Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara ubah FAT32 ke NTFS di CMD tanpa kehilangan file di win 11, 10, 8, 7

Tutorial singkat dan mudah tentang cara konversi FAT/FAT32 menjadi NTFS tanpa menghapus atau memindahkan atau kehilangkan file folder yang ada - Pada artikel kali ini, AmalanKomputer akan memberikan anda sedikit tutorial singkat mengenai tips merubah FAT32 ke NTFS tanpa terhapus data didalamnya tanpa menggunakan aplikasi/software di laptop, pc atau komputer yang bersistem operasi windows baik itu windows 11, 10, 8/8.1 hingga windows 7 dan XP.

Adapun cara ini hanya akan memanfaatkan tool yang serbaguna yang memang telah disediakan oleh sistem operasi windows tersebut. Adapun aplikasi yang akan kita manfaatkan disini adalah CMD atau Command Prompt yang multifungsi (banyak sekali fungsi keren didalamnya yang bahkan belum kita ketahui) diataranya adalah cara cepat rubah sistem FAT32 ke NTFS dengan cepat.

Penyebab ubah FAT32 ke NTFS

Mengapa anda harus merubah FAT32 ke NTFS?

Kebanyakan mungkin menjawab karena kita bisa menyimpan suatu file yang besar.

Iya, benar! Alasan perubahan FAT32 ke NTFS tersebut dikarenakan FAT32 tidak memberikan ijin untuk menyimpan sebuah data atau file yang berukuran diatas dari 4GB. Tentu ini bisa menjadi keterbatasan kepenggunaan disk atau partisi penyimpanan perangkat anda.

Dengan merubah FAT32 ke NTFS dengan ini kita dapat menyimpan file file yang berukuran besar misalkan file aplikasi atau software yang ukurannya bisa diatas 4GB, salah satu contohnya adalah Matlab.

Sistem FAT32 ini kebanyakan anda jumpai di USB FlashDrive/Flashdisk, Memory card atau SD card, SSD atau HDD eksternal dan bahkan bisa terdapat pada partisi internal sistem operasi anda.

Wah,,,, sungguh disayangkan kan karena kita terbatas menyimpan suatu file yang besar?

Jika anda sudah sangat penasaran terhadap tutorialnya, silahkan simak penjelasan langkah demi langkah yang saya berikan dibawah ini.

Trik merubah FAT32 ke NTFS dengan mudah tanpa terhapus data

Hal pertama yang anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu partisi mana yang FAT32 tersebut, bisa Local Disk (C:\, D:\) atau pun External Disk/drivenya. Perhatikan nama volumenya yang FAT32 tersebut misalkan C:\, D:\, E:\, F:\, G:\..... dst.

Jika anda sudah memastikannya, ikuti intruksi dibawah:

  • Silahkan buka tool CMD atau command prompt di laptop kalian.
  • Ketik perintah chkdsk G: /F lalu tekan tombol enter

G: adalah volume yang ingin anda rubah ke NTFS, sesuaikan dengan nama volume yang anda rubah. Perintah tersebut akan memeriksa kesalahan di volume G:\ dan memperbaiki otomatis kesalahan tersebut. 

  • Ketik lagi perintah convert G: /FS:NTFS lalu tekan tombol enter dikeyboard sehingga proses konvert FAT32 ke NTFS diproses. Penting untuk memperhatikan secara teliti perintah yang anda ketik tersebut.
  • Tunggu proses konversi tersebut berlangsung.

Perlu untuk anda ingat jika anda ingin mengubah atau mengconvert kembali sebuah driver NTFS ke FAT/FAT32, amankan data data anda dengan membackup segala data atau file kedalam partisi yang tidak di konvert barulah anda melakukan reformat tersebut.

Sebenarnya untuk merubah FAT32 ke NTFS ini tidak perlu membackup file anda karena tidak ada efek samping yang akan ditimbulkan, namun dengan alasan jaga jaga dari masalah yang tidak terduga yang tak diinginkan, admin menyarankan untuk membackup data data tersebut dan meletakannya di partisi yang tidak ingin di convert.

Anda pun dapat mengabaikan saran diatas tersebut karena sampai saat ini admin tidak mengalami masalah dan jarang pun ditemukan masalah kehilangan data.

Solusi convert FAT32 ke NTFS tanpa terhapus file

Dibeberapa kasus ditemukan ketika anda menjalankan perintah chkdsk di cmd, maka akan ada pemberitahuan "Access Denied as you do not have sufficient privileges. You have to invoke this utility running in elevated mode." Saya menyediakan cara mengatasi masalah tersebut hingga tuntas dan dapat dijalankan perintahnya.

Silahkan pelajari dengan mengklik tautan teks tersebut.

Sampai disini dulu pembahasan singkat saya mengenai Cara mengubah FAT/FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan file (data terhapus) di Laptop Windows 10/8/8.1/7/XP, semoga artikel yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi anda.

Jika masih mengalami kebingungan, silahkan bertanya langsung dikolom komentar yang telah saya sediakan dibawah ini. Sekian...

Tag :

Tutorial

1 Komentar untuk "Cara ubah FAT32 ke NTFS di CMD tanpa kehilangan file di win 11, 10, 8, 7"

Back To Top