Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Microsoft Office Error Code 1907

Memperbaiki masalah Microsoft Office Error Code 1907 - Error 1907 pada Microsoft Office biasanya disebabkan oleh beberapa font yang tidak ada dari sebuah laptop atau PC ketika proses install. Bagi pengguna produk digital berupa laptop atau PC pasti sudah tidak asing lagi dengan produk yang satu ini. Microsoft Office merupakan aplikasi perangkat ciptaan Microsoft yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan perkantoran.

Walaupun tujuan awal pembentukannya untuk membantu pekerjaan perkantoran, namun nyatanya pada saat sekarang sudah hampir semua kalangan mempergunakan perangkat yang satu ini. Baik itu orang kantoran, mahasiswa, atau mereka yang sekedar hobi dalam menulis.

Walaupun terdapat perangkat lain yang serupa dengan Microsoft Office, namun kepopuleran perangkat ini belum bisa tergeserkan. Namun dari semua kepopulerannya tersebut, ternyata masih terdapat beberapa masalah pada aplikasi Microsoft Office ini.


Salah satunya ialah error 1097 yang muncul ketika proses instalasi, sehingga membuat Microsoft Office tidak bisa terpasang. Permasalahan ini umumnya terjadi pada penggunaan windows 7 yang mau menginstall Microsoft Office 2010 atau lebih baru.

Berikut cara mengatasi permasalahan Microsoft Office yang muncul error 1907 :

Penyebab Terjadinya Error 1907 pada Microsoft Office

Error 1907 pada Microsoft terjadi ketika saat kamu ingin menginstall Microsoft Office baru atau update. Pada proses ini biasanya proses instalasi akan berhenti dan muncul jendela pemberitahuan error sehingga mengakibatkan instalasi menjadi gagal.

Penyebab dari error ini biasanya karena adanya font yang ganda atau tidak ada pada laptop dan PC yang kamu gunakan. Oleh sebab itu untuk mengatasinya kamu harus menginstall font yang dibutuhkan kedalam laptop atau PC agar proses instalasi bisa dilanjutkan.

Berikut langkah-langkah mengatasi error 1907 pada Microsoft Office :

Solusi 1 : Update Font


Sebelum melakukan install, silahkan kamu cari tiga file bernama, OWOW64WW.cab, ProPsWW.cab dan ProPsWW2.cab. Pada masing-masing file tersebut silahkan ekstrak dan pindahkan semua file berformat “tft” ke windows font. Setelah itu silahkan restart laptop atau PC kamu untuk membuat file tersebut bisa terbaca oleh sistem.


Solusi 2 : Perintah SFC


Jika pada cara pertama proses install Microsoft Office belum juga bisa, maka silahkan kamu lanjutkan ke langkah yang kedua ini. Pada langkah kedua silahkan kamu jalankan System File Checker melalui command prompt.

Dalam memunculkan command prompt bisa cari pada start menu atau dengan menekan shortcut Windows dan R secara bersamaan. Setelah itu silahkan lakukan pencarian file corrupt dan hapus atau repair. Jika sudah silahkan restart laptop atau PC kamu dan coba kembali proses install Microsoft office.


Solusi 3 : Repair Microsoft Office Lama


Jika error 1907 disebabkan ketika melakukan update Microsoft Office ke yang lebih baru, maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Cara pertama ialah dengan repair Microsoft Office lama, setelah itu lakukan update Microsoft baru. Cara melakukan repair ialah dengan klik Control panelProgramProgram and Features dan terakhir uninstall or change a program. Pada panel tersebut cari Microsoft Office yang ada lalu klik uninstall, kemudian repair aplikasi tersebut.

Jika cara ini tidak berhasil, maka langkah selanjutnya silahkan download Microsoft Office full version. Lalu uninstall Microsoft lama dan install Microsoft baru yang full version tersebut. Biasanya jika kamu mendownload yang full version, program yang sebelumnya tidak ada pada laptop atau PC akan di install secara otomatis.


Solusi 4 : Download Asian Fonts


Jika semua cara di atas masih gagal dalam mengatasi hal tersebut, maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan ialah dengan mendownload font yang hilang. Biasanya untuk pengguna negara Asian, font yang harus di install ialah Asian Font.

Asian Fonts ini terdiri dari Meiryo.tcc dan Meiryib.tcc yang bisa kamu download secara manual. Jika sudah silahkan install atau letakkan pada windows font dan restart ulang laptop atau PC kamu.


Penutup


Dalam mengatasi error 1907 di Microsoft Office ini berbeda pada setiap laptop atau PC. Ada laptop yang bisa selesai ketika menjalankan cara yang pertama, namun ada juga yang berhasil setelah mencoba cara terakhir.

Hal ini terjadi karena error yang memang belum diketahui secara jelas penyebabnya. Pada website resmi Microsoft sendiri waktu artikel ini diterbitkan juga belum membahas permasalahan ini.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Microsoft Office Error Code 1907"

Back To Top