Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi Error Code 0xc0000225 Windows 10, 8/8.1 dan 7

Solusi memperbaiki masalah Error Code 0xc0000225 di pc, laptop atau komputer windows - Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya sistem operasi windows memilik banyak masalah yang seringkali anda temui apalagi dalam hal recovery data. Dan mungkin saat ini anda sedang mengalami permasalah di laptop anda dengan munculnya pesan seperti berikut ini.

Recovery

Your PC needs to be repaired

An unexpected error has occurred

Error code 0xc0000225

You'll need to use the recovery tools on your installation media. if you don't have any installation media (like a disc or USB device), contact your system administrator or PC manufacturer.

Press Enter to try again

Press f8 for Startup Settings

Press Esc UEFI Firmware Settings

Jika pernah mengalami permasalahan seperti itu, anda tidak sendiri. Sebab ada banyak sekali pengguna windows 10 diluar sana yang mengalami error code 0xc0000225 ketika akan memulai menghidupkan PC. Tapi penulis berharap anda tidak usah panik dan khawatir, sebab disini kita akan mengupas bagaimana cara mengatasi error code 0xc0000225. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Terjadinya Error Code 0xc0000225.

Jika teliti, kode kesalahan 0xc0000225 terjadi akibat windows tidak dapat menemukan file di dalam sistem yang digunakan oleh boot, alias BCD (Data Konfigurasi Boot). Dengan penjelasan lain, jika sistem file yang ada di pc anda rusak, memiliki konfigurasi yang buruk, hingga memiliki perangkat keras yang rusak sehingga membuat pesan Error Code 0xc0000225 terjadi.

Selain itu, jika pc anda mati selama proses pembaruan terjadi, mungkin saja sebelumnya pc anda telah di serang virus malware sehingga menyebabkan file error.

Cara mengatasi Error Code 0xc0000225

Dibawah ini, admin AmalanKomputer.com memberikan beberapa trik yang bisa anda coba satu persatu, yaitu:

1. Membuat Disk Instalasi Pada Windows 10

Menurut analisa yang penulis ketahui, bawah masalah seperti ini hampir sama dengan kesalahan boot lainnya. Maka dari itu, anda wajib memiliki disk instalasi windows 10 sehingga alat perbaikan dari sana bisa dijalankan. Selain itu, anda juga perlu memerlukan flash disk dengan kapasitas ruangan minimal 8 GB, atau DVD.

Perlu dipahami lagi, bahwa memasang disk windows 10 akan menyebabkan semua yang ada di drive terhapus. Jadi penulis sarankan untuk menggunakan flash drive kosong atau DVD.

Setelah anda membuat media instal, masukkan ke dalam pc kalian. Lalu tekan tombol menu boot yang sesuai, selanjutnya muat disk windows 10 pada perangkat eksternal anda.

2. Menjalankan Automatic Repair

Mungkin cara alternatif lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba windows 10 troubleshooter bawaan. Sistem yang satu ini bekerja secara otomatis untuk memeriksa dan memperbaiki masalah dengan sendirinya.

Setelah boot dari disk instalasi windows 10, tunggu sampai layar memunculkan Windows Setup. Setelah itu pilih opsi bahasa yang bisa anda pahami, lalu klik Next. Ketika layar windows berwarna biru sudah muncul, anda bisa meng klik Repair Your Computer, kemudian masuk ke Troubleshoot dan klik Advanced Options. Selanjutnya anda pilih Automatic Repair.

Jika sudah, biarkan dan tunggu proses untuk memulai. Setelah perbaikan telah selesai, Restart komputer dan lihatlah apakah error 0xc0000225 telah hilang.

3. Menjalankan System File Checker (SFC) dan Disk Scans 

Jika cara diatas masih belum bisa teratasi, anda bisa menggunakan cara pemindaian sistem.Untuk melakukannya, ulangi proses sebelumnya untuk membuka Advance Option. Namun perlu diingat jangan memilih Automatic Repair.

Sebagai solusinya, anda bisa memilih Command Prompt yang bertujuan untuk membuka command line interface. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Jalankan System File Checker (SFC) dengan menekan perintah sfc /scannow lalu tekan enter di keyboard.
  2. Tunggu proses pemindaian otomatis yang sementara berjalan dari eksekusi perintah diatas
  3. Setelah itu, ganti c: dengan huruf partisi yang anda inginkan dengan perintah chkdsk c: /r
  4. Jika sudah lakukan boot ulang dan coba muat komputer/pc anda secara normal kembali. 

Sekian dulu pembahasan menangani error code 0xc0000225. Semoga bermanfaat.


Acome Speaker Bluetooth 5.0 Jam Alarm LED Display Ultra Bass Garansi Resmi 1 Tahun A5 PESAN DI SHOPEE HANYA 93 RIBU!
Tag :

Warning

0 Komentar untuk " Cara mengatasi Error Code 0xc0000225 Windows 10, 8/8.1 dan 7"

Back To Top