Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Brightness atau Kecerahan yang tidak berfungsi di laptop Windows 10/8/8.1/7

Tips, trik, langkah langkah, tutorial dan cara mudah memperbaiki Brightness yang error dan tak berfungsi di pc, komputer atau laptop sistem operasi windows 10, 8/8.1, 7 dan XP - Fitur Brightness atau kecerahan sangatlah membantu bagi kita terhadap tingkat pencahayaan yang keluar dari monitor laptop sobat. Kecerahan ini bisa kita sesuaikan dengan kondisi atau keinginan kita sendiri. Misalkan saja, jika anda menggunakan pc atau laptop disiang hari dan ruangan terbuka maka kita dapat mengatur pencahayaan sedikit lebih besar dikarenakan untuk menandingi cahaya luar yang menyilaukan. Atau misalkan malam hari kita dapat merendahkan tingkat pencahayaan agar tidak membuat sakit mata dan menyilaukan. Atau pun anda dapat mengatur tingkat pencahayaan untuk control daya dan tahan lama barerai laptop anda.

Cara memperbaiki Brightness yang tidak bisa diubah


Ada banyak cara agar kita dapat mengatur tingkat pencahayaan. Di laptop admin amalan komputer, kita bisa menggunakan kombinasi keyboard fn + f5 untuk menggelapkan atau fn + f6 untuk meningkatkan pencahayaan (kadang setiap merk laptop berbeda tombol kombinasinya). Atau juga kita atur dari fitur pencahayaan (Settings > Brightness), atau melalui Control Panel > All Control Panel Items > Power Options (Control Panel\All Control Panel Items\Power Options), atau dengan menekan tombol Win dan X lalu pilih Mobility Center sehingga muncul jendela kecil dimana terdapat fitur brightness yang bisa kita ubah ubah tingkat kecerahan laptop sobat. Namun kadangkala, ketika kita ingin mengontrol atau mengatur tingkat pencahayaan monitor perangkat kita, tiba tiba brightnessnya tidak berfungsi. Walau pun kita geser ke kiri/kanan atau atas/bawa, tingkat pencahayaannya tetap tidak berubah dan tetap berada pada level terakhir anda atur.
Anda tak perlu panik! Disini admin AmalanKomputer akan memberikan beberapa solusi untuk pengatasian masalah tersebut. Hal yang pertama kali anda bisa lakukan adalah dengan merestart kembali laptop anda. Hal ini biasa terjadi pada perangkat yang dipakai terlalu lama (atau lama dibiarkan hidup) sehingga menyebabkan brightness device 'mengantuk' dan tidak dapat merespon permintaan anda. Semua kasus yang admin alami, semuanya hanya dapat diatasi dengan merestart si lepi biar dia lebih fresh lagi. Silahkan anda coba solusi pertama ini, setelah restart anda coba atur kembali brightness dari perangkat anda. Semoga saja hanya dengan merestart perangkat tersebut, fitur brightnessnya bisa kembali berfungsi.

Solusi Kecerahan laptop yang tidak bisa diterangkan atau dibelapkan


Bagaimana jika setelah mencoba restart perangkat kita tetap tidak berfungsi? Biasanya kesalahan terjadi pada Display adapters laptop anda. Untuk mengatasinya, silahkan pergi ke Device Manager sistem operasi anda. Silahkan lihat untuk di device Display adapter. Coba anda klik kanan lalu Scan for hardware changes. Atau jika terkonek atau tersambung di jaringan internet perangkat laptop anda, silahkan klik kanan pilih Update Driver Software... > terus klik lagi Search automatically for updates driver software sehingga otomatis perangkat anda akan mengupdate drivernya dengan mengambil driver terbaru yang tersedia dari vendor resminya microsoft. Setelah terinstall drivernya (terdownload dan terinstall otomatis), silahkan restart perangkat anda dan coba kembali fitur brightnessnya.
Bagaimana jika tetap tidak berfungsi setelah menggunakan dua solusi diatas? Hal terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan me-reinstall (install kembali) driver graphic card atau VGA perangkat anda karena biasanya terjadi kerusakan atau corrupt yang disebabkan karena sudah tua/lama atau karena adanya gangguan v!rus komputer. Silahkan anda uninstall dulu driver VGA yang sudah terpasang kemudian menggantinya dengan driver baru yang  baru saja di download dari situs resminya. hati hati dalam proses reinstall VGA ini, admin tidak bertanggung jawab ketika anda salah melakukan pengistallan. Saran admin, bawalah ke tempat service laptop/komputer terdekat. Tapi semoga saja hanya dengan melakukan dua solusi diatas (selain reinstall VGA driver), permasalahan brightness yang tidak berfungsi dapat teratasi. Jangan lupa bertanya jika masih bingung. Sekian...
Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Mengatasi Brightness atau Kecerahan yang tidak berfungsi di laptop Windows 10/8/8.1/7"

Back To Top