Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi microsoft office yang tiba-tiba keluar

Solusi memperbaiki masalah office yang tiba-tiba keluar - Tahukah anda, bahwa pengguna Microsoft Office saat ini sangatlah banyak. Hal ini dipicu karena semakin banyaknya orang yang memerlukan software tersebut untuk membantu berbagai jenis pekerjaan. Dari sini, mungkin anda termasuk salah satu pengguna Microsoft Office.

Microsoft Office sendiri memiliki berbagai software seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Outlook, Microsoft PowerPoint, Microsoft Visio, hingga Microsoft Publisher. Selain itu, Microsoft Office sendiri telah memunculkan berbagai versi hingga sekarang ini, diantaranya versi 2003, 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 hingga yang buru adalah versi Office 365 Series.

Dari sini, kita terkadang menemukan berbagai masalah ketika menggunakan software tersebut, salah satunya seperti Microsoft Office tiba-tiba keluar sendiri. Dan sesuai tema kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi Microsoft Office tiba-tiba keluar sendiri. Daripada penasaran, yuk simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Microsoft Office Keluar Sendiri

Ada beberapa penyebab yang membuat Microsoft Office anda mengalami masalah diantaranya :

  1. Kegagalan sistem
  2. Ada file konfigurasi software Office yang hilang
  3. Terkena v!rus atau m@lware
  4. Menggunakan versi gratisan alias tidak resmi

Nah jika sudah tau penyebabnya, kita akan membahas mengatasi masalahnya.

Perbaiki PowerPoint dengan Control Panel.

Cara yang satu ini bisa anda lakukan di Software Microsoft Word, Excel, hingga PowerPoint. Selain itu, umumnya cara ini juga berguna untuk mengatasi berbagai masalah seperti stopped working, force close, not responding, can’t save dan lain-lain. Daripada basa basi, langsung saja ikuti cara yang satu ini.

  1. Buka Control Panel, pilih Program, lalu masuk ke Program and Features
  2. Selanjutnya cari Microsoft Office
  3. Kemudian klik kanan dan pilih Change.
  4. Selanjutnya pilih opsi Quick Repair. Disini ada 2 opsi Quick Repair (Offline) dan Online Repair (Online). Penulis menyarankan, jika memiliki koneksi internet silahkan pilih repair online
  5. Terakhir klik Repair

Update versi microsoft yang lebih baru

Jika memiliki Microsoft Word versi lama, Microsoft Power Point versi lama, hingga Microsoft Excel versi lama, anda bisa melakukan pembaruan versi terbaru dari Software Microsoft Office. Dengan cara ini, anda hanya perlu mengupdatenya dengan menggunakan koneksi internet.

Menonaktifkan Add-In

Add-in ternyata bisa menimbulkan masalah kompatibilitas yang mengakibatkan berhentinya di berbagai software Office. Cara cepat yang bisa anda ambil adalah dengan membuka salah satu Aplikasi Office dalam mode Aman. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Jalankan Run dengan cara tekan tombol Windows dan R secara bersamaan di keyboard
  2. Ketikkan salah satu perintah sesuai aplikasi yang digunakan, contoh : (a). Ketik excel /safe, lalu tekan enter untuk membuka excel; (b). Ketik winword /safe, lalu tekan enter untuk membuka word; (c). Ketik powerpnt /safe, lalu tekan tombol enter untuk membuka PowerPoint; (d). Ketik mspub /safe, kemudian tekan enter untuk membuka Publisher; (e). Ketik visio /safe, selanjutnya tekan tombol enter untuk membuka Visio.

Merestart Komputer

Ada cara alternatif yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara merestart Komputer. Hal ini bertujuan agar bisa memaksimalkan performa komputer. Sehingga aplikasi-aplikasi lain yang berjalan akan berhenti. Sehingga beban memory dan CPU akan berkurang. 

Scan Menggunakan Antiv!rus

Menggunakan antiv!rus disinyalir kuat dalam mengatasi masalah seperti ini. Ada beberapa software yang bisa anda pasang di komputer anda seperti Avast, Bitdefender, AVG atau Windows Defender.

Menggunakan versi asli Microsoft

Untuk pengalaman yang lebih baik dan terhindar dari masalah-masalah seperti berikut, anda bisa menggunakan versi asli. Walaupun tidak murah, akan tetapi masalah tersebut jarang anda temukan di versi asli.

0 Komentar untuk " Cara mengatasi microsoft office yang tiba-tiba keluar"

Back To Top