Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Windows failed to start a recent hardware or software change might be the cause to fix the problem

Error code: 0xc000000e - The boot selection failed because a required device is inaccessible - Mungkin pesan pesan peringatan tersebut sedang anda alami sekarang ini.

Disini admin AmalanKomputer akan membantu anda untuk memperbaiki pesan error tersebut. Pesan tersebut biasa muncul di laptop, pc atau komputer windows anda, baik itu windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 hingga XP.

Hal ini dikarenakan oleh beberapa penyebab, dua diataranya adalah karena kegagalan atau kesalahan instalasi Windows Update dan reboot perangkat atau juga karena PC atau perangkat yang tiba tiba mati secara mendadak dikarenakan listrik padam sedangkan laptop/pc anda tidak menggunakan batterai.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya sangatlah mudah dan tidak perlu tambahan software atau aplikasi pihak ketiga.

Memperbaiki error Windows failed to start a recent hardware

Disini admin akan memberikan dua cara mudah Mengatasi Windows failed to start a recent hardware or software change might be the cause to fix the problem tersebut.

Walau pun anda seorang yang masih awam, tapi saya yakin anda dapat melakukan cara cara yang saya berikan ini.

Dua cara yang saya berikan tersebut adalah mengatasinya melalui Last Known Good Configuration (khusus untuk pengguna Windows 7 dan XP) serta mengatasinya melalui Automatic Repair yang dapat anda lakukan juga di varian Windows 11, 10 dan 8/8.1.

Jika agan punya tips atau trik lainnya, silahkan beritahu admin melalui kolom komentar. Nanti akan admin perbaharui artikel ini dengan menambah trik yang agan berikan.

Baiklah, jika anda sudah ingin mengetahui cara memperbaiki error tersebut, silahkan simak penjelasan singkat dibawah ini.

Solusi Windows failed to start a recent hardware or software change might be the cause to fix the problem melalui Last Knows Good Configuration

Cara pertama, melalui Last Known Good Configuration, yaitu:

  • Silahkan restart laptop anda dengan tujuan untuk masuk ke BIOS. Caranya yaitu saat sedang restart di proses booting, tekan tekan saja tombol F8 pada keyboard sehingga muncul layar hitam dengan beberapa pilihan menu yang dapat anda pakai.
  • Cari saja menu yang bernama Last Known Good Configuration (your most recent settings that worked) lalu tekan enter di keyboard sehingga windows anda pun akan kembali berjalan dengan normal.

Maksud dari menu Last Known Good Configuration adalah menyediakan anda sebuah konfigurasi terbaik secara otomatis yang bisa anda terapkan untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi di sistem operasi anda.

Memperbaiki The boot selection failed because a required device is inaccessible melalui Automatic Repair

Cara kedua melalui Automatic Repair, yaitu:

  • Langkah pertama yang anda lakukan adalah masuk ke start, klik icon power lalu pilih Restart. Ingat! saat mengklik restart, anda pun harus menekan tombol Shift di keyboard laptop anda sehingga laptop akan berbunyi bip secara cepat.
    Mengatasi Windows failed to start a recent hardware or software change might be the cause to fix the problem
  • Tunggu hingga anda akan masuk ke layar biru yang bernama Choose an option dimana terdapat beberapa pilihan menu yang dapat anda pilih, yaitu Continue, Troubleshoot dan Turn off your PC.
  • Pilih saja menu yang kedua yaitu Troubleshoot.
  • Setelah itu, anda klik ke Advanced options dan terakhir adalah Automatic Repair.

Alur lengkapnya adalah Troubleshoot >> Advanced options >> Automatic Repair. Secara otomatis, perangkat anda akan melakukan repair atau perbaikkan secara menyeluruh terhadap kesalahan error yang terjadi di sistem anda.

Ingat! Cara pertama hanya untuk pengguna windows 7, XP dan kebawahnya sedangkan Cara Kedua dikhususkan untuk sistem operasi Windows 8/8.1 dan Windows 10 dan 11.

Pada cara kedua, saat mengklik restart, anda tekan juga tombol shift di keyboard laptop.

Bagaimana? mudah bukan artikel mengenai Mengatasi Windows failed to start a recent hardware or software change might be the cause to fix the problem?

Saya rasa langkah langkahnya sangatlah mudah sehingga bisa untuk di praktekkan.

Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai mengatasi error "The boot selection failed because a required device is inaccessible" 0xc000000e, semoga artikel yang sangat singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...

Tag :

Warning

2 Komentar untuk "Mengatasi Windows failed to start a recent hardware or software change might be the cause to fix the problem"

Saya sudah melakukan tahan 1 tetapi tidak bisa

Tahan satu? Atau tahap satu?

Kalau boleh tau, sistem operasi Windows berapa ya?

Back To Top