Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara gabung Unallocated di Disk Management pakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master

Tutorial mudah untuk cara menyatukan partisi hardiks yang Unallocated di Disk Management menggunakan software AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master di windows 11, 10, 8/8.1, 7 dan XP - Jika anda menemukan Unallocated di fitur Disk Management, maka berarti ada memori yang tidak terpakai di disk anda. Anda ingin menggunakan memori yang tidak terpakai tersebut dengan menggabungkannya di suatu partisi inti yang terpakai namun sekarang anda belum mengetahui caranya.

Kali ini admin AmalanKomputer.com akan memberikan langkah langkahnya mudah menggunakan laptop, pc atau komputer yang bersistem operasi windows seperti windows 11, 10, 8/8.1 hingga windows 7 dan XP dengan menggunakan dua aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga yaitu bernama AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master.

Cara menggunakan AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master untuk menggabungkan Unallocated partisi

Di artikel sebelumnya, saya telah mempublikasikan artikel khusus cara menggabungkan Unallocated di Disk Management tanpa software yang dapat anda baca di tautan artikel tersebut. Namun jika anda rasa caranya cukup ribet, maka anda pun dapat menggunakan teknik ini yaitu menggunakan software AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master.

Untuk itu anda harus terlebih dahulu mendownload salah satu software yang saya sebutkan diatas dengan mencarinya di google atau langsung ke situs resminya.

Disini juga admin AmalanKomputer menyediakan link link langsung terhadap download aplikasi tersebut.

Jika anda sudah sangat penasaran terhadap artikel ini, silahkan baca tutorial singkat saya mengenai Cara menggabungkan Unallocated di Disk Management memakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master.

1. Menyatukan Unallocated partisi menggunakan EaseUS Partition Master

Cara pertama menggunakan aplikasi EaseUS Partition Master. Ikutil langkah-langkah singkatnya dibawah ini:

  • Silahkan download terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui google di browser kalian.
  • Setelah di download, kemudian install aplikasi tersebut hingga selesai.
  • Buka dan jalankan aplikasinya sehingga anda akan melihat keseluruhan partisi aktif hingga Unallocated tersebut.
  • Pilih partisi mana yang ingin anda tambahkan dengan mengambil kapasitas memori Unallocated tadi lalu klik Resize/Move.
  • Geser saja slider yang terletak disebelah kanan sehingga Unallocated tersebut akan menghilang karena telah dipindahkan atau ditambahkan ke partisi yang diinginkan.
  • Proses tadi akan masuk ke antrian, silahkan eksekusi saja dengan mengklik antriannya untuk segera diproses.
  • Selesai. Silahkan cek apakah Partisi yang ditambahkan tadi telah bertambah ukuran memorinya.
    Cara gabung Unallocated di Disk Management pakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master

2. Menggabungkan partisi yang Unallocated menggunakan AOMEI Partition Assistant

Cara kedua yaitu menggunakan software AOMEI Partition Assistant. Caranya yaitu:

  • Silahkan anda download saja aplikasinya melalui link http://www.aomeitech.com/aomei-partition-assistant.html lalu anda harus menginstal aplikasi tersebut.
  • Jika sudah terinstall, buka dan jalankan software AOMEI Partition Assistant tersebut sehingga akan muncul tampilan seluruh partisi yang ada termasuk unallocated disk space tadi.
  • Jika Unalloacated tersebut ingin anda gabungkan ke partisi E:\ sehingganya anda klik partisinya lalu klik Resize.
  • Geser slider ke kanan untuk menambahkan volume space ke E:\ tadi lalu tekan button Apply lalu OK yang terletak dipojok kiri atas aplikasi.

Sampai disitu penggabungan unallocated di disk management tersebut berhasil dilakukan menggunakan software AOMEI Partition Assistant.

Bagaimana? sangat mudah bukan tutorial Menggabungkan Unallocated di Disk Management pakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master?

Saran saya, gunakan jarigan wifi untuk mendownload salah satu aplikasnya jika anda sedang miskin kuota internet.  Namun saya rasa anda bisa menggunakan data kuota anda karena aplikasinya terbilang cukup kecil dimana EaseUS Partition Master sekitaran 30an MB saja.

Jika anda masih mengalami kebingungan atau masih belum paham terhadap artikel tutorial tersebut, silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang telah saya sediakan dibawah ini. Sekian....

Tag :

Tutorial

1 Komentar untuk "Cara gabung Unallocated di Disk Management pakai AOMEI Partition Assistant dan EaseUS Partition Master"

untuk menggabungkan unallocated dengan partisi lain, apa harus selalu unallocated berposisi di sebelah kanan?

Back To Top