Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Perbedaan DDR3 VS DDR3L

Jika Anda ingin mengganti atau mengupgrade RAM, Anda harus berhati-hati. Jangan sembarang menggunakan RAM saja, karena RAM memiliki tipe yang berbeda-beda meskipun spesifikasinya sama. Beberapa contohnya adalah RAM DDR3 vs DDR3L. Apa bedanya?

Apa itu RAM


RAM (Random Access Memory) adalah penyimpanan memori sementara yang akan diproses langsung oleh CPU (prosesor). Random access memory dalam pengertian bahasa Indonesia adalah random access memory yang artinya secara fungsional CPU dapat mengolah data dari RAM secara acak, tidak harus berurutan.

Apa itu DDR


DDR dalam RAM yang mudah untuk anda pahami adalah sebuah bus komputer yang mentransfer data dalam satu siklus dan berada pada RAM. Sedangkan DDR terdapat 4 macam yaitu DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4 dan masing-masing memiliki spesifikasi berbeda. Semakin tinggi versi DDR maka semakin cepat daya transfernya.

Apa itu DDR3 VS DDR3L


DDR3 merupakan kategori akses DRAM (Dynamic Random) yang merupakan penerus DDR1 dan DDR2. Seperti yang Anda ketahui, RAM DDR3 juga memiliki tipe yaitu DDR3L. Apa itu Ram DDR3L? RAM DDR3L sama dengan DDR3 biasa, tetapi memiliki daya yang lebih rendah (tegangan rendah), jika DDR3 memiliki daya 1,5 volt. Sedangkan DDR3L memiliki daya sebesar 1.35V.

Perbedaan DDR3 VS DDR3L


Voltase

Huruf "L" di sini adalah singkatan dari tegangan rendah yang cocok untuk perangkat komputer bergerak sebagai standar pada prosesor modern. Untuk DDR3 menggunakan tegangan 1,5 volt, namun berbeda untuk DDR3L yang membutuhkan tegangan kurang dari 1,35 volt. 

RAM ini hanya dapat bekerja pada besaran tegangan masing-masing, sehingga jika beda jenis DDR tentunya memori tidak akan bekerja secara maksimal sebagaimana mestinya. Memori DDR3 hanya dapat beroperasi pada voltase tertentu, sedangkan DDR3 tetap dapat beroperasi pada voltase selain voltase tertentu.

DDR3 VS DDR3L di laptop

Sayangnya, tidak bisa. Meski spesifikasinya sama, jawabannya jelas, tegangannya berbeda. Sebenarnya bisa di install, tapi percuma karena laptop tidak mau membacanya, malah menyebabkan laptop restart sendiri.

Cara pertama adalah dengan memeriksa spesifikasinya. Anda dapat memeriksa brosur laptop atau informasi internet tentang laptop yang Anda gunakan. Jika RAM bawaan laptop Anda dapat dilepas, coba periksa informasi pada label RAM. Pada label RAM biasanya akan tertera informasi DDR3L atau DDR3.

Melihat Perbedaan Melalui Aplikasi CPU-Z

Ingin menambah RAM untuk memaksimalkan kinerja komputer Anda? Tentu saja, Anda harus memperhatikan slot yang anda miliki. Menambahkan RAM akan membuat kinerja laptop Anda lebih cepat. Namun, jika Anda salah membeli, maka RAM yang Anda beli adalah pemborosan. Untuk mendeteksi apakah jenis RAM Anda adalah DDR3 VS DDR3L, silahkan download aplikasi CPU-Z untuk melihat spesifikasi lebih rinci.

DDR3 VS DDR3L Secara Fisik

Tidak ada perbedaan fisik antara RAM DDR3 dan DDR3. yang membedakan kedua jenis RAM ini adalah tegangan yang dimiliki. Jika DDR3 memiliki tegangan 1,50 volt sedangkan DDR3L memiliki 1,35 volt. Untuk melihat dari sudut pandang fisik, lihat labelnya. Umumnya untuk RAM DDR3, hanya kode yang akan muncul di bagian belakang kode PC, sedangkan untuk memori DDR3L akan muncul huruf L di kode PC.

Bisakah RAM DDR3L diinstal pada DDR3?

RAM dengan tegangan yang sama atau lebih rendah dapat dihubungkan ke slot dengan tegangan yang sama atau lebih rendah. Kemudian DDR3L bisa dipasang di slot DD3, tapi tidak sebaliknya, DDR3 dipasang di slot DDR3L


Acome Speaker Bluetooth 5.0 Jam Alarm LED Display Ultra Bass Garansi Resmi 1 Tahun A5 PESAN DI SHOPEE HANYA 93 RIBU!
Tag :

Informasi

0 Komentar untuk "Perbedaan DDR3 VS DDR3L"

Back To Top