Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi the request could not be performed because of an I/O device error di Flashdisk/Harddisk

Location is not available. G:\ is not accessible. the request could not be performed because of an i/o device error - Disini admin akan memberikan sebuah artikel mengenai tips, trik, langkah langkah, tutorial atau pun cara untuk memperbaiki/mengatasi Flashdisk atau Harddisk yang I/O device error. Anda akan admin AmalanKomputer pandu perlahan lahan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya jika flashdrive/flashdisk anda mengalami error seperti ini, maka hal yang saat ini terjadi adalah flashdisk yang tidak dapat dibaca oleh laptop anda. Disini admin akan memberikan beberapa solusi yang patut anda coba mengenai "the request could not be performed because of an I/O device error" tersebut yang dapat anda lakukan di laptop, pc atau pun komputer yang bersistem operasi windows sobat baik itu windows 10, 8/8.1, 7 dan XP.

Seperti yang admin katakan di paragraf atas sebelumnya, jika flashdisk atau harddisk anda dicolokkan ke port USB disuatu perangkat kemudian muncul pemberitahuan seperti ini sehingga mengakibatkan flashdisk anda tidak dapat terbaca dimana salah satu penyebabnya adalah adanya perangkat Input/Output yang mengalami error. Nah, disini admin akan memberikan tiga solusi yang dapat kalian praktekkan untuk mengatasi masalah tersebut. Ketiga tips tersebut sangatlah mudah dan dapat anda lakukan walau pun anda adalah seorang yang masih pemula dalam pengoperasian komputer. Untuk itu, jika anda sudah sangat penasaran terhadap solusi solusinya, silahkan simak penjelasan dibawah ini mengenai Cara mengatasi permasalahan the request could not be performed because of an I/O device error.

Memperbaiki the request could not be performed because of an I/O device error melalui Safe Mode


Solusi pertama, anda bisa menggunakan Safe Mode. Silahkan anda masuk terlebih dahulu ke Safe Mode sistem windows anda. Jika anda telah berhasil masuk, anda coba colokkan Flashdisk/Flashdrive atau Harddisk anda di port USB semestinya. Jika terbaca, maka dapat dipastikan bahwasanya terdapat aplikasi atau software yang mengintrupsi atau mengganggu I/O device tersebut sehingga flashdisknya tidak terbaca. Cobalah untuk mengingat ngingat kembali aplikasi terakhir apa yang sudah anda install di laptop dan sejak aplikasi tersebut terinstall membuat kerusakan pada I/O device tersebut. Uninstall aplikasi yang anda curigai tersebut lalu cobalah untuk menggunakan flashdisk di mode normal. Jika error tetap berlanjut walau pun menggunakan Safe Mode, anda bisa mencoba solusi lainnya.

Mengatasi the request could not be performed because of an I/O device error dengan mematikan Antiv!rus


Solusi kedua, anda bisa mematikan Antiv!rus. Iya, beberapa merk antiv!rus dapat mengganggu device dari I/O perangkat anda, biasanya untuk pencegahan keamanan semata atau secara tidak sengaja anda memblokir USB melalui antiv!rus tersebut. Nah, cobalah anda ingat ingat antiv!rus apa yang anda otak atik pengaturannya. Silahkan ijinkan kembali USB yang di block oleh antiv!rus tersebut. Jika anda tidak mengetahuinya, silahkan matikan sejenak antiv!rus tersebut lalu anda coba colokkan USB Flashdisk tersebut ke portnya. Semoga saja bisa. Namun sebelum mematikan antiv!rus tersebut, ada baiknya anda melakukan scanning secara menyeluruh di sistem tersebut untuk memastikan tidak ada v!rus komputer yang menyerang device I/O. V!rus komputer juga dapat membuat kerusakan pada I/O device tersebut.

Solusi mudah memperbaiki the request could not be performed because of an I/O device error melalui CMD


Solusi ketiga, anda bisa melakukan CHKDSK. Silahkan buka tool multifungsi windows di laptop kalian yang bernama CMD atau Command Prompt. Silahkan ketikkan perintah CHKDSK /R G: lalu tekan enter untuk eksekusi perintahnya. CHKDSK adalah pengecekkan disk, /R adalah repair dan G: adalah partisi/volume dari flashdisk. Silahkan sesuaikan dengan volume milik anda misalkan H:, I:, J:, dst.... Anda akan ditanyai "Would you like to force a dismount on this volume? (Y/N)", ketik saja N lalu tekan tombol enter. Akan ada pertanyaan lagi berbunyi "Chkdsk cannot run because the volume is in use by process.  Would you like to schedule this volume checked the next time the system restarts? (Y/N)", ketik saja Y lalu enter. Silahkan restart komputer, pc atau laptop anda untuk menyelesaikan langkah terakhir. Jika chkdsk tidak berfungsi di cmd kalian, silahkan pelajari di artikel : Mengatasi Access Denied as you do not have sufficient privileges.
Semoga saja dengan ketiga langkah ini dapat membantu anda mengatasi permasalahan I/O device error tersebut. Jika tetap error, cobalah untuk mengupdate device anda. Jika agan agan punya tips atau trik lain yang terbukti bisa mengatasi the request could not be performed because of an I/O device error, silahkan bagikan di kolom komentar agar admin dapat menambahkannya di artikel ini. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai tutorial memperbaiki flashdisk yang the request could not be performed because of an I/O device error, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Tag :

Warning

2 Komentar untuk "Mengatasi the request could not be performed because of an I/O device error di Flashdisk/Harddisk"

Back To Top