Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi operating system not found atau missing operating system win 11, 10, 8, 7

Tutorial lengkap memperbaiki masalah error Operating System not found atau Missing operating system pada pc, laptop atau komputer windows 11. 10, 8/8.1, 7 dan XP - Telah kita ketahui bersama bahwasanya ketika system operasi windows kita not found atau tidak ditemukan, maka kita tidak dapat melakukan booting dan masuk ke windows tersebut. Saat terjadi masalah tersebut, maka laptop anda akan menampilkan layar hitam yang blank atau black screen.

Tentu hal ini menjadi masalah yang serius karena dengan masalah ini kita tidak dapat melakukan apa apa terhadap perangkat kita tersebut. Ini sama halnya anda tidak memiliki sebuah laptop sehingga laptop anda hanya menjadi pajangan semata.

Disini admin AmalanKomputer akan memberikan anda mengenai beberapa solusi mengatasi operating system not found ini.

Penyebab error operating system not found

Sebelum kita melaju ke solusinya, ada baiknya anda saya ajak untuk mengetahui beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan masalah tersebut.

Beberapa penyebab tersebut biasanya System atau BIOS anda tidak dapat mendeteksi harddisk instalasi windows atau disk, terjadi kegagalan sistem harddisk drive karena mungkin adanya kerusakan fisik, adanya kerusakan pada Windows Master Boot Record, kesalahan atau pengaturan BIOS yang tidak benar hingga File booting windows di partisi system yang tidak lagi aktif.

Beberapa penyebab tersebut yang sering ditemukan yang dapat menyebabkan Operating system not found tersebut.

Disini admin AmalanKomputer akan membimbing anda mengatasi masalah tersebut dengan solusi solusi yang kami berikan dibawah ini. Silahkan simak dengan baik baik.

Solusi operating system not found

1. Memperbaiki Operating System not found via BIOS

Solusi pertama, mengatasi operating system not found melalui BIOS. Disini kita akan mengecek apakah harddrive anda terdeteksi oleh BIOS. Caranya:

  • Masuk ke BIOS saat proses booting terjadi biasanya dengan menekan tombol f10 atau f12 (hampir setiap merk, beda cara masuknya).
  • Ketika anda telah berhasil masuk BIOS, carilah IDE Primary Master, IDE Primary Slave dan IDE Secondary Master lalu periksalah apakah ketiga item tersebut terdeteksi atau tidak.
  • Kalau tidak terdeteksi, biasanya akan tertulis keterangan [Not Detected] disamping kanan item tersebut sehingga yang anda lakukan adalah memilih atau mengganti keterangannya menjadi None to Auto.

Dengan melakukan cara ini, semoga saja bisa teratasi.

Jika belum teratasi, anda dapat melakukan atau masuk ke solusi yang kedua dibawah ini.

2. Memperbaiki Missing operating system dengan mengembalikan settingan BIOS ke default

Solusi kedua, mengubah semua setting BIOS ke settingan Default.

Mengapa kita harus merubahnya ke settingan default? hal ini dikarenakan bisa saja anda atau seseorang melakukan pengaturan BIOS yang  tidak benar. Pengaturan yang tidak benar ini yang menyebabkan tidak terdeteksinya sistem operasi kita.

Adapun caranya sama yaitu:

  • Masuk terlebih dahulu ke BIOS perangkat kita.
  • Ubah saja ke settingan default. Biasanya settingannya terletak pada menu Exit lalu ke item Load Optimal Default.
  • Tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan tersebut kemudian anda keluar saja dari BIOS tersebut.

Dengan demikian semoga saja peringatan operating system not found atau missing operating system tersebut dapat diatasi.

Mengatasi operating system not found atau missing operating system win 11, 10, 8, 7

Cukup sampai disini dulu pembahasan admin AmalanKomputer mengenai Mengatasi Operating System not found atau Missing operating system di laptop windows 11, 10/8/8.1/7.

Jika anda mencoba kedua solusi tersebut namun tetap tidak berhasil, anda dapat membawanya ke service komputer atau laptop resmi terdekat dan menyampaikan keluhan yang sementera anda alami.

Jika anda yang punya tips atau trik lain mengatasi masalah operating system not found ini, silahkan berikan di kolom komentar dan nanti akan admin update dengan menambahkan tips dari agan ini di artikel ini.

Sekian, semoga artikel mengatasi operating system not found yang singkat ini dapat bermanfaat dan membantu bagi anda.

Tag :

Warning

0 Komentar untuk "Mengatasi operating system not found atau missing operating system win 11, 10, 8, 7"

Back To Top