebiknya jangan membeli ram tambahan yang bertype pc3l.

Kelebihan Pc3l vs Pc3

Setiap ada perbedaan tentu ada kelebihan dan kekurangan.

  1. RAM pc3l merupakan produk terbaru dengan teknologi yang terbaru pula, berbeda dengan pc3 yang memang produk lama
  2. Pc3l hadir dengan konsumsi power yang lebih rendah, cocok untuk digunakan di laptop
  3. RAM type pc3l support untuk jenis prosesor intel generasi terbaru
  4. RAM tipe pc3 dijual dengan harga yang lebih murah daripada RAM pc3l, kalau kamu memang low budget, RAM pc3 sudah cukup untuk komputer sehari-hari

Dapat disimpulkan kalau RAM tipe pc3l lebih unggul meski dengan harga yang sedikit lebih mahal juga.

Jenis-Jenis RAM

Sekedar tambahan, berikut beberapa jenis RAM yang juga perlu kamu tahu sebelum membeli ram baru untuk laptop da komputer.

  1. Dynamic RAM (DRAM). yaitu jenis RAM yang refresh datanya terkontrol oleh CPU
  2. Sychronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM). Versi terbaru dari DRAM dimana mempunyai kinerja yang lebih cepat sampi 133mhz
  3. Double Rate Random Access Memory (DDR). Pengembangan dari versi sebelumnya, sudah bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus, konsumsi power juga lebih rendah
  4. Rambus Dynamic RAM. Merupakan satu tingkat di atas SDRAM dengan kinerja yang tentu lebih cepat, biasa digunakan di komputer dengan intel pentium 4
  5. Static RAM (SRAM). Harga lebih mahal, namun kinerja 30 kali lebih cepat ketimbang jenis RAM di atas

Dalam meilih RAM baru untuk upgrade spek komputer dan laptop kamu harus menyesuaikan dengan jenis slot ram dan motherboard. Alih-alih kinerja meningkat setelah upgrade ram, ternyata sama saja, karena RAM yang baru tidak terbaca sebab motherboard dan system windowsnya tidak support.

Sebagai contoh, beberapa CPU belum support 64 bit, maka mau tidak mau kamu harus menginstall windows 32 bit. Sedangkan windows 32 bit hanya support RAM sampai 4gb saja. Jadi, jika laptop atau komputer kamu menggunakan windows 32bit, maka tak perlu upgrade RAM sampai 6gb atau lebih, karena yang terbaca hanya 4gb.

Tag :

Informasi

0 Komentar untuk "Perbedaan pc3 vs pc3l"

Back To Top