Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Unmountable Boot Volume atau Stop. 0x000000ED di laptop tanpa CD

Tips, trik, tutorial dan cara memperbaiki layar biru dengan keterangan UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME di laptop, pc, atau komputer yang bersistem operasi windows 10, 8/8.1, 7 dan XP - Mungkin sekarang ini anda sedang mengalami permasalahan dimana laptop atau komputer anda sedang mengalami bluescreen ditambah lagi dengan menampilkan pesan error Unmountable Boot Volume atau Stop. 0x000000ED. Tentunya ini menjadi hal yang sangat serius  karena terkadang hal tersebut terasa menjengkelkan bagi kita. Nah, disini admin AmalanKomputer akan mencoba memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Cara cara yang coba admin berikan ini terbilang cukup mudah sehingga anda yang masih seorang pemula dalam pengoperasian komputer atau laptop dapat melakukannya.

Untuk cara mengatasi permasalahan Unmountable Boot Volume sebenarnya ada banyak sekali cara. Cara yang paling lazim yang terbukti ampuh untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan menggunakan CD langsung. Namun disini admin akan memberikan tiga cara tutorial yang tidak menggunakan CD. Anda bisa mencoba beberapa tips ini sebelum menggunakan CD sebagai installer. Adapun ketiga cara ini yang pertama menggunakan aplikasi multifungsi yang ada pada windows yaitu CMD atau Command Prompt dan yang kedua adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama zooka serta yang ketiga adalah kita menggunakan  sistem BIOS yang ada pada laptop anda. Nah, jika anda sudah penasaran untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi permasalah tersebut, silahkan ikuti tiga cara mengatasi Unmountable Boot Volume dibawah ini.

Solusi memperbaiki Unmountable_Boot_Volume



1. Memperbaiki Unmountable Boot Volume via CMD


Cara Pertama, menggunakan Command Prompt. Silahkan buka cmd kalian dengan mode administrator (Run as Administrator). Pastikan anda mengetahui letak dari instalasi windows anda, biasanya di data C:. Nah, ketikkan perintah bootrec.exe /fixmbr lalu tekan tombol enter untuk mengeksekusinya. Jika berhasil, akan ada keterangan The Operation completed successfully. Kemudian ketikkan lagi perintah bootrec.exe /fixboot lalu tekan enter. Perintah terakhir untuk memperbaiki boot yang bermasalah tersebut. Jika di CMD anda malah perintah tersebut tidak dikenali dengan keterangan is not recognized as an internal or external command.... dst, berarti sistem anda tidak memiliki program tersebut. Untuk memastikannya, silahkan buka folder C:\Windows\system32\ lalu cari program bootrec.exe tersebut jika ada. Jika tidak ada, anda bisa mendownloadnya dulu dari internet, atau bisa melewati Cara ini dengan mencoba cara lain.

2. Mengatasi Unmountable Boot Volume menggunakan aplikasi Zooka


Cara kedua, menggunakan Zooka software. Silahkan anda download terlebih dahulu aplikasinya dari https://zookaware.com/download/speedzookasetup.exe melalui browser kalian lalu install d laptop. Jika telah terinstall, silahkan buka software Zooka tersebut, silahkan centang semua pilihan hanya pada area Registry Errors windows files saja. Jika semuanya sudah anda centang, silahkan klik saja button Scan untuk memulai proses deteksi registry error tersebut. Jika telah selesai, silahkan anda restart laptop atau komputer sobat untuk menyelesaikan segala proses tersebut. Semoga saja hanya dengan menggunakan zooka software bisa mengatasi permasalahan Unmountable Boot Volume yang anda alami. Jika tidak berhasil, silahkan coba cara ketiga.

3. Menghilangkan Unmountable Boot Volume melalui BIOS


Cara ketiga, melalui BIOS perangkat anda. Silahkan masuk ke BIOS perangkat anda dengan merestart perangkat dimana saat proses masuk kembali (booting), tekan tekan tombol F2 atau F12 di keyboard perangkat anda. Tombol untuk masuk ke BIOS biasanya berbeda beda, silahkan cari di google mengenai cara masuk bios untuk jenis laptop anda. Setelah masuk BIOS, silahkan masuk ke konfigurasi SATA yaitu SATA MODE. Di konfigurasi tersebut anda ubah saja pengaturannya yang AHCI menjadi IDE. Langkah terakhir yaitu anda tinggal exit saja dan menyimpan perubahan tersebut. Silahkan anda masuk kembali ke perangkat anda. Semoga saja permasalahan bisa teratasi.

Jika sudah mencoba ketiga cara yang admin berikan ini tetap permasalahan Unmountable Boot Volume tidak bisa diatasi, terpaksa anda gunakan saja CD sebagai installer windows anda tersebut dengan mencari langkah langkahnya di google, dan semoga saja CD milik anda masih ada dalam keadaan yang baik. Atau jika anda ragu, silahkan bawa laptop atau komputer anda ke service terdekat agar dapat diperbaiki secara profesional. Cukup sampai disini dulu pembahasan saya mengenai cara mengatasi Unmountable Boot Volume di laptop, jika agan agan para master mempunyai trik atau cara lain yang belum saya sebutkan, berikan saja di komentar, nanti admin akan letakkan cara agan tersebut di artikel ini dengan mengupdatenya. Sekian...
Tag :

Warning

0 Komentar untuk "Mengatasi Unmountable Boot Volume atau Stop. 0x000000ED di laptop tanpa CD"

Back To Top