Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi error Windows Script Host access is disable on this machine di laptop Windows 10/8/8.1/7/XP

Windows Script Host access is disable on this machine. Contact your administrator for details - Kali ini admin AmalanKomputer akan membahas bagaimana sih cara memperbaiki atau menghilangkan pesan error dari Windows Script Host (WSH) atau juga error script host run.vbs di laptop, pc atau komputer yang bersistem operasi Windows 10, 8/8.1, 7 dan windows XP. Disini admin akan memberikan anda tiga cara mudah untuk mengatasi permasalah error tersebut tanpa menggunakan aplikasi atau software apapun. Ketiga cara tersebut bisa melalui Registry Editor, Antiv*irus Smadav hingga System Configuration. Ketiga cara ini sangatlah mudah dan sangat singkat singkat sehingga tidak akan membingungkan anda. Sebelumnya, simak penjelasan singkat admin mengenai Windows Script Host dibawah ini.

Windows Script Host (WSH) adalah suatu fitur bawaan dari microsoft yang digunakan untuk melaksanakan script pada perangkat anda seperti VBS, JS, Powershell hinga Office Macro. Jika Windows Script Host ini sedang aktif, maka hal ini dapat membuat administrator sistem untuk mengotomatisasi beberapa proses pada sistem windows tersebut melalui script seperti yang ada pada driver jaringan dan juga koneksi atau sambungan printer. Adapun error Windows Script Host access is disable on this machine atau pun script host run.vbs muncul dikarenakan anda atau orang lain secara sengaja atau tidak sengaja mematikan/disable fitur tersebut sehingga Windows Script Host tersebut tidak aktif menjalankan script script yang ada. Dengan demikian, untuk mengatasi error Windows Script Host access is disable on this machine tersebut adalah kita harus menghidupkan kemali fiturnya. Bagaimana caranya? simak tiga tutorial singkat dibawah ini.

Cara pertama melalui Registry Editor. Silahkan anda masuk ke registry editor tersebut dengan menekan tombol Win dan R secara bersamaan sehingga kotak run kecil akan muncul. Di kotak tersebut ketik saja regedit lalu tekan tombol enter sehingga anda sudah berhasil masuk ke Registry Editor tersebut. Masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows Script Host > Settings. Perhatikan di items sebelah kanan layar yang bernama Enable. double klik item tersebut lalu ganti valuenya menjadi angka 1 lalu simpan dengan mengklik button OK. Jika anda tidak menemukan item Enable tersebut, kemungkinan besar karena telah diblokir oleh sesuatu misalkan saja oleh Antiv*rus Smadav. Kejadian ini berlaku pada admin. Silahkan masuk saja ke cara kedua.
Cara kedua melalui Antiv*rus Smadav yang terinstall di laptop anda. Usahakan smadav anda tersebut yang versi pro, jangan yang free karena tidak bisa menggunakan fasilitas tersebut. Banyak yang sedia Seri*al Number smadavnya di google. Silahkan anda buka smadav yang telah menjadi pro tersebut lalu masuk ke menu Protect. Admin saat kejadian menggunakan smadav versi 12.8. Lihat dibagian agak bawah yang bertuliskan Jalankan Windows Script (VBS, JS, Powershell, dll.) & Office Macro. Pindahkan saja bulatannya ke Izinkan (Permanen) sehingga kini anda telah berhasil mengaktifkan Window Script Host tersebut. Melalui cara kedua ini, sudah banyak yang berhasil mengatasi permasalahan tersebut.
Cara ketiga yaitu melalui System Configuration. Langkah pertama adalah anda jalankan dulu run dengan menekan tombol Win dan R secara bersamaan sehingga kotak run muncul. Di kotak tersebut ketik saja perintah msconfig lalu tekan enter sehingga System Configurationnya akan muncul. Di tab general, pindahkan bulatan ke Selective startup kemudian hilangkan centang pada Load startup items. Sekarang anda pindah ke tab Service, centang saja Hide all Microsoft Serives dibagian bawah luar kotak tadi. Selanjutnya, klik saja button Disable All. Untuk menyimpan pengaturan tersebut, klik saja button OK dibawah kotak. Selesai! Bagaimana? sangat mudah bukan? Jika anda masih mengalami kegagalan, silahkan bertanya langsung di kolom komentar. Jika punya tips lain, silahkan berikan di komentar, nanti admin akan perbaharui dengan meletakan trik dari anda tersebut di artikel ini. Sekian...
Tag :

Warning

0 Komentar untuk "Mengatasi error Windows Script Host access is disable on this machine di laptop Windows 10/8/8.1/7/XP"

Back To Top