Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mematikan Update Otomatis (Auto Update) Aplikasi Browser Google Chrome di Laptop Windows 10/8/8.1/7

Tips dan trik disable auto update google chrome dengan mudah - Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya google chrome merupakan aplikasi yang digunakan untuk browsing yaitu menjelajahi dunia internet yang dikelola oleh Google. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh browser yang satu ini yang membuat google chrome menjadi browser yang paling banyak digunakan oleh orang orang di seluruh penjuru dunia yang disusul oleh mozilla firefox. Nah, pasti di perangkat anda, baik itu smartphone yang bersistem operasi android atau pun iOS hingga perangkat pc, laptop, komputer yang bersistem operasi windows, linux hingga mac bisa mengunduh dan menjalankan browser ini di sistem operasi mereka. Hampir semua perangkat yang mendukung aplikasi ini telah terinstall google chrome.

Google chrome juga merupakan salah satu browser yang paling enak dijalankan karena ringan dibanding dengan browser lainnya yang membuat banyak pengguna menyukai browser yang satu ini. Kemudian, secara berkala browser ini pun selalu diperbaharui segala fitur fitur yang ada didalamnya hingga pembaharuan keamanan agar lebih ter-up-to-date. Hal ini dilakukan agar apapun teknologi terbaru web, dapat dijalankan oleh browser yang satu ini. Disisi lain, dengan adanya pembaharuan secara berkala dan dapat dikatakan masif, maka beberapa ekstensi tidak bisa dijalankan lagi di browser google chrome terbaru. Saya pun beberapa kali merasakannya. Beberapa ekstensi yang penting yang saya perlukan untuk kegiatan blogging sudah tidak dapat lagi di install di google chrome terbaru sehingga saya harus men-downgrade google chrome ke versi lama kemudian mematikan auto update browser tersebut.

Nah, bagaimana cara untuk menghilangkan update otomatis yang dilakukan oleh browser google chrome? Sangatlah mudah untuk melakukannya! Anda dapat melakukannya di laptop, komputer atau pun pc yang bersistem operasi windows baik itu windows 7, windows 8/8.1 dan windows 10. Adapun langkah pertama yaitu anda masuk ke System Configuration dengan cara cepat tekan tombol win + R di keyboard lalu ketikkan msconfig di kotak sudut kiri bawah dan tekan tombol enter untuk masuk. Silahkan alihkan ke tab Services. Disana anda akan melihat segala service, manufacturer hingga status dari semua layanan yang terinstall di laptop kalian. Nah, kalian cari saja dua layanan yang bernama Google Update Service (gupdate) [Layanan Google Update (gupdate)] dan juga Google Update Service (gupdatem) [Layanan Google Update (gupdatem)].

Nah, tujuan anda mencari kedua layanan ini adalah untuk mematikan service tersebut. Adapun cara untuk mematikannya yaitu anda tinggal menghilangkan tanda centang dikedua layanan tersebut. Jika telah selesai, silahkan klik tombol OK saja sehingga jendela tadi akan tertutup dan jendela kecil baru akan muncul. Klik tombol Restart di pernyataan You may need to restart your computer to apply these changes. Before restarting, save any open files and close all programs. Makna pendeknya ialah anda diharuskan untuk merestart perangkat anda tersebut agar pengaturan yang baru saja anda lakukan kepada kedua layanan tadi dapat diterapkan setelah perangkat dihidupkan kembali. Jika anda belum menginginkan untuk merestart laptop anda, klik saja Exit without restart. Nanti ketika laptop anda akan dimatikan, lalu dihidupkan, pengaturan yang anda buat tadi baru bisa di eksekusi.

Mengapa tidak kita atur pembaharuan otomatis tersebut dari aplikasi google chromenya langsung? Sampai saat ini saya tidak menemukan fitur tersebut dipengaturan aplikasi sehingga mau tidak mau kita harus mengaturnya di service aplikasinya. Jika agan agan mengetahui cara lainnya, silahkan beritahu kami di kolom komentar blog ini. Dengan menonaktifkan auto update google chrome, bisa saja ada fitur terbaru yang keren tidak dapat anda rasakan kemudian dari segi keamanan yang akan ketinggalan. Nah, saya rasa sampai disini dulu pembahasan singkat saya mengenai Cara mematikan Update Otomatis (Auto Update) Aplikasi Browser Google Chrome, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan jumpa lagi di artikel yang akan datang. Sekian...
Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Cara mematikan Update Otomatis (Auto Update) Aplikasi Browser Google Chrome di Laptop Windows 10/8/8.1/7"

Back To Top
close