Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Windows was unable to complete the format saat melakukan Format

Tips dan trik memperbaiki Windows was unable to complete the format dengan mudah di komputer, pc atau laptop windows 10, 8/8.1, 7 dan XP - Peringatan ini terjadi atau biasa anda temukan pada saat anda melakukan format pada sebuah perangkat yang berjenis storage (perangkat penyimpanan) seperti memory card atau SD card, harddisk external, USB Flashdrive, SSD dan CD/DVD serta perangkat penyimpanan lainnya. Peringatan seperti ini biasa muncul karena disebabkan kemungkinan perangkat tersebut mengalami kerusakan atau corrupt, badsector, terjangkit serangan v*rus komputer atau lainnya yang membuat sistem operasi windows anda tidak bisa malakukan perintah format yang anda inginkan. Nah, disini admin AmalanKomputer akan memberikan tutorial singkat untuk mengatasi masalah tersebut.

Sungguh menjadi hal yang menjengkelkan ketika kita ingin memformat perangkat penyimpanan dengan tujuan untuk membersihkan perangkat tersebut malah tidak bisa karena ada keterangan tersebut atau error tersebut. Nah, disini admin AmalanKomputer memiliki dua cara yang sangat mudah untuk mengatasi Windows was unable to complete the format saat melakukan Format tersebut. Cara pertama kita lakukan melalui Disk Management yang memang telah tersedia di laptop anda dan juga bisa kita gunakan tool yang disediakan oleh pihak ketiga. Kedua cara ini sangatlah mudah untuk anda lakukan walaupun anda seorang yang masih sangat pemula. Jika anda sudah sangat penasaran untuk dapat memformat perangkat penyimpanan dengan memformatnya, maka silahkan ikuti langkah langkah singkat yang saya berikan dibawah ini.

Mengatasi Windows was unable to complete the format melalui Disk Management


Cara pertama yaitu melalui Disk Management. Untuk itu, hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan membuka fitur Disk Management yang telah tersedia di laptop atau komputer anda tersebut. Cara untuk membukanya adalah dengan masuk dulu ke run dengan cara tekan tombol Win dan R secara bersamaan sehingga kotak kecil akan muncul. Nah, dikotak tersebut ketik saja perintah diskmgmt.msc lalu tekan tombol enter atau klik button OK sehingga jendela Disk Management akan muncul dimana memperlihatkan partisi/volume yang ada dalam komputer atau laptop anda. Nah, perhatikan/cari saja volume apa FlashDrive, DVD/CD, SSD atau lainnya yang telah tersambung (telah dicolokkan) di laptop anda. Hati hati karena anda bisa saja malah mengeksekusi partisi Local disk yang ada dikomputer milik anda yang tidak seharusnya anda format. Jika sudah memastikannya, silahkan klik kanan di volume tersebut lalu pilih Format. Jika ada partisi di drive hapus aja biar menjadi satu volumenya. Untuk sistem file bisa anda gunakan NTFS/FAT32 jika storage anda tersebut lebih besar dari 4GB. Selesai. Silahkan lihat kembali USB atau volume yang anda format tersebut di file berkas.

Memperbaiki Windows was unable to complete the format menggunakan EaseUS

Cara kedua yaitu kita menggunakan tool yang disediakan oleh pihak ketiga yaitu aplikasi EaseUS Partition Master yang terbilang cukup ringan. Silahkan download dulu aplikasi tersebut melalui url http://download3.easeus.com/trial/epm_trial.exe lalu menginstallnya di perangkat laptop atau komputer milik Anda. Ukuran aplikasi EaseUS Partition Master kira kira 36.19MB. Nah, jalankan aplikasi tersebut jika telah terinstal. Karena disini anda ingin memformat storage yang susah diformat, maka pilih menu Format. Dijendela yang baru muncul kita dapat mengatur label partisi untuk sistem file seperti NTFS, FAT32, EXT2, EXT3, dll... untuk partisi atau volume yang ingin diformat lalu klik button OK. Untuk konfirmasi yang muncul, klik saja OK agar langkah berlanjut. Nah, selanjutnya klik button Execute Operation disudut kiri atas untuk meninjau kembali perubahan lalu klik saja Apply untuk memulai format volume yang susah diformat tersebut. Tunggu saja hingga proses format telah selesai.

Bagaimana? sangat mudah bukan Mengatasi Windows was unable to complete the format saat melakukan Format? Pada artikel tersebut anda hanya perlu berhati hati saja memilih partisi atau volume yang akan anda format takutnya yang anda hapus atau format tersebut bukan volume yang anda tuju. Untuk itu, silahkan cek terlebih dahulu "perwakilan huruf" volume yang anda inginkan. Nah, untuk itu sampai disini dulu artikel Mengatasi Windows was unable to complete the format saat melakukan Format yang singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Jika anda masih mengalami kebingungan, silahkan bertanya langsung di kolom komentar. Sekian...
Tag :

Warning

2 Komentar untuk "Mengatasi Windows was unable to complete the format saat melakukan Format"

ahh anjg... artikel copas bgst

Back To Top